Review OPPO Reno7 Z 5G: Foto Portrait Ga Pernah Gagal

0
1138
OPPO Reno7 Z 5G
(Foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Gadgetdiva.id — Review OPPO Reno7 Z 5G kali ini dibuat Gadgetdiva setelah pemakaian selama sepekan. Seperti yang telah digaungkan sejak sebelum kemunculannya, kamera smartphone ini tidak pernah gagal untuk mengabadikan foto dengan mode Portrait. Fokus pada objek selalu jelas, makanya kami bilang OPPO tak pernah gagal meningkatkan kemampuan foto portraitnya.

OPPO Reno7 Z 5G akhirnya meluncur untuk para penggemar di Indonesia, dilengkapi dengan tiga kamera dan kemampuan foto portrait yang semakin canggih. Tidak heran jika OPPO memilih spesialisasi di ranah foto portrait karena sejak awal kemunculannya, teknologi kamera OPPO memang tidak pernah mengecewakan. Berikut review OPPO Reno7 Z 5G selengkapnya:

OPPO Reno7 Z 5G
Kemasan OPPO Reno7 Z 5G

Desain OPPO Reno7 Z 5G

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, kami tidak membantah jika kesan pertama melihat OPPO Reno7 Z 5G membuat kami terkesima. Kesan itu didapat saat melihat desain bodi belakangnya yang kotak dan warna-warni. Memang banyak yang bilang desainnya mirip dengan iPhone, retro, tapi banyak bedanya. Dimulai dari warna yang menghiasi bodi belakang, warna warni mirip pelangi.

OPPO Reno7 Z 5G
Desain OPPO Reno7 Z 5G

Baca juga: Terkesima Pada Desain OPPO Reno7 Z 5G

Warna belakang desain OPPO Reno7 Z 5G disebut Rainbow Spektrum. Memperlihatkan gradasi warna yang beragam, mirip permen lolipop. Ada merah, kuning, dan hijau. Malah ada biru dan ungu kalau dilihat dari sisi atas. Cantik sekali desainnya, benar-benar merepresentasikan jiwa muda wanita yang energik dan penuh percaya diri. Kalau paradiva menggenggamnya, dijamin tidak akan malu-maluin karena desainnya mewah, terkesan flagship. Digenggamnya pun nyaman karena tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

OPPO Glow merupakan lapisan yang menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis dan juga telah diperkuat sehingga tahan terhadap goresan. Namun OPPO tidak pelit. Meski bodinya tahan goresan namun tetap ada casing silikon yang bisa memberikan rasa aman agar bodi tetap mulus. Jangan lupa, slot sim card tersedia untuk dua nomor selular sekaligus, tiga speaker suara di bagian bawah yang sejajar dengan port charger USB Type C, dan juga sebuah lubang port headphone.

Bodi belakangnya dihias dua buah kamera dengan lingkaran yang cukup besar. Ditambah satu lensa kamera kecil. Di bagian bawahnya ada tulisan AI Portrait Camera yang menunjukkan bahwa OPPO Reno7 Z 5G akan memberikan hasil portrait yang tidak mengecewakan. Tombol volume dan aktivasi diletakkan berjauhan. Jika tombol volume ada di sebelah kiri, tombol on/off atau aktivasi ada di seberangnya. Memang terlihat lebih simpel, namun untuk melakukan screenshot layar, dibutuhkan dua tangan karena harus meraih tombol on/off dan volume bawah secara bersamaan.

Layar

OPPO Reno7 Z 5G
Kamera depan OPPO Reno7 Z 5G

Layar OPPO Reno7 Z 5G memiliki luar 6,5 inci yang dibekali dengan teknologi layar AMOLED. Tampilannya mampu menghadirkan gambar dengan resolusi full HD atau FHD+, tepatnya 1080×2400 piksel. Gambar yang ditampilkan di layar cukup jelas dan terang, mungkin karena bantuan AMOLED itu tadi, yang mampu menghasilkan kepadatan piksel pada gambar sampai 402 ppi dan aspek rasio pada layar mencapai 19,5:9

Terdapat dua mode layar yang bisa dipakai, selain light mode ada juga dark mode. Kecerahan layar bisa diseting otomatis. jadi ketika berada di ruangan banyak cahaya, layar akan meredupkan diri. Jika tidak mau otomatis redup, kamu bisa langsung mensetting kecerahan layar dari warnanya. Ada Vivid untuk warna yang sangat terang dan mencolok, sedangkan warna natural membuat kecerahan layar menjadi lebih lembut. Temperatur layar juga bisa diatur di menu Setting. Mulai dari Cool, (layar lebih putih) default atau standard, dan juga Warm (membuat layar lebih kuning). Pengaturan ini bisa membuat mata lebih nyaman. Jika ingin lebih aman lagi di mata, layar bisa diatur dengan mengaktifkan fitur Eye Comfort. Di sini, tampilan layar lebih kuning karena blue light dinonaktifkan.

Jika ada dark mode, ada juga Black Screen Mode. Meski sama-sama bisa menghemat daya karena tak menggunakan kecerahan layar yang berlebihan, Black Screen Mode bisa melindungi layar dari sentuhan yang tidak sengaja hingga sampai membuat kunci layar. Selain itu, aplikasi yang digunakan juga tetap berjalan normal. Ini artinya, konsumsi data dan baterai tetap berlangsung selama Black Screen mode diaktifkan.

Jangan lupa juga, layar Reno7 Z 5G memiliki satu titik tempat kamera selfie bersandar. Kamera ini bisa saja disembunyikan dengan mengaktifkan full screen mode. Tidak disembunyikan sih, sebenarnya tetapi disamarkan dengan layar berwarna gelap di posisi paling atas. Oia, layar OPPO ini juga sudah dibekali sertifikasi Netflix HD dan Amazon HD Streaming. Reno7 Z 5G juga menjadi salah satu smartphone pertama yang menerima peringkat A tingkat atas dalam sertifikasi TÜV SÜD 36-Month Fluency.

Performa

Dapur pacu OPPO Reno7 Z 5G dipersenjatai chip Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G. Nama di belakangnya sudah pasti jaminan untuk smartphone bisa terkoneksi dengan jaringan 5G. Hadir dengan proses fabrikasi 6nm, OPPO akan bisa berjalan lancar di jaringan 5G maupun 4G. Bahkan dibandingkan dengan Snapdragon 720G pun masih lebih unggul 695 5G karena 720G masih mengusung fabrikasi 8nm. Jadi, tidak heran jika 695 5G diklaim memiliki performa kencang sekaligus irit konsumsi baterai.

OPPO Reno7 Z 5G
5G di OPPO Reno7 Z 5G

Chipset ini dibekali CPU Kryo 660 octa-core yang terdiri dari Cortex-A78 2.2GHz sebagai core performa, dan Cortex-A55 1.8GHz sebagai core hemat daya. Kombinasi yang membuat performa CPU-nya 15 persen lebih kencang. Selain itu, Snapdragon 695 5G juga didukung GPU Adreno 619 yang menawarkan peningkatan performa grafis hingga 30 persen dibanding pendahulunya. Cocok untuk Anda para gamer. Untuk urusan AI atau kecerdasan buatan, Snapdragon 695 5G akan membuat OPPO Reno7 Z 5G menjadi lebih cerdas karena didukung prosesor Qualcomm Hexagon 686 dengan Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Hexagon Vector eXtensions untuk memberikan performa AI yang responsif.

Snapdragon 695 5G menggunakan Snapdragon X51 5G Modem-RF System yang mendukung SA, NSA, FDD, TDD, DSS, serta menjanjikan kecepatan download hingga 2.5 Gbps di jaringan 5G atau 800 Mbps di jaringan LTE, dengan kecepatan upload hingga 1.5 Gbps di 5G dan 210 Mbps LTE. Snapdragon 695 5G juga memiliki Qualcomm FastConnect 6200 termasuk WiFiac Wave2 dual Band 2.4 dan 5 GHz, serta Bluetooth 5.2.

OPPO Reno7 Z 5G
Speed 5G di OPPO Reno7 Z 5G menggunakan Telkomsel 5G di kawasan SCBD.

Performa multitaskingnya pun cukup tinggi. Pasalnya, prosesor ini memberikan kompatibilitas dengan seluruh operator telekomunikasi penyelengara jaringan 5G di Indonesia terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40. Jika digunakan bersamaan kartu sim card yang sudah 5G, maka jaringan otomatis akan terdeteksi. Gadgetdiva sempat melakukan uji coba speed 5G di wilayah SCBD. Hasilnya, speed download bisa mencapai 120Mbps, sedangkan speed upload paling kencang di 33 Mbps. Tapi ini baru tahap awal karena di beberapa wilayah hasilnya tidak akan sama. Jaringan 5G masih akan dikembangkan lagi jadi tidak heran jika di masa depan, kecepatannya akan 10 kali lipat daripada saat ini, bahkan sampai Gbps, bukan lagi Mbps.

Selain itu, chipset Snapdragon 695 5G juga membawa teknologi pemrosesan gambar Triple ISP Spectra 346T, untuk mendongkrak kemampuan pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya. Reno7 Z 5G bisa dibilang sebagai smartphone pertama yang membawa Snapdragon 695 5G ke Indonesia. RAM 8GB dengan opsi ekspansi hingga 5GB dan juga penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB.

Kamera OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G
Kamera belakang OPPO Reno7 Z 5G

Seperti yang disebutkan di atas, bodi belakang OPPO Reno7 Z 5G disematkan dua kamera besar dan satu kamera kecil, lengkap dengan lampu flash LED. Lingkaran pada kamera besar itu bisa menghadirkan cahaya berwarna biru disebut breathing light, tapi OPPO menyebutnya orbit light. Cahaya ini akan melingkari dua kamera besar itu saat situasi tertentu. Misalnya, saat mengisi daya, saat ada panggilang masuk, memberikan tanda notifikasi, sampai ketika kita sedang membuka game atau aplikasi tertentu. Pengaturan untuk breathing light bisa dilakukan di menu Setting, masuk ke Personalisasi, dan klik Breathing Light.

OPPO Reno7 Z 5G
Breathing Light/ Orbit Light di OPPO Reno7 Z 5G

Kamera selfie dan belakang bisa diandalkan untuk melakukan foto Portrait. Jika kamera selfie dibekali resolusi 16MP F/2.4, kamera utama OPPO Reno7 Z 5G dibekali 64MP F/1.7. Untuk foto portrait atau bokeh, maka yang digunakan adalah kamera kedua dengan resolusi 2MP F/2.4. Lensa kamera portrait memiliki spesifikasi yang sama dengan lensa makro.

oppo reo7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Makro

Ketika Gadgetdiva menjajal foto Portrait, memang benar tidak mengecewakan. Subjek terlihat sangat fokus dan jelas karena latar belakang benar-benar blur. Bahkan di malam hari, foto portrait bisa semakin indah berkat fitur Bokeh Flare Portrait. Ini akan sangat terlihat keindahannya jika berfoto dengan background banyak lampu atau cahaya yang terpancar karena cahaya lampu akan berpendar sehingga mempercantik foto Portrait.

OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Portrait
OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Selfie
OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Night Selfie
OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Bokeh Flare Potrait
OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Portrait

Sebelum memotret, biasanya kita akan melakukan review hasil bidikan terlebih dahulu di layar. Jangan percaya dengan apa yang terlihat di layar jika belum memencet tombol shutter kamera ponsel. Pasalnya, hasil foto akan terlihat lebih menyenangkan. Sepertinya teknologi AI di kamera OPPO benar-benar bekerja dengan baik.

oppo reno7 z 5g
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Night Mode
OPPO Reno7 Z 5G
Hasil foto OPPO Reno7 Z 5G — Night Mode

Ada zoom sampai 5 kali di kamera ini yang juga bisa digunakan saat merekam video. Namun Gadgetdiva sangat tidak menyarankan zoom di kamera ini karena resolusinya tidak terlalu kuat.

Baterai

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOCTM sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit. Kami sempat melihat posisi baterai masih 91 persen pada pukul 14:58 WIB tanggal 27 Februari 2022. Sedangkan keesokan harinya, pukul 14.05 WIB, baterai yang tersisa di Reno7 Z 5G masih sekitar 49 persen.

Pemakaiannya memang tidak terlalu diforsir. Kami hanya menggunakan smartphone ini untuk browsing, memotret seharian penuh sambil sesekali merekam video. Kami juga menggunakan koneksi wifi sebagai data internet walaupun jaringan Telkomsel tetap hidup. Kami juga beberapa kali bermain games di perangkat ini, namun sekedar game ringan yang ada di aplikasi HeyFun bawaan OPPO. Baterai Reno7 Z 5G ini memang cukup awet. Untuk status baterai 73 persen, notifikasi pada pengaturan menunjukkan jika smartphone tersebut masih bisa bertahan selama satu harian.

Kesimpulan

OPPO Reno 7 Z 5G sepertinya akan menjadi daily driver baru Gadgetdiva yang bisa diandalkan, mengingat kami sangat menyukai foto portrait. Harganya juga terjangkau Rp6 juta. Belum lagi ada fitur-fitur keren lainnya di smartphone ini, mulai dari split screen (pemisahan layar), flexible windows (floating), quick return bubble, quick launch, smart sidebar, kid space, simple mode, sampai omoji. Untuk semua ini akan kami bahas secara terpisah, jadi tunggu saja!

OPPO Reno7 Z 5G
Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini