Review realme 9 4G : Kamera 108MP yang Amazing

0
200
review realme 9 4g

Gadgetdiva.id — Review realme 9 4G. Perangkat ini hadir menyusul kakaknya di Indonesia, realme 9 Pro untuk meramaikan bursa jualan vendor smartphone di tanah air jelang THR cair. Tak hanya soal 5G, realme juga merasa masih banyak pengguna yang membutuhkan 4G di Indonesia. Maka dari itu mereka mencoba menawarkan realme 9.

Dengan mengusung desain seperti smartphone pada umumnya, fitur di perangkat tersebut juga tidak kalah dengan apa yang ada di realme 9 Pro. Apalagi, fitur kamera, yang paling diminati para pengguna smartphone, memiliki fitur yang sangat spesial, yakni resolusi 108MP. Ini merupakan yang pertama, ponsel harga Rp2 jutaan memiliki kamera utama resolusi 108MP.

review realme 9 4g

Kami mencoba review realme 9 4G tersebut dan menjajal kamera 108MP yang disemat di dalamnya. Lumayan, bisa menambah rekomendasi paradiva untuk membeli smartphone jelang THR dan bisa menemani lebaran nanti.

Desain

Desain dan modul kamera di belakang realme 9 4G ini merupakan daya tarik utamanya. Apalagi meteor black yang kami review kemarin. Hitam merupakan warna netral untuk siapa saja. Namun tak sekedar hitam, tapi juga dibuat finishing mengkilap atau glwoing sehingga kilauannya terlihat saat terkena sinar matahari.

review realme 9 4g

hanya 7,99mm dengan bobot 178 gram. Mudah dibawa maupun dimasukkan ke kantong, sekaligus nyaman dalam genggaman. Meski bingkai atau frame dibuat flat, bagian kiri dan kanan bodi belakang tetap diberikan sedikit lengkungan. Permukaannya sendiri dibuat matte, sayangnya masih bisa sedikit menangkap bekas sidik jari. Desainnya mengusung Ripple Holographic Design, terlihat seperti gelombang ombak yang berubah-ubah sesuai penangkapan cahaya sekitar. Mirip pola 3D.

Ada 3 modul kamera dengan satu flash LED. Dua kamera berukuran besar dan satu kecil. Sebagai penegasan, realme menyematkan tulisan 108MP Camera agar para calon pembeli tahu jika kamera tersebut memiliki resolusi yang besar. Di sisi kiri disematkan slot dual sim card dan satu slot memory card bersamaan dengan dua tombol volume. Sedangkan di seberangnya bertengger sendirian tombol aktivasi. Untuk port charger USB Type C, lubang headphone dan speakers berada di sisi bawah.

Layar

review realme 9 4g

Ketika kami review realme 9 4G, layarnya dilengkapi panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Selain resolusi yang sudah mencapai full HD+, refresh rate maksimum juga sudah mencapai 90Hz, sekaligus bersifat adaptif untuk menghemat konsumsi daya. Touch sampling rate 360Hz memastikan pergerakan layar sesuai dengan jari pengguna.

AMOLED merupakan jaminan dari kualitas layar yang jernih. Tak hanya memberikan warna dan kontras yang tinggi, tapi juga akurat. Ada sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya bisa streaming berkualitas HD, membuat pengalaman menonton menjadi lebih jernih, dan nyaman di mata tentu saja.

Untuk menjaga mata agar bisa berlama-lama menatap layar, paradiva bisa mengaktifkan fitur Eye Comfort. Perangkat akan mengurangi cahaya biru yang dipancarkan layar. Hasilnya, warna layar akan sedikit menguning. Namun mata tetap terjaga keamanannya.

realme 9 4G memiliki kecerahan bisa mencapai 1,000 nits bila diperlukan, sehingga tak ada masalah untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Terlindung oleh Gorilla Glass 5, kecerahan layarnya juga bakal menyesuaikan kondisi pencahayaan hingga 10,240 tingkatan. Di balik kaca layar, juga disematkan sistem pengamanan yang canggih.

Kamera

review realme 9 4g

realme 9 4G hadir membawa salah satu sensor terbaru dari Samsung, yakni ISOCELL HM6. Dibandingkan generasi sebelumnya, sensor ini bisa berikan kecepatan fokus lebih cepat, sekaligus mendukung teknologi Nonapixel Plus 9-in-1. Penjelasannya, sensor utama realme 9 4G bisa menggabungkan 9 piksel individu menjadi satu piksel berkualitas, mampu tangkap cahaya jauh lebih banyak sekaligus reduksi noise yang juga didukung oleh teknologi smart ISO.

Dengan sensor 108MP, kamu bisa menangkap foto dalam resolusi 108MP, maupun memanfaatkan benefit lain seperti 3x in-sensor zoom. Resolusi besar menghadirkan ukuran file yang besar pula. Hasil foto akan menghadirkan kualitas 12000 x 9000 piksel. Dan foto tersebut tidak bisa dibuka atau diedit hanya dengan menggunakan aplikasi Paint. Berikut hasil foto 108MP saat kami review realme 9 4G :

review realme 9 4g
Hasil foto 108MP
review realme 9 4g
Hasil foto 108MP

Dua kamera lainnya, dibekali sensor 8MP ultra wide-angle pada realme 9 4G punya karakteristik yang halus hampir di segala kondisi. Sementara sensor 2MP makro bisa dimanfaatkan untuk tangkap objek kecil, asal pencahayaan cukup. Sedangkan kamera selfie memiliki resolusi 16MP.

Berikut hasil foto selfie portrait saat kami review realme 9 4G :

review realme 9 4g
Selfie Portrait

Fitur di kamera realme ini cukup lengkap. Tak hanya foto dan video serta night mode, ada juga portrait, mode pro, panorama, ultra makro, movie, slow motion, time lapse, text scanner dan Tilt Shift. Salah satu yang menarik adalah fitur Street Photography yang sudah ditingkatkan menjadi generasi 2.0. Ada informasi lensa dalam satuan milimeter di tiap sensornya. Ada pintasan untuk atur fokus manual, mengubah rasio foto serta filter-filter menarik yang bisa diterapkan langsung.

Hasil foto review realme 9 4G:

review realme 9 4g
Hasil foto Portrait
review realme 9 4g
Hasil foto Portrait
review realme 9 4g
Photo tanpa 108MP
review realme 9 4g
Night Mode
review realme 9 4g
makro

Untuk merekam gambar bergerak, bisa menghasilkan video format esolusi 1080p 30fps baik dari kamera depan maupun belakang. Pada kamera belakang, diberikan opsi filter menarik untuk hanya tampilan warna merah/hijau/biru, sementara kamera depan bisa terapkan AI beautification—namun resolusi turun ke 720p. Sayang, tak ada fitur stabilisasi kamera.

Cara memotret menggunakan mode Street Photo

Street Photo disebut sebagai fitur favorit dari realme fans. Mampu membantu para pengguna untuk mendapatkan hasil foto jalanan yang estetik. Caranya hanya dengan masuk ke menu STREET di kamera, yang posisinya terletak di urutan kedua dari kiri.

Di sini, kita bisa memainkan zoom in dan out karena realme 9 4G membekalinya dengan 3 ukuran lensa, yakni 16mm untuk menjauhkan bidikan objek, 24mm untuk mendekatkan sedikit, dan 50mm untuk membuat objek mendekat.

Jangan lupa untuk memilih lebih dulu filter yang akan diterapkan dalam foto. Ada 10 pilihan filter, termasuk original foto itu sendiri. Ada lagi filter 90’s Pop, B&W, Cyberpunk, Astral sampai Dazzle. Gadgetdiva lebih suka menggunakan filter Flamingo, menciptakan sebuah gambar jalanan yang seolah jadul, hasil tangkapan dari sebuah kamera film.

Performa

Saat kami review realme 9 4G, dapur pacu perangkat ini ternyata dipersenjatai dengan prosesor dari Qualcomm, Snapdragon 680. Di dalamnya diperkuat dengan grafis Adreno 610. Meski mengusung user interface kustom yakni realme UI 3.0, sistem ooperasinya dibekali Android 12. Banyak pilihan untuk varian memori di perangkat ini. Ada RAM/ROM 6GB/128GB atau 8GB/128GB.

Baterainya tergolong besar, yakni 5000 mAh. Jika dipadukan layar AMOLED dan prosesor SD 680, daya tahan baterai realme ini tidak diragukan lagi. Aman digunakan seharian penuh, atau sampai dua hari sejal pengecasan selesai. Pengisian dayanya juga tergolong cepat lewat adapter 33W Dart Charge. Dalam waktu 30 menit saja, sudah bisa mencapai lebih dari 50%. Sementara untuk pengisian sampai penuh membutuhkan waktu kisaran 80 menit.

Kesimpulan dari Review realme 9 4G

realme 9 4G memiliki performa yang cukup untuk dijadikan andalan kamu berpindah dari 3G ke 4G. Apalagi saat ini, jaringan 3G akan dimatikan dan sudah saatnya kamu merasakan kecepatan layanan 4G. Apalagi kamera di dalam smartphone ini bisa diandalkan baik untuk memotret di malam hari, atau berkreasi dengan Street Photography.

Hanya dengan Rp2 jutaan, paradiva sudah bisa memiliki smartphone dengan kemampuan kamera 108MP dan baterai yang memiliki daya tahan lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini