4 Kiat Bikin Konten Low Light Pake Kamera Galaxy S22 Ultra 5G

0
124
Samsung

Samsung membawa teknologi kamera yang canggih pada Galaxy S22 Ultra 5G. Salah satunya adalah memungkinkan pengguna membuat konten walaupun dalam keadaan low light. Gimana sih caranya? Kok bisa? Simak ulasannya ya, Paradiva!

Galaxy S22 Ultra 5G sendiri membawa banyak pengingkatan terutama pada fitur kameranya. Dimana perangkat tersebut membawa kualitas kamera yang mampu meningkatkan low light pengguna ke level lebih tinggi berkat adanya Nightography, sensor kamera 108MP, cinematic Video dan akses aplikasi Expert RAM.

Galaxy S22 Ultra 5G

“Nightography mampu menembus batas dari pemahaman tiap pengguan smartphone akan kualitas low light. Quad-camera 108MP yang dibekali teknologi terdepan menghadirkan sistem kamera yang superior,” jelas Verry Octavianus, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Akses aplikasi Expert RAW, lanjut Verry, membuka lebih banyak kemungkinan bagi pengguna dalam berkreasi. Semuanya dihadirkan dalam Galaxy S22 Ultra 5G yang menjadikannya sebagai ultimate smartphone bagi pengguna.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten low light menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G. Simak ulasannya ya, Paradiva!

Bikin Konten di Malam Hari Pakai Nightography

Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan Nightography tercanggih dari jajaran Galaxy S22 5G Series yang memungkinkan pengguna menangkap foto dan video yang jernih dan tajam, baik dengan kamera depan maupun belakang. Hal tersebut tidak terlepas dari perpaduan antara hardware dan software terdepan untuk menghasilkan kamera smartphone yang begitu superior.

Sistem kamera Galaxy S22 Ultra 5G dibekali dengan kemampuan untuk menangkap cahaya di kondisi redup dengan lebih baik berkat kehadiran 2.4μm pixel sensor, pixel sensor terbesar dari Samsung. Jadi, perangkat bisa menangkap lebih banyak cahaya dan membuat foto lebih cerah. Kemampuan tersebut dilengkapi dengan pemrosesan gambar yang begitu cerdas, termasuk dalam mengurangi noise yang kerap muncul saat kondisi low light. Dalam hal ini, teknologi Nona-Binning, didukung dengan Image Signal Processor (ISP) berbasis AI terdepan dari Samsung, mampu menghadirkan resolusi gambar tertinggi untuk menghasilkan foto yang lebih jernih, tajam, dan detail sekalipun dalam cahaya rendah. 

Galaxy S22 Ultra

Selain foto low light yang lebih jernih, Galaxy S22 Ultra 5G juga memastikan rekaman video di kondisi low light akan tampil begitu terang dan detail berkat pengembangan teknologi video terbesar dari Samsung. Salah satunya adalah peningkatan pada Auto Framerate yang mampu menyesuaikan fps dan shutter speed terhadap kondisi cahaya untuk mendapatkan tingkat kecerahan dan detail yang lebih baik di tiap video yang direkam di kondisi low light. Lalu, pengembangan juga dilakukan pada teknologi Super Night Resolution yang memberikan kejernihan lebih di tiap video yang direkam di kondisi low light dengan menggabungkan berbagai frame untuk mendapatkan resolusi yang lebih baik.

Galaxy S22 Ultra 5G juga mengusung teknologi Super HDR yang telah dikembangkan berkat prosesor 4nm yang mampu menjalankan algoritma AI yang lebih maksimal untuk menciptakan hasil rekaman yang lebih realistis dengan mengoptimalkan kontras warna pada tiap-tiap titik gelap dan terang. Algoritma AI yang lebih cerdas ini juga mampu menganalisis tiap frame dan menciptakan detail dan warna yang lebih jernih dengan menyerap cahaya yang ditangkap dari kamera. Tak ketinggalan, ada teknologi 12-bit HDR yang mampu menggabungkan 64x data warna yang lebih banyak dari 10-bit HDR. Jadi, warna rekaman yang dihasilkan bisa lebih vivid. Bahkan, kondisi backlight pun tidak akan mengganggu hasil video karena teknologi ini mampu menggabungkan dua exposure yang berbeda, yaitu exposure tinggi dan rendah, untuk menghasilkan gambar yang tetap terang ketika kamu merekam dengan melawan sumber cahaya.

Usung Kamera 108MP Hasilkan Foto yang Jernih

Galaxy S22 Ultra 5G mengusung empat kamera di bagian belakang (kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 12MP, dan dua kamera tele masing-masing 10MP) serta kamera depan 40MP. Susunan kamera mumpuni ini pun didukung dengan berbagai teknologi canggih untuk menghasilkan foto yang jernih dengan begitu cerdas.

Sensor kamera 108MP yang besar tentunya mampu menghasilkan gambar yang bening, siang maupun malam. Namun, berkat teknologi Adaptive Pixel, tiap pixel di sensor kamera jadi lebih pintar karena mampu mendeteksi cahaya di lingkungan sekitar.

Galaxy S22 Ultra

Saat cahaya redup, Galaxy S22 Ultra 5G mampu beralih dari mode high-resolution di lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP, atau memotret menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan, untuk menggabungkan berbagai frame demi menciptakan foto yang begitu detail dan terang. Lalu, ada Detail Enhancer yang memaksimalkan AI untuk meningkatkan kualitas foto dengan detail dan kedalaman warna yang lebih menawan.

Powerful-nya kamera Galaxy S22 Ultra 5G juga tampak berkat kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom yang menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto. Namun, kapabilitas zoom Galaxy S22 Ultra 5G tidak berhenti sampai di sana, karena teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100x dengan kualitas gambar yang tetap baik, mengurangi keburaman yang kerap muncul saat memotret dengan zoom.

Dilengkapi dengan fitur AI terbaru, Galaxy S22 Ultra 5G benar-benar membuat tiap foto tampak profesional, termasuk dengan kamera depan. Kini, Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map untuk menampilkan subjek yang difoto tampil lebih baik lagi dengan detail-detail terkecil yang tampil begitu tajam dan jernih berkat algoritma AI yang begitu canggih. Hal yang sama juga berlaku untuk hewan-hewan favoritmu, karena Portrait Mode baru di Galaxy S22 Ultra 5G mampu mencegah bulu-bulu binatang peliharan menyatu dengan latar belakang, jadi kamu akan selalu mendapatkan foto terbaik dari hewan kesayanganmu.

Rekaman Sekelas Film Pakai Cinematic Video

Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan kemampuan Cinematic Video berkat Super Steady System yang telah dikembangkan. Salah satunya dari Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS) yang 4x lebih cepat dalam menganalisis pergerakan perangkat dan kondisi penggunanya, misalnya ketika berjalan atau berlari.

Galaxy S22 Ultra

Dengan begitu, stabilisasi yang dihasilkan menjadi lebih optimal, memungkinkan pengguna menangkap objek yang bergerak maupun merekam sambil bergerak dengan lebih stabil, lebih smooth, dan lebih minim getaran layaknya menggunakan kamera profesional. Selain itu, Optical Image Stabilization (OIS) yang 58% lebih luas untuk menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya juga membuat hasil rekaman jadi lebih jernih, termasuk di malam hari.

Tidak hanya mampu menghasilkan video yang super stabil, termasuk di kondisi low-light, Galaxy S22 Ultra 5G juga mampu fokus pada subjek yang direkam dengan lebih baik. Berkat teknologi Multi Object Tracking yang didukung auto frame rate yang lebih besar, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus yang lebih cepat, bahkan dalam kondisi low-light. Hal tersebut juga didukung sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI terbarukan untuk penentuan fokus yang lebih pintar.

Bidik dan Edit Foto dengan Lebih Profesional menggunakan Expert RAW

Selain kapabilitas dalam mengambil foto, satu hal yang menjadikan seseorang profesional dalam fotografi adalah kemampuan dalam mengedit foto. Dalam hal ini, Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan akses eksklusif untuk aplikasi Expert RAW yang memberikan kontrol penuh atas keempat lensa dan fleksibilitas untuk menyesuaikan pengaturan kamera yang diinginkan. Hal ini menciptakan pengalaman layaknya menggunakan DSLR dan memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol lebih akan proses kreatif dalam memotret.

Galaxy S22 Ultra

Galaxy S22 Ultra 5G pun mampu memberikan pengalaman selayaknya kamera DSLR yang memungkinkan pengguna membuat foto jadi lebih terang atau gelap dengan pengaturan ISO dan shutter speed, menyesuaikan white balance untuk membuat foto tampak lebih hangat atau sejuk, hingga mengatur fokus secara manual. Lalu, dengan kemampuan untuk menyimpan foto dalam format RAW hingga 16bit, kamu bisa punya kontrol lebih dalam mengedit foto berkat lebih banyaknya data dari gambar yang dimiliki. Edit foto dengan aplikasi pro seperti Adobe Lightroom lebih mudah karena sudah terintegrasi dalam aplikasi Expert RAW, hanya perlu klik logonya dan otomatis bisa edit langsung. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambar yang persis sesuai keinginan layaknya profesional, semua langsung dari smartphone-mu.

Baca juga: Tukar iPhone dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G? Cuma Bayar Rp7 Jutaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini