Mengetahui Fitur Triple ISP Concurrency OPPO A76, Bikin Hasil Foto Ciamik

0
1094
OPPO A76

Gadgetdiva.id — OPPO A76 bawa fitur Triple ISP Concurrency pada kameranya yang bikin hasil foto kita makin kece. Apa sih Triple ISP Concurrency OPPO A76 ini?

Setelah panjang lebar membahas seputar fitur SuperVOOC pada OPPO A76, ada lagi nih salah satu fitur menarik yang dibawa oleh perusahaan pada perangkat terbarunya. Yakni, fitur Triple ISP Concurrency OPPO A76.

Triple ISP Concurrency OPPO A76

Fitur Triple ISP Concurrency ini merupakan fitur yang disematkan oleh chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang terdapat pada pernagkat. Fitur ISP ini memang dirancang untuk menunjang kinerja kameranya.

“Hingga tahun kemarin, chipset seri midrange masih menggunakan dual ISP untuk menunjang kinerja kameranya. Namun, tahun ini, Triple ISP yang biasa ada di chipset Snapdragon seri High-end diturunkan juga ke kelas mid-range,” ungkap Dominikus Susanto, selaku Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia yang dikutip dari Canggih.id.

Nah, apa sih sebenarnya Triple ISP Concurrency OPPO A76 ini? Apa hubugnannya dengan Qualcomm Snapdragon 680? Mengutip dari Canggih.id berikut adalah ulasannya.

OPPO A76 Sematkan Qualcomm Snapdragon 680

Sebelum membahas fitur Triple ISP Concurrency OPPO A76, Paradiva mesti tahu terlebih dahulu nih kalau perangkat tersebut ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 680.

Triple ISP Concurrency OPPO A76

OPPO A76 menggunakan chipset Snapdragon 680 yang diluncurkan oleh Qualcomm tahun lalu. Tergolong sebagai chipset baru, Snapdragon 680 ini sudah menggunakan fabrikasi 6nm sehingga kinerjanya jauh di atas chipset seri 6 sebelumnya. Contohnya, Snapdragon 662 yang masih mengandalkan fabrikasi 12nm.

Selain memiliki 4 core Kryi 265 Gold (Cortex-A73) yang mampu menggeber hingga kecepatan clock 2,4GHz dan 4core Kryo 265 Silver (Cortex-A53) pada 1,8GHz. Nah salah satu fitur yang diunggulkan oleh chipset ini adalah fitur Triple ISP Concurrency.

Fitur Triple ISP Concurrency OPPO A76

ISP Sendiri merupakan kepanjangan dari Image Signal Processor. Komponen ini merupakan prosesor yang bekerja khusus untuk mengolah gambar pada chipset. Nah, dalam Snapdragin 680 sendiri, ISP yang dipakai adalah Spectra™ 346.

Lantas, apa sih yang disebut fitur Triple ISP Concurrency OPPO A76?

Triple ISP Concurrency OPPO A76

Mengutip dari Canggih.id, laman resmi Qualcomm menyatakan bahwa Triple ISP Concurrency pada Qualcomm Spectra 346 ini memberi tangkapan citra dari beberapa kamera berbeda secara bersamaan. Plus, prossor ini dapat memberi transisi zoom super mulus antar kamera.

Hal inilah yang dapat membuat Paradiva mengambil gambar dalam mode ultra-wide, wide maupun telefoto. Kemudian, fitur ini disempurnakan dengan low light photography yang didukung oleh AI. Sehingga, menghasilkan gambar yang lebih cerah meski di lingkungan yang gelap.

Triple ISP Concurrency OPPO A76

“Triple ISP Concurrency membuat sistem lebih cepat mengkalkulasinya fokus sehingga proses pemotretan menjadi lebih cepat,” tambah Susanto.

Susanto juga menyatakan bahwa dalam pemotretan di kondisi minim cahaya alias low light, sistem harus ‘berpikir’ banyak hal. Misalnya, noise yang harus dihilangkan, melakukan pemotretan beberapa frame hingga melakukan kombinasi agar hasilnya bagus. Oleh karena itu, sistem membutuhkan kecepatan ISP. Dalam hal ini, Triple ISP Concurrency OPPO A76.

Baca juga: OPPO dan Hasselblad Bakal Gandengan Selama 3 Tahun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini