Review Samsung Galaxy A23: Desain Cerah, Memori Luas dan Foto Portrait Ok

0
311
Review Samsung Galaxy A23

Gadgetdiva.id — Review Samsung Galaxy A23 kami buat setelah dua pekan dipinjamkan smartphone tersebut. Perangkat ini menjadi salah satu dari sekian banyak smartphone yang diluncurkan perusahaan asal Korea Selatan itu. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp3 jutaan namun memiliki performa yang serba berlebihan.

Dari sisi desain, warna yang dihadirkan Samsung Galaxy A23 ini memang terbilang cerah, cocok dengan target penggunanya, yakni anak-anak muda yang energik. Selain itu memorinya juga luas. Yang terpenting, empat kamera yang diusungnya bisa menghasilkan foto yang menarik.

Selama dua minggu kami mencoba menjajal smartphone cerah ini. Berikut hasil review kami yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menghabiskan THR kamu pekan ini.

Review Samsung Galaxy A23 : Desain

Seperti baju, smartphone pun menjadi salah satu unsur fashion yang mendukung keseharian kamu. Oleh karena itu, warna sangat berpengaruh pada mood penggunanya. Inilah manfaat dari warna-warna cerah yang diadopsi oleh Samsung Galaxy A23. Meski bodi belakangnya terbuat dari plastik, namun warna cerahnya dibuat lebih glossy sehingga terkesan berharga.

Review Samsung Galaxy A23

Di bodi belakang terdapat empat kamera dan sebuah lampu flash LED. Sejatinya, lampu flash tersebut bisa dijadikan sumber pencahayaan untuk memotret di kondisi kurang cahaya. Namun bisa juga menggunakan fitur night mode. Tiga kamera besar yang berjejer dari atas.

Di samping kiri terdapat slot untuk dual sim card dan sebuah microSD, sedangkan di sisi seberang ada tombol volume dan sebuah tombol on/off. Di bagian bawah ada lubang headphone, port charger USB Type C dan enam lubang kecil untuk tempat keluar suara.

Warna peach dari Galaxy A23 yang kami gunakan memang cukup menarik dilihat dari belakang, terutama karena finishing glossy-nya sehingga membuat warna jadi lebih blink-blink. Namun seperti kebanyakan bodi plastik glossy lainnya, permukaannya licin dan kerap meninggalkan sidik jari. Tapi, warnanya membuat hari-hari kami menjadi lebih bersemangat dan enerjik.

Layar

Dibekali dengan teknologi layar Full HD+ dengan ukuran 6,6 inci. Samsung merupakan jaminan untuk tampilan layar yang cerah dan berkualitas. Meski dibekali dengan desain layar jadul, yakni waterdrop notch, namun penyajian konten di layar tidak mengecewakan.

Layar Galaxy A23 4G ini juga sudah terproteksi Gorilla Glass 5, sekaligus melindungi kamera 8MP f/2.2 di depan. Layar itu juga membawa refresh rate 90Hz untuk membuat tampilan lebih smooth saat di scroll. Mata menjadi dimanjakan dengan tampilan yang luas dan utuh, tentunya dengan gambar yang jernih.

Untuk bisa menikmati kemulusan tampilan layar, kita bisa mengaturnya lebih dulu di Pengaturan, lalu masuk ke Tampilan. Di situ ada pilihan Kemulusan Gerakan. Ada dua opsi, yakni Adaptif dan Standard. Jika Adaptif, maka layar akan menyesuaikan penyegaran secara otomatis. Jika smartphone digunakan untuk hal-hal yang tidak terlalu berat, maka refresh rate layar akan diturunkan, begitu sebaliknya. Kenaikan refresh rate layar akan maksimal di 90Hz. Sedangkan untuk pengaturan Standar, masa pakai baterai dipastikan akan lebih lama karena tingkat penyegaran hanya 60Hz.

Saat kami review Samsung Galaxy A23, layar juga bisa diatur menjadi mode gelap, membuat background smartphone menjadi serba hitam. Hal ini bisa berguna untuk melindungi mata. Jika mode gelap dirasa kurang untuk melindungi mata, ada Perisai Kenyamanan Mata yang bisa diaktifkan, yakni dengan membatasi cahaya biru. Konon, kabarnya, penggunaan fitur ini membuat pengguna lebih mudah tertidur di malam hari.

Kamera

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamera yang diusung Samsung Galaxy A23 adalah empat kamera. Ketika beberapa vendor smartphone mulai banyak yang menggunakan hanya tiga sensor kamera saja, Samsung tetap menyematkan empat sensor berbeda untuk smartphone kelas entrinya.

Di belakang, sensor utamanya beresolusi 50MP dengan OIS yang memungkinkan mengambil foto tanpa shake. Ditemani tiga sensor lainnya (ultra wide-angle 5MP, 2MP makro, 2MP portrait). Selain bisa memfoto Portrait, tersedia beberapa fitur di dalam kamera tersebut, yakni Mode Pro. Panorama, Foto Makanan, NIght Mode, Makro dan Slow Motion.

Berikut hasil foto dari kamera review Samsung Galaxy A23.

Review Samsung Galaxy A23
Foto Makro
Review Samsung Galaxy A23
Night Mode
Review Samsung Galaxy A23
Foto Malam hari tanpa Night Mode
Review Samsung Galaxy A23
Photo
Review Samsung Galaxy A23
Portrait
Review Samsung Galaxy A23
Selfie
Review Samsung Galaxy A23
Ultra-Wide Angle
Review Samsung Galaxy A23
Wide Angle

 

Untuk video, perangkat Samsung ini bisa merekam gambar bergerak dengan format FHD 30 frame per second.

Fitur Unik di Samsung Galaxy A23: Review Samsung Galaxy A23

Salah satu fitur unik di Pengaturan Samsung Galaxy A23, yang kami temukan saat review Samsung Galaxy A23, adalah Panel Edge. Saat diaktifkan, layar akan siap menampilkan hal yang diinginkan, berjejer dari atas ke bawah, di sisi kanan layar. Panel Edge ini bisa diatur, apakah ingin menampilkan aplikasi favorit, kontak yang ada di smartphone, Tugas, Cuaca, Alat, Reminder, atau Clipboard.

Untuk mengaktifkannya, tinggal masuk ke Pengaturan. Lalu masuk ke Tampilan, scroll ke bawah sampai ketemu menu Panel Edge. Sentuh fitur Panel Edge sampai berubah menjadi biru. Jika ingin mengkostumisasinya, sentuh Panel Edge maka semua pengaturan untuk panel sisi itu terdapat di sana semua.

Tujuan utama dari Panel Edge ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengoperasikan aplikasi dengan cepat, terutama dengan menggunakan satu tangan saja untuk membukanya. Panel Edge ini juga ramah untuk pengguna kidal karena bisa diubah posisinya, mau di kanan atau kiri.

Review Samsung Galaxy A23: Performa

Samsung tak menyebutkan secara gamblang seri chipset yang digunakan, selain gunakan arsitektur octa-core hingga 2.2GHz, plus RAM hingga 8GB dan ROM 128GB. Namun di beberapa uji benchmark, terlihat jika prosesor yang digunakan Galaxy A23 adaah Snapdragon 680 buatan Qualcomm

Memiliki ketebalan 8,8mm, Samsung Galaxy A23 dilengkapi dengan baterai besar 5,000 mAh. Tak hanya itu, dukungan pengisian dayanya pun meningkat, menjadi hingga 25W alias sama seperti varian paling rendah dari Galaxy S22. Lengkap dengan port USB-C dan ketersediaan jack audio 3,5mm tentunya. Dengan baterai sebesar itu, smartphone bisa tahan sampai 2 hari. Selain itu, ada juga Adaptive Power Saving Mode yang memastikan konsumsi baterai makin efisien, jadi kamu bisa tetap produktif dengan smartphone kamu sepanjang hari.

Ada OneUI 4.1 yang diusung smartphone ini. Termasuk di dalamnya adalah fitur RAM Plus yang memungkinkan pengguna untuk menambah memori RAM di perangkat dengan mengandalkan internal memori yang ada. RAM Plus memungkinkan pengguna untuk menambah memori dari 2GB, 4GB sampai 6GB.

Kesimpulan dari Review Samsung Galaxy A23

Tak ada yang lebih baik lagi selain smartphone dengan harga terjangkau dan desain yang bisa meningkatkan mood penggunanya. Smartphone Samsung Galaxy A23 sangat cocok untuk Gen Z yang butuh smartphone untuk melengkapi gaya fashion sehari-hari. Hasil kameranya juga tidak jelek-jelek amat, apalagi foto Portrait yang diusungnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini