Google Rilis Beta Publik Pertama Android 13

0
105
Android 13 Beta 2

Gadgetdiva.id — Google akhirnya merilis beta publik pertama Android 13. Sistem operasi ini hanya baru dapat digunakan oleh penggulan Pixel 4 dan varian Pixel lainnya, mencakup flagship dan model A yang terjangkau.

Android 13 versi beta hadir dengan satu tampilan pengguna dan beberapa pembaruan yang berfokus pada pengembang. Satu-satunya fitur baru yang harus diperhatikan pengguna ialah sistem izin yang lebih terperinci untuk aplikasi.

Android 13

Dalam Android 13 versi beta, aplikasi tak akan lagi meminta izin menyeluruh pada akses file yang disimpan secara lokal. Sebaliknya, sistem operasi hanya akan mendapatkan akses ke file yang relevan dengan fungsinya.

Android 13 membagi akses file di audio, video dan foto untuk memberi akses penyimpaanan ke aplikasi. Misalnya, aplikasi pencampuran musik hanya akan meminta akses ke file audio yang disimpan pada ponsel dan bukan berupa gambar atau video.

Fitur ini mungkin tak tampak terlalu intuitif, namun memiliki implikasi privasi yang berarti. Pembaruan tipis pada perubahan yang dihadapi pengguna, namun menggabungkan semua tweak yang datang dengan pembaruan Developer Prieview sebelumnya.

Android 13

Namun, ada beberapa fitur tersembunyi yang belum didokumentasikan dalam posting blog Google. Seperti, Android 13 Beta 1 akan memungkinkan pengguna secara manual menyesuaikan resolusi layar antara QHD+ dan FHD+ pada ponsel yang kompatibel. Pengalih profil pengguna sekarang memiliki UI layar penuh, sedangkan taskbar akan menampilkkan baris khusus untuk prediksi.

Pembaruan juga menambahkan ikon khusus untuk mode getar pada status bar. Tweak UI yang keren telah dibuat pada pemutar media. Yang mana menunjukkan kemajuan sebagai bentuk gelombang berlekuk-lekuk untuk bagian media yang telah diputar. Sedangkan, sisanya muncul sebagai garis lurus.

Menggunakan Android 13 pada Smartphone Pixel

Jika Paradiva memiliki smartphone Pixel yang kompatibel dan ingin mencoba penglamaan Android 13, kamu dapat membuka laman pendaftaran resmi dan daftarkan ponsle kamu. Setelah terdaftar, Android 13 Beta 1 akan tersedia untuk diunduh sebagia pembaruan over-the-air.

Namun, jangan menginstalnya pada perangkat daily driver, kecuali kamu dapat hidup dnegna perangkat lunak yang belum selesai. Yang mana menyajikan bug random dan masalah.

Android 13

Google juga telah meirlis file Generic System Images (GSI) untuk Android 13. Dimana memungkinkan pengembang untuk instal versi beta publik pertama dari sistem operasi ini pada ponsel non-Pixel.

File GSI divalidasi oleh Pixel dan dapat diinstal pada ponsel yang mendukung Project Treble. Namun, ada banyak batasan dan secara eksklusif ditargetkan untuk pengembang dalam menguji aplikasi.

Singkatnya, hindari ini kecuali jika kamu mendalami pengembangan dan pengujian aplikasi Android pada perangkat yang tidak terkunci bootloader.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini