Android 13 Beta 2 Resmi Hadir, Berikut Daftar Smartphonenya

0
88
Android

Gadgetdiva.id — Google baru saja meluncurkan Android 13 versi beta terbaru. Berikut adalah daftar smartphone yang bakal dapatkan Andorid 13 Beta 2.

Sebelumnya, Google telah meluncurkan Android 13 Beta 1 pada bulan April lalu. Kini, perusahaan dikabarkan meluncurkan Android 13 Beta 2 secara resmi pada Kamis (12/5) kemarin.

Sejumlah rodusen smartphone asal China, termasuk Xiaomi, OPPO dan realme diumumkan bahwa model mereka akan mengadopsi sistem operasi dari Android 13 Beta 2 tersebut. Ambil contoh, Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro, Xiaomi Pad 5 dan Redmi K50 Pro dukung Android 13 Beta yang gratis untuk digunakan oleh pengembang mereka. Pengembang sekarang dapat menggunakan model ini untuk merasakan Developer Preview Program dari Android 13.

Andorid 13 Beta 2

realme GT2 Pro juga dikabarkan akan mendapatkan akses awal untuk Android 13. Setelah sebelumnya, smartphone tersebut merupakan salah satu ponsel yang merasakan Android 12 Beta 1 lalu.

Android 13 Beta 2 sendiri merupakan preview yang menargetkan pengembang. Serta, versi resmi akan diperbarui pada paruh kedua tahun ini.

OPPO sendiri mengumumkan pada hari Rabu (10/5) bahwa ColorOS Developer Preview akan berbasis pembaruan Google Android 13 Beta 1. Kini, telah hadir untuk model smartphone OPPO seperti Find X5 Pro, Find N dan OnePlus 10 Pro.

Menurut pengenalan resmi oleh OPPO, versi OPPO Find N harus A16 atau yang lebih rendah sebelum di-update. Pengguna yang ingin menggunakna Android 13 harus mencadangkan data smartphone mereka sepenuhnya ke layanan cloud atau komputer sebelum memutakhirkan untuk menghindari kehilangan data.

Pembaruan dalam Android 13

Android 13 Beta 2 menggunakan privacy and security sebagai pembaruan besar. Ada alat pemilihan foto baru yang memungkinkan pengguna membatasi foto dan video yang diakses aplikasi. Daripada memberikan izin untuk melihat seluruh perpusatakaan mereka.

Google juga berencana untuk memperkenalkan halaman pengaturan privacy and security terpadu baru di Android 13 yang memberikan indikator yang jelas terkait status keamanan sambil juga menawarkan saran yang akan meningkatkan keamanan.

Dengan Android 13, Google berencana untuk meluncurkan varian warna yang siap dipakai. Dimana akan menerapkan skema warna di seluruh OS.

Android 13

Dalam hal personalisasi, pengguna Android 13 dapat memiliih prefensi bahasa yang berbeda untuk setiap aplikasi di pengaturan. Fitur baru ini akan berguna bagi kamu yang bisa multibahasa dan menggunakan bahsa tersebut pada situasi tertentu.

Dengan Android 13, Google akan memperkenalkan kemampuan multitasking yang lebih baik untuk tablet melalui taskbar yang diperbarui.

Selain itu, Android 13 akan mendukung fungsi yang lebih interaktif antara smartphone dan berbagai perangkat, seperti televisi, komputer, headphone dan mobil. Misalnya, salah satu fitur baru yang dibawa oleh Android 13 Beta 12 adalah kemampuan untuk menyalin dan menempelkan data dari smartphone ke tablet.

Daftar smartphone yang bakal dapatkan Android 13 Beta 2

Google sendiri memberi pengumuman terkait banyak perangkat non-Pixel yang memenuhi syarat untuk Android 13 Beta. Ponsel tersebut memenuhi syarat untuk program Android 13 Beta dan lebih banyak perangkat lain yang diharapkan dapat ditambahkan.

Android 13 Beta 2
Foto: Realme

Berikut adalah smartphone yang akan dapatkan Android 13 Beta 2.

  1. OnePlus 10 Pro
  2. realme GT2 Pro
  3. vivo X80 Pro
  4. Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi Pad 5
  5. OPPO Find X5 Pro
  6. Asus Zenfone 8
  7. Lenovo P12 Pro
  8. Nokia XR20
  9. AQUOUS sense6
  10. Tecno Camon 19 Pro
  11. ZTE Akson 40 Ultra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini