Tuesday, 2 March 2021
[adrotate banner="3"]

Xiaomi Umumkan Kepopuleran Redmi 9T Saat Penjualan Perdana

Xiaomi, mengumumkan hasil penjualan perdana Redmi 9T pada 24 Februari di JD.ID dan mi.com yang menjual habis lebih dari 15.000 unit. Redmi 9T yang berjulukan “Jawaranya Batre...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Oppo F11: Layar lebar, baterai lama, puas nonton Park Min Young

    Diva says – Enaknya menjadi seorang pekerja yang tak punya kantor adalah bisa berlama-lama di rumah sambil mengisi waktu luang. Tak ada kewajiban absen, hanya wajib menghibur diri dengan drama korea yang bisa dinikmati lewat ponsel. Oleh karena itu, untuk menunjang penghiburan diri, kita harus punya perangkat yang mumpuni.

    Oppo baru saja mengeluarkan produk terbarunya, Oppo F11. Kebetulan saya tertarik dengan layarnya yang lebar dan warna bodinya yang tak biasa. Hijau. Belum banyak smartphone yang mengeluarkan desain denganw warna hijau. Biasanya hitam, putih, merah, biru. Hijau yang ini terlihat lebih elegan karena ada kesan glossy. Dan yang terpenting, layarnya lebar, 7 inci kurang 0,47 inci.

    Oppo F11

    Platform menarik yang menyediakan kumpulan drama Korea terbaru adalah Viu. Salah satu yang kabarnya sedang naik daun adalah serial Her Private Life yang dibintangi Park Min Young. Sebenarnya saya tak terlalu suka dengan Min Young, karena dia sudah berani pacaran dengan Lee Min Ho. Walaupun sudah putus, masih kesal sampai sekarang.

    Akan tetapi alur cerita yang dipaparkan sepertinya menarik. Bercerita tentang wanita bernama Sung Deok Mi (Park Min Young) yang ternyata memiliki pribadi ganda yang berbeda. Di siang hari, dia dikenal sebagai kurator galeri seni, tapi di malam hari dia sibuk menjadi admin situs penggemar idola Korea secara diam-diam. Saking die hard fans, dia selalu menomorsatukan idolanya yang bernama Shi An. Makanya tak ada pria yang mau mendekatinya. Walau kemudian datang seorang pria, direktur di galeri Deok Mi bekerja, yang diam-diam memperhatikannya.

    Ini ceritanya sama banget dengan millennials mom. Walau tak sampai menjadi admin fan site boyband, tapi banyak millennials mom yang siang hari bekerja, dan malam harinya suka menikmati boyband Korea sampai larut, seperti saya.

    Saat drama dimulai, layar Oppo F11 langsung bisa menghadirkan adegan-adegan menggemaskan Park Min Young dengan Kim Jae Wook. Detilnya semua terlihat dengan baik dan mata yang melihat tidak akan pernah lelah. Hal ini dikarenakan teknologi layar FHD+ yang diusung Oppo F11. Ukurannya yang 6,53 inci juga memberikan kenyamanan mata, apalagi rasio bodi dengan layar sampai 19,5:9 sama saja dengan 90,9 persen layar, selebihnya adalah bezel yang hampir tak terlihat. Artinya, layar bisa menampilkan lebih banyak konten dan tampilan lebih luas.

    Image result for her private life viu

    Adegan Her Private Live mampu ditampilkan dengan frame rate 60 fps sehingga tampak smooth dan memanjakan mata. Selain nonton drakor, frame rate ukuran ini juga bisa diandalkan untuk bermain game atau menjelajah halaman web.

    Walau memiliki notch waterdrop namun kurvanya sangat halus dan cocok dengan sudut R di sekitar layar. Kamera depan diatur di tengah notch. Sensor cahaya disembunyikan di dalamnya dengan menempatkan lubang suara antara bingkai samping dan kaca, melalui lubang selebar 0,5mm.

    Untuk menonton drakor bisa dilakukan di mana sraja, bahkan saat berjalan menuju lokasi sekalipun. Makanya, saya pribadi tak terlalu khawatir dengan tempat penyimpanan smartphone. Meski di dalam tas dan bersinggungan dengan benda tajam, teknologi Corning Gorilla Glass- ver. 5 bisa diandalkan untuk melindungi layar.

    Kalau untuk urusan game, Oppo F11 memang terlihat memanjakan gamers. Buktinya ada aplikasi bernama Game Space yang memunginkan pengguna menyimpan lebih dari 50 game di satu tempat. Game Space juga memungkinkan pengguna mempersonalisasi parameter optimasi game dalam 3 mode, yakni Kinerja Tinggi, Mode Seimbang dan Konsumsi Daya Rendah. Sayangnya, tak bisa diaplikasikan saat nonton drakor. Ga penting juga, sih.

    Oppo F11 juga punya Game Assistant, yakni pintasan aplikasi yang dapat mengatur pemblokiran notifikasi, pengingat pesan, multitasking cepat, tangkapan layar dan perekaman layar. Semua ini berfungsi agar main game tak terganggu. Namun lagi-lagi, tak bisa digunakan saat menonton video.

    Menonton drakor ini secara marathon, tepatnya 5 episode berturut-turut, memakan waktu sampai 6 jam, tak ada sama sekali rasa panas (overheat) pada batrei. Kemungkinan hal ini dikarenakan Oppo F11 dipersenjatai prosesor Mediatek P70 yang memiliki frekuensi maksimum 2,1 Ghz. Jika dibanding dengan P60, performa CPU dan GPU mengalami peningkatkan sebesar 5 persen dan 13 persen.

    Terlepas dari penggunaan prosesor berdaya rendah, Oppo F11 juga dapat mengurangi suhu hingga 4 sampai 5 derajat celsiius, jika CPU dirasa panas, dengan menerapkan pelumas thermal kondusif ke CPU. Sementara itu, paduan alumunium yang ditempatkan di bawah layar juga efektif menurunkan suhu layar.

    Yang terpenting lagi, CPU dan layar pada OPPO F11 rendah daya. CPU dapat mengubah pemrosesan single-thread menjadi multi-thread, atau mengubah task yang besar menjadi beberapa task kecil yang bisa diproses secara bersamaan. Sedangkan layar pada F11 dilengkapi RAM tersendiri yang dapat menyimpan data, yang ditransfer dari prosesor untuk mengurangi real-time refresh dan mengurangi konsumsi daya saat penggunaan statis, seperti saat melihat foto.

    Jadi, aman banget kalau mau nonton drakor lama-lama, dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore berturut-turut. Tapi jangan sampai lupa siapkan buka puasa untuk keluarga ya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR