Review Vivo V23 5G: Dua Kamera Depan Buat Apa?

0
204

Gadgetdiva.id — vivo V23 5G telah hadir di pasar Indonesia bulan lalu dengan harga sekitaran 5 jutaan. Perangkat ini dilengkapi dengan dua kamera selfie yang bikin selfie kamu makin ciamik. Pensaran nggak sih Paradiva dengan reviewnya? Simak ulasannya ya!

Sama dengan smartphone lainnya yang memungkinkan perangkat untuk mengganti warna pada penampang belakang, vivo V23 5G mengusung UV color-changing design. Dimana menjadi salah satu keunggulan dari perangkat tersebut.

Plus, mengusung dua kamera selfe yang menjadi nilai tambah bagi perangkat. Bikin Paradiva makin jago selfie berkat resolusi 50+8MP. Sudah 5G dan membawa prosesor Dimensity 920. Serta, teknologi fast charging 44W. Harga Vivo V23 5G dibanderol Rp. 5.999.000.

Desain Vivo V23 5G

Hadir dalam dua warna, yakni Stardust Black dan Sunshine Gold, Gadgetdiva sendiri kebagian untuk melakukan review Vivo V23 5G berwarna Sunshine Gold.

Baca juga: Bedanya dengan vivo V23e

Warnanya Sunshine Gold yang dihadirkan pun cukup cerah, namun memberi kesan premium pada perangkat. Jika terkena sinar matahari, warnanya dapat berubah menjadi biru kehijauan. Beberapa sudut dapat menunjukkan warna keunguan.

Adanya perubahan warna ini berkat teknoloi Color Changing Desainnya yang dihadirkan. Lebih dari sekadar color changing, bagian penampang vivo V23 juga dapat dipersonalisasikan seperti tato temporer.

Dimana Paradiva dapat “menjiplak” suatu objek saat terpapar sinar matahari atau UV. Untuk melakukannya, caranya mudah. Pilih objek yang kamu inginkan, taruh pada bagian penampang belakang tersebut, tunggu sampai beberapa belas detik, lalu objek tersebut akan terjiplak pada bagian belakang ponsel.

“Jiplakan” objek tersebut akan menghilang dalam beberapa menit kemudian. Apalagi, jika penampang belakangnya langsung terkena sinar matahari. Jika Paradiva ingin objeknya bertahan lebih lama, kamu dapat langsung masuk ke dalam ruangan.

 

Sementara itu, vivo V23 5G telah dilengkapi dengan lapisan anti-glare. Sehingga bebas dari bekas sidik jari. Plus, tidak terlalu licin saat digenggam tangan.

Nah, jika pertama kali dilihat, desain perangkat ini memang agak mirip dengan iPhone 12 karena bentuknya mengotak. Perbedaannya adalah vivo V23 5G masih lebih besar dari iPhone 13.

Berat yang dibawa juga cukup ringan dengan kisaran 180 gram dan ketebalan 7,5mm. Masih muat dimasukkan ke dalam tas kecil maupun saku celana jeans.

Kamera Vivo V23 5G

Pada bagian kamera, vivo V23 5G sudah emmbawa dua kamera selfie yang menjadi keunggulannya. Kamera tersebut beresolusi 50MP dengan bukaan f/20 dan 8MP dengan bukaan f/2.3 yang dapat mengambil sudut pandang selebar 105 derajat.

Berkat adanya kamera depan ciamik ini, Paradiva nggak perlu menggunakan tongsis lagi untuk berselfie bersama gengmu. Sekaligus, bakal buat wajahmu mulus berkilau.

Apalagi dengan adanya fitur bokeh flare portrait. Dimana mampu beri kesan hasil foto serasa menggunakan kamera profesional.

Sensor utama kamera depan yang dihadirkan cukup oke. Dapat menghadirkan autofokus dengan cepat meski wajah berada di dekat maupun jauh dari kamera.

Lensa ultra-wide dapat digunakan saat kamu menyalakan sensor kedua. Kulaitasnya akan menurun, namun sangat oke untuk pencahayaan indoor.

Sementara, pada bagian belakang kamera, vivo V23 5G dilengkapi dengan resolusi 64MP AF Night Camera dengan f/19, 8MP Super-Wide Angle Camera dengan f/2.2 dan 2MP Super Macro Camera.

Kualitas kamera belakang tak kalah memuaskannya. Sensor utama menghasilkan warna yang jernih dan sangat oke. Sementara, pada sensor ultra-wide, warna terlihat lebih gelap.

Saat pemakaian malam hari, hasil foto tampak lebih terang. Tak ada noise yang dihasilkan meski cahaya cukup redup. Warna gambar dapat sama terangnya dengan shutter dua detik, meski tanpa OIS.

Untuk melakukan perekaman video. Kamera vivo V23 5G sudah menghadirkan resolusi 1080 60fps dan 4K 30fps. Keduanya dapat diterapkan pada sensor utama sisi belakang maupun depan kamera.

Pada mode Dual View, dapat dilakukan dari kedua sisi kamera secara bersamaan. Maupun, efek HDR (maksimum 1080p).

vivo menghadirkan dua lampu LED Dual-Tone Spotlight. Yang mana, warna masing-masing lampu dapat kamu atur sesuai keinginan. Warnanya bisa lebih kuning atau biru.

Berikut adalah hasil foto yang Gadgetdiva ambil menggunakan vivo V23 5G.

 

vivo v23 5G

Baterai Vivo V23 5G

Pada kapasitas baterai, Vivo V23 5G membawa baterai sebesar 4200mAh dan telah membawa teknologi 44W FlashCharge. Perangkat ini diklaim dapat melakukan pengisian daya dari 1% hingga 68% dalam waktu 30 menit. Pengisian 100% capai 65 menit.  Kecepatan flash charge vivo V23 5G ini hanya dapat dilakukan lewat adapter bawaan.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Vivo V23 5G juga sudah mampu digunakna untuk pemakaian intensif seharian penuh. Bisa capai screen on-time sekitar 4 jam termasuk always on-display.

Spesifikasi Lainnya

Beralih ke performa dari Vivo V23 5G, smartphone ini telah didukung oleh chipset Dimensity 920 6nm untuk mendukung Dual on 5G dan konektivitas Wi-Fi yang lebih cepat. Sekaligus, mampu menemani akitvitas multitasking Paradiva sehari-hari. Pasalnya, perangkat ini mampu menjalankan kurang lebih sebanyak 25 aplikasi sekaligus dengan penuh kecepatan.

Vivo V23 5G hadir dengan panel AMOLED 90Hz dan mendukung HDR10+. Plus, desain notch yang membuatnya mirip dengan tampilan iPhone 12. Sidik jari juga telah disematkan pada balik layar Vivo V23 5G.

Meski hanya memiliki refresh rate 90Hz, Vivo V23 5G bisa tetap jadi teman gaming dan drakoranmu. Kecepatan tersebut dapat diatur ke 60Hz untuk menghemat daya baterai.

Paradiva juga masih bisa menyimpan downloadan episode favoritmu dari drakor yang sedang kamu tonton karena perangkat ini dilengkapi dengan memori internal 8GB+4GB Extended RAM.

Kesimpulan

Di level harga 5 jutaan, Vivo V23 5G ini tergolong telah dapat mencukupi semua kebutuhanmu. Mulai dari bekerja profesional, membuat konten kreatif, gaming hingga drakoran.

Meski, perangkat ini memiliki kekurangan, yakni tidak menyediakan jack audio 3,5mm, slot microSD dan speaker stereo. Namun, performa yang dihadirkan cukup kencang dan bandel. Plus, telah dilengkapi dengan pengisian daya yang cepat.

Spesifikasi Lengkap Vivo V23 5G

Vivo V23 5G

Prosesor MediaTek Dimensity 920 5G (6 nm)

CPU Octa-core (2×2.5GHz Cortex-A78 &  6×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU Mali-G68

Kamera Depan 50MP, f/2.0, (wide), AF; 8MP, f/2.3,105˚ (ultrawide)
Kamera Belakang 64 MP, f/1.9, 26mm (wide), PDAF; 8 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro)
Pilihan Warna Sunshine Gold, Stardust Black
Ketebalan  7,5mm
Berat 180 gram
Layar AMOLED 90Hz

HDR 10+

6.44 inci

Sidik Jari Fingerprint under display, optical
Baterai Li-Po 4200mAh, non removable

Fast Charging 44W

RAM & Penyimpanan 8 GB (+4GB Extended RAM) + 128 GV
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi, Direct, Hotspot

Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptXHD

GPS, HDMI, NFC

Sistem Operasi Android 12
User Interface Funtouch OS 12

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini