Biar Pulas, Kenali Karakter Tidur Kamu Pakai Samsung Galaxy Watch4

0
465
karakter tidur

Gadgetdiva.id – Karakter tidur kamu sebenarnya bisa diketahui dengan baik. Apakah Paradiva tipe orang yang tidur nyenyak seperti beruang atau gelisah saat tidur seperti lumba-lumba. Dengan mengetahui karakter tidur, kita bisa mendapat peringatan dini tentang kondisi kesehatan sendiri, caranya dengan menganalisis siklus tidur dan bangun pagi.

Dilansir melalui Healthline, karakter tidur biasa disebut sebagai chronotype, yakni tipologi sirkadian seseorang atau perbedaan individu dalam aktivitas dan kewaspadaan di pagi dan sore hari. Mengetahui chronotype bisa membantu memahami cara kerja jam internal tubuh kita dan membuatnya sinkron dengan aktivitas sehari-hari, terutama dengan pekerjaan yang banyak menyita waktu kita.

karakter tidur

“Chronotype tubuh kita menentukan waktu puncak produktivitas, sehingga memungkinkan kita untuk merencanakan hari dan mengatur aktivitas dengan baik,” ujar Eva Cohen, Digital Marketing Specialist dari Kansas Sleep.

4 Jenis Karakter Tidur Manusia

Banyak riset tentang tidur yang menyebut jenis chronotype dalam tiga jenis tergantung matahari, yakni Morning Person, Evening Person atau tidak keduanya. Sedangkan yang lainnya membagi chronotype ke dalam empat tipe yang diambil dari nama hewan, yakni Beruang, Serigala, Harimau, dan Lumba-lumba.

Beruang

Menurut Cohen, kebanyakan manusia di bumi berada di kategori ini. Tidur mereka seperti beruang, mengikuti waktu matahari. Ketika matahari terbenam, sudah waktunya untuk tidur. Tipe chronotype beruang tidak memiliki permasalahan tidur yang berarti. Produktivitas mereka lebih tinggi sebelum sore hari menjelang.

Serigala

Serigala mungkin tipe para pekerja lapangan. Mereka lebih suka bekerja di malam hari dan kesulitan untuk tidur di malam hari. Wolf person akan merasa lebih enerjik ketika bangun sore hari. Tapi waktu produktivitas mereka sangat pendek, hanya sekitar 4 jam setelah mereka bangun dari tidur.

Harimau

Kebalikan dari serigala, Lion Person atau orang yang memiliki chronotype Harimau lebih suka bangun pagi-pagi sekali. Bahkan mereka bangun sebelum fajar muncul. Produktivitas mereka memiliki durasi yang panjang. Dari mulai fajar sampai sore hari. Biasanya si harimau chronotype akan langsung tidur cepat sekitar jam 8 atau 9 malam.

Lumba-lumba

Ini mungkin chronotype yang paling bermasalah karena lumba-lumba biasanya tidak memiliki jam tidur yang pasti. Menurut Cohen, pemilik chronotype ini tidak pernah merasa cukup tidur karena terlalu sensitif terhadap faktor yang ada di sekitarnya, baik itu suara-suara maupun cahaya yang menyala. Makanya, jam produktif mereka sekitar pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang.

Cara Mengetahui Karakter Tidur dengan Smartwatch

karakter tidur
Foto: Samsung

Sejatinya, kita bisa dengan mudah menganalisis karakter tidur, salah satunya dengan menggunakan jam tangan pintar yang memiliki fitur sleep analysis seperti Samsung Galaxy Watch4. Samsung mengombinasikan teknologi monitoring data tidur dan survei singkat yang dilakukan di dalam jam tangan tersebut. Dari situ akan ketahuan simbol hewan untuk karakter tidur yang sesuai dengan kamu.

Yang menarik, di Samsung Galaxy Watch4 tidak hanya ada empat, melainkan 8 karakter chronotype yang bisa dideteksi. Ada Unconcerned Lion, Sun Averse Mole, Alligator on the Hunt, Sensitive Hedgehog, Cautious Deer, Exhausted Shark, Nervous Penguin dan Easygoing Walrus. Ciri masing-masing sebagai berikut:

  • Unconcerned Lion: Biasanya tidur dengan durasi rata-rata 10 sampai 15 jam sehari
  • Sun Averse Mole: Dideteksi tidur selama 8 jam rata-rata seharinya. Namun bedanya, mereka tidur di pagi hari.
  • Alligator on the Hunt: Sama seperti Sun Averse Mole, lebih suka tidur pagi hari. Bahkan mereka bisa tidur dengan satu mata terpejam.
  • Sensitive Hedgehog: Mereka tidur di pagi hari dan sangat aktif di malam hari. 
  • Cautious Deer: Sangat susah tidur. Kadang hanya tidur 10 menit lalu kerap bangun. Dia akan terjaga jika ada hal yang mengganggu.
  • Exhausted Shark: Jarang tidur. Selalu bergerak dan aktif, seolah mereka akan mati kalau tidak bergerak.
  • Nervous Penguin: Tidurnya tidak tentu, acak. Itupun hanya sekitar 3,5 jam tertidur dalam sehari. Mereka bawaannya selalu gelisah saat tidur, jadi tidak nyenyak.
  • Easygoing Walrus: Ini bisa dibilang si tukang tidur. Orang dengan tipe ini biasanya bisa terjaga sampai 84 jam lamanya, lalu tidur selama lebih dari 19 jam.
karakter tidur
Bisa mendeteksi indeks massa tubuh di smartwatch.

Tidak hanya menganalisis, Samsung Galaxy Watch4 juga bisa membantu paradiva memperbaiki jam tidur yang bermasalah lewat program terpersonalisasi sesuai dengan masing-masing karakter hewan di atas. Hal ini tentu akan membantu paradiva untuk bisa tidur lebih nyenyak dan menjadi lebih produktif.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm. Hingga 31 Maret 2022, pembelian Galaxy Watch4 Classic di Samsung.com/id berkesempatan memperoleh cashback sebesar Rp200.000,-.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini