Mendapatkan Tidur Berkualitas Saat Pandemi? Pakai Samsung Galaxy Watch4

0
377
galaxy watch4

Gadgetdiva.id — Seberapa penting kita harus mendapatkan tidur yang berkualitas? Paradiva harus tahu kalau tidur yang berkualitas akan membuat kita lebih enerjik dan bisa lebih produktif untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Tugas akan lebih cepat kelar dan sesuai deadline karena kita bisa lebih fokus, badan sehat, dan umur lebih panjang. 

Tidur yang berkualitas pun makin penting di masa pandemi seperti sekarang. Survei SleepHelp.org menyebut, sebanyak 22 persen orang menyatakan bawah kualitas tidur mereka memburuk karena Covid-19. Akibatnya mereka mudah stres, ketakutan dan cemas. 

Menurut Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan psikologi. Manfaat lainnya dari tidur yang berkualitas di antaranya adalah meningkatkan kualitas hidup, membuat tubuh lebih ideal, membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, membuat aktif dan produktif sepanjang hari, menjaga fokus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempertajam ingatan.

galaxy watch4

Ada tiga elemen dalam mendapatkan tidur yang berkualitas, yakni lamanya durasi tidur, tidur yang terus menerus berlangsung tanpa terbangun dan terkena gangguan, serta deep sleep yang artinya tidur nyenyak dan saat terbangun badan menjadi lebih segar.

Mendapatkan tidur berkualitas pakai Galaxy Watch4

Mendapatkan tidur yang berkualitas ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan Samsung Galaxy Watch4. Caranya bagaimana?

Samsung Galaxy Watch4 memiliki fitur bernama Sleep Coaching yang membantu menganalisis aktivitas tidur kita untuk kemudian dilatih agar terbiasa setiap malamnya sehingga paradiva bisa mendapatkan tidur yang berkualitas ke depannya. Sleep Coaching akan menggunakan data tidur paradiva yang dikombinasikan dengan survei personal tentang tidur. Hasilnya, akan diketahui tipe tidur seperti apa yang paradiva miliki untuk kemudian akan dibuatkan program pelatihan tidur yang berkualitas selama sebulan penuh.

Galaxy Watch4

Dalam pelatihan tersebut, paradiva akan mendapatkan petunjuk apa saja yang harus dilakukan agar terbiasa memiliki tidur yang berkualitas setiap malamnya. Setiap malam, kebiasaan itu akan terus dilakukan sampai paradiva benar-benar terbiasa. Selama 7 hari berturut-turut, aktivitas tidur kita akan dipantau dan dianalisis oleh sensor yang ada di Samsung Galaxy Watch4. 

Dari situ, pelatihan tidur yang berkualitas akan berlangsung selama sebulan. Jam tangan pintar itu akan memberikan kita petunjuk dan misi untuk dilakukan setiap harinya. Mulai dari berolahraga, meditasi, dan menghindari tidur siang. Nantinya akan ada laporan yang otomatis muncul di smartphone tentang pencapaian kita setiap harinya.

Galaxy Watch4

Setelah menjalani pelatihan selama sebulan, tinggal baca laporan tersebut, bagaimana hasil yang telah kita jalani. Jika ternyata hasilnya menyatakan kualitas tidur kita membaik, paradiva hanya perlu melanjutkan kebiasaan tersebut. 

Tidur berkualitas dengan SmartThings App

Oh iya, Samsung Galaxy Watch4 juga bisa membantu membantu memperbaiki kualitas tidur dengan sinkronisasi ke smartphone malalui aplikasi SmartThings. Dengan aplikasi ini, kita bisa menciptakan kondisi terbaik untuk tidur dengan lebih mudah, misalnya dengan mematikan tv hingga mengatur cahaya lampu tanpa perlu beranjak dari tempat tidur.

Hal tersebut bahkan bisa dilakukan secara otomatis jika kita sudah set jam tidur kita, berikut caranya:

  1. Instal dan daftar ke aplikasi SmartThings di smartphone paradiva
  2. Masuk ke Samsung Clock yang ada di smartphone, lalu aktifkan fitur ‘Sleep Well with Smart Devices’
  3. Samsung Galaxy Watch4 akan mendeteksi secara otomatis ketika kita sedang tertidur, kemudian tv atau perangkat pintar lainnya yang ada di rumah akan padam.

Tips Tidur Berkualitas Pakai Samsung Galaxy Watch4

Galaxy Watch4 mampu membantu penggunanya mendapatkan tidur yang berkualitas salah satunya berkat sensor yang dimiliki jam tangan pintar tersebut. Untuk mendapatkan analisis yang lebih baik, jangan lupa untuk membersihkan sensor bioactive Samsung yang ada di bagian bawah jam tangan. Bersihkan dengan kain yang lembut, yang biasa kita gunakan untuk membersihkan kacamata. 

Lalu, ada beberapa pengaturan dan tips lain dari Gadgetdiva yang bisa membuat kita mendapatkan kualitas tidur baik dengan Samsung Galaxy Watch4:

  1. Aktifkan Blood Oxygen During Sleep
  2. Aktifkan Snore Detection
  3. Pastikan menggunakan Galaxy Watch4 di pergelangan tangan selama kita tidur. Smartphone kita juga jangan diletakkan terlalu jauh, tapi juga tidak terlalu dekat saat tidur.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm. Hingga 31 Maret 2022, pembelian Galaxy Watch4 Classic di situs resmi Samsung, berkesempatan memperoleh cashback sebesar Rp200.000.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green;
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini