Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 50MP, Desain Kokoh, Layar 120Hz

0
640
Galaxy M33 5G
Samsung Galaxy M33 5G (foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Gadgetdiva.id — Samsung Galaxy M33 5G telah diperkenalkan. Samsung memperkenalkan beberapa smartphone seri M, salah satunya adalah M33 5G. Harganya memang cukup terjangkau dengan spesifikasi yang sangat keren. Banderolnya kurang dari Rp4 jutaan untuk varian RAM/ROM 6GB/128GB.

Galaxy M33 5G hadir dengan baterai 5.000mAh yang tahan lama, prosesor Exynos 1280 Octa-Core fabrikasi 5nm yang bikin hemat konsumsi daya baterai, dan layar 6,6 inci beresolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz yang smooth buat dukung kamu scrolling maupun streaming. Tidak hanya RAM yang besar, tapi juga bisa ditambah lagi sampai 8GB.

Galaxy M33 5G
Samsung Galaxy M33 5G (foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Yang menarik dari seri M ini, warnanya agak redup ketimbang seri A yang cerah. Kebetulan kami mendapatkan perangkat Galaxy M33 5G dengan warna cokelat, walaupun ada juga warna biru dan hijau. Berikut hasil review Gadgetdiva.id:

Desain

Samsung Galaxy M33 5G memang terlihat cukup tebal. Hal ini karena memang dimensinya yang juga cukup berbobot dengan ukuran 165.4 x 76.9 x 9.4 mm sehingga saat digenggam, tangan terkesan penuh. Apalagi beratnya hampir 200 gram, bayangkan jika berada di tangan dan selalu ditenteng kemana-mana.

Desainnya cukup simpel, dengan asesoris lubang empat kamera dalam sebuah rumah berbentuk kotak di bagian bodi belakang. Di bawahnya ada sebuah lubang kecil berisi lampu flash LED untuk menerangi objek saat sedang dibidik dalam suasana kurang cahaya. Finishing matte-nya membuat tidak mudah terkena jejak sidik jari sehingga kebersihannya akan tetap terjaga selalu.

Galaxy M33 5G
Samsung Galaxy M33 5G (foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Jika layar dihadapkan ke atas, kita bisa melihat tombol aktivasi di sisi kanan layar yang bersebelahan dengan tombol volume. Yang menarik, tombol on/off tersebut juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Artinya, buka tutup layar ponsel bisa dilakukan dalam hitungan detik usai pengguna menempelkan jempol ke tombol tersebut. Namun penyimpanan data sidik jari harus dilakukan terlebih dahulu di menu Pengaturan Biometrik.

Di seberang tombol volume dan aktivasi, tepatnya di sebelah kiri layar, terdapat slot dual sim card dengan memori internal microSD. Di bagian bawah cukup dengan enam lubang speaker, port USB Type C dan sebuah port untuk kabel earphone.

Layar

Galaxy M33 5G dibekali dengan layar Infinity-V Display dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang membuatnya lebih responsif, bikin motion pada layar jadi lebih smooth untuk menghadirkan visual yang lebih nyata saat bermain game. Untuk menghemat baterai, refresh rate bisa diturunkan menjadi 60Hz saja.

Galaxy M33 5G
Samsung Galaxy M33 5G (foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Selain itu ukuran layar yang lapang, yaitu 6,6 inci dengan resolusi FHD+ memberikan kualitas gambar yang jernih dan semakin memuaskan mata. Dengan begitu, paradiva bisa lebih fokus bahkan menghidupkan suasana dan imajinasi seakan masuk ke dalam game, atau bisa melihat wajah Oppa dan Eonni di drakor dengan sangat jelas.. Tak ketinggalan, saat bosan bermain game dan butuh hiburan konten receh di TikTok maupun podcast gaming seru di YouTube, Galaxy M33 5G memiliki rasio layar 20:9 sehingga dapat memberikan tampilan visual yang lebih pas untuk menonton video di YouTube maupun menonton konten TikTok series sampai puas.

Ada satu fitur yang menarik untuk menambah cantik layar saat terima notifikasi. Namanya Edge Lighting. Di sini, para diva bisa mengkostumisasi tampilan notifikasi yang masuk. Lengkap dengan ornamen dan warna yang berbeda. Misalanya pendar seperti kembang api, atau hati, atau gelembung.

Masuk ke menu Pengaturan, lalu ke Pemberitahuan, pilih Pengaturan Pop-up Singkat. Lalu masuk ke Gaya Edge Lighting. Ada enam pilihan Efek tampilan notifikasi dalam menu tersebut. Ada Gelembung, Hati, Kembang Api, gerhana, Gema, dan Lampu Sorot. Selain itu, warna efek juga bisa diubah sesuai dengan keingiinan. Kemudian transparansi dan durasi juga bisa ditentukan untuk tampilan efek yang lebih lama.

Selain itu, notifikasi bisa di kostumisasi juga sesuai dengan kata kunci. Kata kuncinya bisa nama kontak, atau kandungan kata yang ada di dalam pesan tersebut. Misalnya nama kontak pacar atau suami paradiva. Notifikasinya bisa diubah warna sehingga paradiva bisa langsung tahu siapa yang mengirim notifikasi tanpa harus melihat nama pengirim.

Galaxy M33 5G
Samsung Galaxy M33 5G (foto: Sarie/Gadgetdiva.id)

Kamera Galaxy M33 5G

Galaxy M33 5G bisa jadi smartphone andalan yang didukung dengan kekuatan quad camera di bagian belakang untuk hasil foto dan video yang lebih detail dan jernih. Main camera 50MP menghasilkan foto dan video dengan resolusi tinggi secara instan sehingga kamu bebas berkreasi bikin konten gaming sesuai gayamu di YouTube hingga TikTok.

galaxy m33 5g
Photo
galaxy m33 5G
night mode

Galaxy M33 5G juga dilengkapi dengan ultra wide camera 8MP yang memungkinkan kamu mengambil gambar hingga 123° jadi kamu bisa mengabadikan lebih banyak objek ke dalam frame, fitur ini cocok buat kamu yang mau bikin konten buat pamerin gaming room kamu yang super canggih secara keseluruhan dan review perlengkapan gaming kamu.

galaxy m33 5G
Makro
galaxy m33 5G
makro
galaxy m33 5G
Food

Untuk menambah kesan dramatis sebagai thumbnail konten review gaming room kamu dengan menampilkan foto yang ditambahkan efek blur yang lebih rapi untuk membuat foto portrait kamu bisa menggunakan depth camera 2MP.

galaxy m33 5G
Selfie
galaxy m33 5G
Potrait Selfie

Selain itu, kamu juga bisa selfie menggunakan kamera depan 8MP untuk hasil yang memukau. Setelah itu, gunakan fitur Fun Mode yang memberikan berbagai pilihan filter lucu. Jadi, paradiva bisa makin kreatif mengekspresikan diri lewat konten. Fun Mode harus digunakan dengan koneksi jaringan yang aktif karena semua efek tersebut diambil dari aplikasi Snapchat.

Menu lainnya di kamera adalah mode pro yang memiliki lebih banyak fitur ketimbang seri A di bawahnya, Single Take, Panorama, Super Slo-mo, slow motion, dan Hyperlapse.

Performa Galaxy M33 5G

Galaxy M33 5G hadir dengan baterai 5.000 mAh yang bisa tahan hingga 2 hari dan kompatibel dengan Super Fast Charging 25W. Dibekali memori 6GB/128GB dan 8GB/128GB yang juga didukung RAM Plus hingga internal memori 128GB. RAM Plus bisa menambahkan memori hingga 6GB untuk varian RAM 6GB, jadi total RAM bisa sampai 12GB, Dan penambahan 8GB untuk Galaxy M33 5G versi RAM 8GB, sehingga total RAM-nya bisa sampai 16GB.

Lalu, dengan ruang penyimpanan 128GB yang bisa ditambah hingga 1TB, kamu bisa download lebih banyak aplikasi dan menyimpan berbagai file, foto, dan video tanpa khawatir memori akan cepat habis.

Galaxy M33 5G juga ditenagai Exynos 1280 (5nm) yang memberi performa maksimal di tiap pengoperasian smartphone tanpa lag. Kamu bisa bebas multitasking menggunakan berbagai aplikasi sekaligus hingga menjalankan aplikasi game favorit. Galaxy M33 5G tentunya juga turut didukung dengan konektivitas mutakhir 5G untuk koneksi yang serba lebih cepat.

Kesimpulan

Sejatinya, desain kokoh, layar 120Hz, baterai 5000 mAh dan prosesor octa-core merupakan perpaduan yang sempurna untuk menjadi perangkat andalan para gamers. Selain fokus gaming, saat ini banyak juga mereka yang aktif membuat konten di YouTube. Bahkan paradiva juga bisa mabar dan belajar banyak skill-skill gaming untuk kemudian bisa mulai bikin YouTube gaming sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini