Bukan Cuma Buat Cek Saldo Uang Elektronik, Ini 4 Fungsi NFC di Smartphone POCO

0
378
Fitur NFC

Gadgetdiva.id — Fitur NFC atau Near Field Communication kini sudah hadir di setiap smartphone. Salah satunya yang terdapat dalam Smartphone POCO.

Nah, fitur NFC sendiri sejatinya memiliki banyak fungsi. Lebih dari sekadar untuk mengecek saldo uang elektronik, membayar tol atau MRT saja. Paradiva mungkin setiap hari menggunakannya.

Fitur NFC
Foto: POCO

Fitur NFC yang kita gunakan ini sendiri adalah teknologi yang menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. Namun, tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC yang biasanya hanya 10 cm. NFC biasanya memiliki proses transfer yang cepat, mengonsumsi daya dan aman.

Seperti yang dihadirkan dalam Smartphone POCO. Setidaknya, ada empat fungsi berbeda yang dihadrikan oleh POCO ke perangkatnya tersebut. Lantas, apa saja sih? Simak ulasannya ya, Paradiva!

Fungsi NFC pada Smartphone POCO

Berbagi Data Pakai Android Beam

Android Beam ini adalah fitur yang selalu ada di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan Paradiva unutk berbagi data, termasuk kontak yang ada dii ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Fitur ini merupakan teknologi berbagi data yang cukup menyenangkan karena hanya membutuhkan sedikit daya. Bahkan, tanpa daya sekalipun. Caranya cukup mudah, tinggal pilih file yang dibagikan. Lalu, pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

Speaker Bluetooth

Ternyata nih, Paradiva, NFC juga bisa digunakan untuk menyalakan speaker bluetooth lho! Gimana sih caranya?

Untuk menyalakan sepaker berbasis bluetooth menggunakan NFC, Paradiva hanya cukup sekali sentuh pada ponsel. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

Transaksi Pembayaran

Untuk menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, Paradiva harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi pembayaran dari Google. Biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di smartphone Android yang beredar.

Selanjutnya, Paradiva harus melakukan pemindaian dengan mendekatakn smartphone ke perangkat pembayaran. Lalu, tekan tombol Bayar.

Berbagi koneksi WiFi

Bisa juga berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian. Contoh lainnya, di hotel, kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter. Nah di dini pengguna smartphone berbasis NFC bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

POCO M3 Pro 5G

Fitur NFC

POCO sendiri memiliki ponsel yang mengutamakan fungsi dari fitur NFC. Perangkat tersebut adalah POCO M3 Pro 5G.

Ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 700. Dimana memiliki CPU octa-core dan GPU Mali-G57 950Hz, smartphone ini sangat mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas pengguna. Apalagi, ditambah dengan fabrikasi 7nm yang digunakan, demi efisiensi yang tinggi.

Bayangkan sebuah smartphone memiliki NFC, mampu berjalan di jaringan 5G, serta memiliki prosesor yang mumpuni dengan layar Full HD+ berukuran 6,5 inci. Siapa yang tidak tertarik?

Selain smartphone Dual 5G dengan harga paling ekstrem ini, beberapa smartphone POCO lainnya turut dibekali dengan NFC, antara lain POCO X3 NFC, POCO X3 Pro, POCO X3 GT dan POCO F3.

Baca juga: Tips Menghemat Baterai Poco M3 Pro 5G

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini