Samsung Galaxy Watch4 Series Bisa Kurangi Frekuensi Berkunjung ke Dokter

0
319
personal trainer

Gadgetdiva.id — Diakui, saat pandemi melanda, kita butuh berpikir dua kali untuk berkunjung ke rumah sakit guna berkonsultasi dengan dokter. Bayangkan jika kita memiliki perangkat yang bisa memantau kesehatan setiap hari, sehingga meminimalisir untuk berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Salah satu perangkat yang dimaksud adalah Samsung Galaxy Watch4.

Jumlah kunjungan rawat jalan ke rumah sakit, berdasarkan data satu rumah sakit di Kabupatern Bogor, pada 2019 bisa mencapai 58.352 kali. Ini merupakan Open Data dari Pemprov Jawa Barat yang merujuk pada Rumah Sakit Umum Mary Cileungsi Hijau. Bayangkan dari jumlah kunjungan sebesar itu per tahun, ini artinya setiap hari ada 162 pasien yang berkunjung.

Untuk satu kunjungan rawat jalan saja dibutuhkan biaya yang cukup besar. Tak hanya ongkos transportasi, biaya pendaftaran, sampai biaya konsultasi untuk dokter, yang dibedakan antara dokter umum di kisaran Rp150 ribu, dokter spesialis yang berkisar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu, sampai dokter profesor yang biaya konsultasinya bisa mencapai Rp500 ribu di rumah sakit besar.

galaxy watch4
Samsung Galaxy watch4 (foto: Sarie)

Dengan perangkat pemantau kesehatan yang bisa diandalkan, seperti Samsung Galaxy Watch4, kita bisa menjaga kesehatan sehingga mencegah kunjungan ke dokter atau rumah sakit, dan tentunya menghemat pengeluaran untuk berobat. Dengan perangkat tersebut, kita bisa memperbaiki pola hidup yang secara otomatis bisa meningkatkan kewaspadaan kita terhadap kesehatan diri.

Lalu, mengapa harus Samsung Galaxy Watch4? Karena hanya jam tangan pintar dari perusahaan Korea Selatan itu yang memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

Bioactive Sensor

Pemantauan kondisi tubuh bisa dilakukan setiap waktu dengan Samsung Galaxy Watch4. Hal ini dimungkinkan berkat adanya bioactive sensor yang ada di dalam perangkat tersebut. Samsung BioActive Sensor terbaru memungkinkan pengguna untuk memantau kesehatan dengan lebih lengkap. Seri Galaxy Watch4 kini hadir dengan fitur kebugaran holistik dengan sensor 3-in-1. Ketiga sensor kesehatan ini adalah Optical Heart Rate, Electrical Heart, dan Bioelectrical Impedance Analysis. Dengan demikian, pengguna bisa memantau tekanan darah, mendeteksi detak jantung AFib yang tidak teratur, mengukur kadar oksigen dalam darah, dan menghitung body composition.

galaxy watch4
Bisa mendeteksi indeks massa tubuh di smartwatch.

Artinya, sensor pada Galaxy Watch4 bisa mengukur mulai dari pengecekan detak jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, elektrokardiogram (EKG), dan untuk pertama kalinya mampu memantau komposisi tubuh seperti kadar air hingga lemak tubuh.

Body Composition

Pembaruan berikutnya pada Galaxy Watch4 adalah hadirnya fitur Body Composition Target. Kini, paradiva bisa mengatur target dari berbagai elemen komposisi tubuh, mulai dari berat badan hingga kadar lemak, sekaligus mendapat tips dan pengingat tiap harinya yang memotivasi mencapai target yang dicanangkan. Berkat Body Composition Target, paradiva bisa menghubungkan target komposisi tubuh dengan workout routine, termasuk dengan kegiatan lari. Jadi, kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari rutinitas kamu dalam berolahraga dengan target yang lebih komprehensif dan detail.

galaxy watch4
Samsung Galaxy Watch4 (Foto: Sarie)

Sebelumnya, dibutuhkan alat yang besar dan mahal yang biasanya tersedia di pusat kebugaran atau fasilitas kesehatan untuk mengukur komposisi tubuh. Namun dengan Galaxy Watch4, pengukuran komposisi tubuh menjadi lebih terjangkau dan mudah, dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Fitur body composition menyajikan informasi seperti body mass index, basal metabolic rate, kadar air dalam tubuh, massa lemak, massa otot, hingga persentase lemak tubuh. Insight ini akan memudahkan kamu untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan intensitas olahraga sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Body Composition digunakan untuk mengukur berat otot tulang (skeletal muscle) dan lemak dalam tubuh, tingkat metabolisme basal, dan kadar air. Pengguna bisa memeriksa body composition dari pergelangan tangan hanya dengan dua jari. Dalam waktu sekitar 15 detik, sensor jam tangan akan menangkap 2.400 poin data.

Sleep Tracker

Fitur lain yang tidak kalah canggih adalah Sleep Tracker. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan insight terkait tidur yang berkualitas. Apalagi sekarang fitur pelacak tidur telah diperbarui dengan Sleep Coaching untuk membantu mengembangkan kebiasaan tidur pengguna lebih baik. 

Galaxy Watch4

Sleep Coaching akan melacak pola tidur selama tujuh hari dan menyelesaikan dua survei tidur terkait. Program menetapkan satu dari delapan hewan simbol tidur yang mewakiliki jenis tidur kamu.Sleep Coaching disusun berdasarkan chronotypes atau ritme sirkadian alami seseorang. Terdapat delapan chronotypes yang digunakan, yaitu singa, landak, penguin, tikus tanah, rusa, buaya, hiu, dan anjing laut.

Setelah melacak pola tidur pengguna selama seminggu dan menyelesaikan survei tidur, Sleep Coach akan mengidentifikasi kualitas tidur yang direpresentasikan salah satu jenis hewan tersebut. Program Sleep Coach kita diarahkan pada program yang lebih dipersonalisasi selama 4–5 pekan. Untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik kita akan diajak menyelesaikan misi harian, bermeditasi, maupun menghindari tidur siang.

LTE

Samsung Galaxy Watch4, khususnya seri Classic, dibekali dengan kemampuan selular berbasis LTE. Pengguna bisa mendapatkan bundling khusus Smartfren eSIM dengan Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE. Kartu SIM digital ini membuka peluang supaya pelanggan lebih mudah mengakses layanan telekomunikasi terbaik tanpa kartu fisik, dan mengoptimalkan fitur terbaik Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE. Mulai dari melakukan panggilan telepon VoLTE, hingga mengirim pesan teks; tanpa smartwatch tersebut harus berada di dekat smartphone.

Samsung Galaxy Watch4 Classic LTE hadir di Indonesia dengan spesifikasi antara lain watchface 46 mm, layar 450 x 450 piksel Super AMOLED, RAM 1,5 GB, dan memori internal 16 GB. Lewat paket bundling ini, pelanggan bisa mendapatkannya lengkap dengan kuota melimpah, total 90 GB dan gratis telepon sepuasnya ke sesama Smartfren, dengan masa aktif selama 12 bulan sehingga tidak perlu sering isi ulang pulsa. Lebih dari itu, pelanggan juga mendapat gratis telepon 30 menit ke operator lain.

Harga Galaxy Watch4

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm. Hingga 31 Maret 2022, pembelian Galaxy Watch4 Classic di situs resmi Samsung, berkesempatan memperoleh cashback sebesar Rp200.000.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green;
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini