OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G: Mana yang Paling Mantep?

0
Pengaturan bahasa OPPO Reno7 5G

Gadgetdiva.id — OPPO Reno7 Series 5G baru saja diluncurkan. Kali ini, Gadgetdiva akan membahas perbandingan antara OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G. Kamu pilih yang mana nih, Paradiva?

baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Seri ini turut membawa OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G dalam peluncuran.

Kedua perangkat dari OPPO Reno7 Series 5G ini sama-sama membawa kemampuan kamera yang mumpuni. Contohnya dengan membawa kembali fitur Portrait khas seri OPPO Reno.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Meski menjadi saudara kandung, OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G tentunya memiliki banyak perbedaan. Mulai dari teknik finishing pada penampang belakang perangkat, chipset, serta fitur lainnya.

Lantas, seperti apa sih perbedaan antara OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 5G?

Desain OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 5G memiliki teknik finishing dan warna perangkat yang berbeda. Reno7 Z 5G mengusung konsep finishing Ultra-Slim Retro Design.

Perangkat tersebut juga telah melalui teknologi 3-layer texture dan 2 layer coating process untuk warna Rainbow spectrum-nya. Sementara, pada bodi belakang bagian atas, ada dua lapis gradasi warna yang terdiri atas merah, kuning dan hijau. Serta, lapisan bawah mengandung Indium Reflektif yang dapat memantulkan cahaya.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Pada varian Cosmic Black OPPO Reno7 Z 5G, membawa finishing OPPO Glow yang menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis. Warna ini diperkuat shingga tahan terhadap goresan. Keduanya memiliki perbedaan ketebalan, varian Rainbow Spectrum memiliki ketebalan 7,5mm sedangkan Cosmic Black 7,49mm.

Lain halnya dengan OPPO Reno7 5G, perangkat ini hadir dengan dua pilihan warna yakni, Star Trails Blue dan Starry Black. Teknik yang digunakan pada finishing penampang belakang perangkat ialah Teknik Laser Direct Imaging (LDI).

Teknik LDI sendiri mampu meniur jejak bintang dan menicptakan pola yang terdiri atas 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron. Sementara, pada OPPO Glow yang dihadirkan memungkinkan perangkat tak mudah kotor oleh bekas jari dan lebih tahan goresan.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G Punya Dual Orbit Light

Salah satu perbedaan yang mencolok antara OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno67 5G terletak pada Dual Obrit Light. Dimana fitur ini hanya hadir pada Reno7 Z 5G.

Dual Orbit Light atau Lampu Orbit Ganda adalah fitur yang terintegrasi pada belakang dua cincin kamera utama. Fitur ini dapat berkedip atau menyala.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G
Breathing Light/ Orbit Light di OPPO Reno7 Z 5G

Ketika fitur tersebut diaktifkan, lampu yang menyala akan berwarna biru elektrik, biru muda atau biru sian pada skenario yang berbeda. Contohnya, saat ponsel dihidupkan, mengisi daya perangkat, menerima panggilan masuk, pemberitahuan yang belum dibaca dan meluncurkan game.

Dual Orbit Light sebelumnya pernah ada di OPPO Find 7 Series. Dimana perangkat tersebut diluncurkan pada tahun 2013. Lalu, kembali didebutkan pada OPPO Reno7 5G.

Baca juga: Dual Orbit Light Pada OPPO Reno7 Z 5G

Chipset OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Reno7 Z 5G ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 695 5G yang berbasis fabrikasi 6nm. Selain kencang, chipset ini mampu memberi efisiensi daya yang lebih baik dari pendahulunya.

Dukungan jaringan 5G pada Qualcom Snapdragon 695 5G ini mampu mencakup N1, N3 dan N40 yang cocok digunakan pada jaringan operator 5G di tanah air ini. Chipset ini juga telah membawa CPU Kryo 660 octa-core yang terdiri atas Cortex-A78 2.2GHz seabgai performa.

Ada juga Cortex A55 1.8Hz yang dapat digunakan sebagai core hemat daya. Kombinasi ini membuat performa dari CPU 15 persen lebih kencang.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Snapdragon 695 5G ini juga telah didukung oleh GPU Adreno 619 yang mampu memabwa peningkatan pada performa grafis hingga 30 persen. Bakal angat terasa saat digunakan Paradiva untuk gaming.

Sedangkan, Reno7 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 5G yang menggunakan fabrikasi 6nm. Chipset ini sudah mendukung band N1, N3 dan N40. Plus, telah dibekali dengan CPU Octa-core dengan dua cluster.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Cluster pertama menggunakan 2-core Cortex-A78 dengan kecepatan 2.4GHz untuk menunjang performa. Serta, yang kedua adalah 6-core Cortex A-55 berkecepatan 2GHz yang lebih efisien.

Sementara, pada bagian grafis, chipset ini telah mengandalakn GPU ARM Mali-G68 yang diklaim mampu hemat daya. GPU ini juga telah menyematkan beberapa fitur yang mirip dengan seri yang lebih tinggi, G88, namun dirancang dengan desain yang tak boros tenaga agar gaming bisa berjalan lancar dan lebih lama.

Kemampuan Charging OPPO Reno7 5G vs. OPPO Reno7 Z 5G

Antara OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G ternyata memiliki kemampuan pengisian daya yang berebda. Reno7 5G membawa 6W SuperVOOC yang mampu mengisi daya baterai 4.500 mAh sampai 100 persen hanya dalam waktu 31 menit.

Lain halnya dengan OPPO Reno7 5G membawa teknologi 33W SuperVOOC. Dimana pengguna dapat melakukan charging hingga 10 persen hanya dalam waktu 63 menit. Perangkat ini juga dapat melakukan charging selama 5 menit dan memungkinkan panggilan telepon sampai 3 jam lamanya.

Fitur Kamera OPPO Reno7 5G vs. OPPO Reno7 Z 5G

Seperti yang telah disinggung Gadgetdiva sebelumnya, baik OPPO Reno7 5G maupun OPPO Reno7 Z 5G kembali membawa fitur Potrait mode pada kameranya. Namun, spesifikasi kamera dari dua perangkat ini tentunya berbeda.

OPPO Reno7 Z 5G membawa 64MP Hi-Res f/1.7, 2MP Depth Camera f/2.4 dan 2 MP Macro f/2.4. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP.

OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Sementara, OPPO Reno7 5G membawa tiga kamera belakang yang terdiri atas 64MP f/1.7, 8MP f/2.4 ultra-wide dan 2MP f/2.4 makro. Untuk kamera depan, perangkat ini beresolusi 32MP f/2.4.

Fitur Portrait kamera yang dibawa oleh keduanya dapat digunakan pada kedua kamera, baik kamera depan maupun belakang. Keduanya dapat menyuguhkan hasil efek boleh flare pada hasil foto.

Efek tersebut diklaim dapat memberi efek bokeh seperti produksi video menggunakan kamera profesional. Serta, menggunakan lensa dengan bukaan yang lebar.

Spesifikasi OPPO Reno7 5G vs OPPO Reno7 Z 5G

Pada bagian layar, OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 Z 5G telah dibekali dengan layar single Punch-Hole AMOLED Full HD+6,4 inci.

Untuk refresh rate, OPPO Reno7 5G telah menyematkan kecepatan sebesar 90Hz. Sementara, untuk Reno7 Z 5G masih memiliki kecepatan sebesar 60Hz saja. Namun, perangkat Reno7 Z 5G sudah dilengkapi dengan sertifikasi Netflix HD dan Amazon HD.

Nah, sementara pada bagian storage internal, OPPO Reno7 5G telah memiliki 256GB atau sekitar dua kali lipat dari Reno7 Z 5G yang hanya membawa storage sebesar 128GB. Namun, kedua perangkat dapat memasang microSD hingga kapasitas 1TB.

Sementara pada bagian harga, OPPO Reno7 5G dibanderol seharga Rp. 7.499.000. Sementara, Reno7 Z 5G lebih ramah kantong, yakni seharga Rp. 5.999.000.

Baca juga: Harga OPPO Reno7 5G di Indonesia


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan