OPPO Duduki Peringkat Tertinggi di Pasar Smartphone Indonesia

0
Pasar Smartphone Indonesia

Gadgetdiva.id — Pasar smartphone Indonesia mengalami peningkatan sebesar 11,5 persen YoY pada kuartal pertama 2022. Peringkat tertinggi diduduki oleh OPPO.

Peringkat tertinggi pasar smartphone Indonesia ternyata bukan diduduki oleh Samsung, melainkan OPPO. Menurut laporan dari survei Counterpoint Research, vendor tersebut menjadi pemimpin pasar dengan pangsa 22,3%.

Lalu, dilanjutkan dengan Vivo yang berada di posisi kedua pasar smarpthone Indonesia, Samsung menempati posisi ketiga. Sedangkan, Xiaomi dan Realme masing-masing berada di posisi keempat dan kelima teratas selama kuartal pertama 2022.

Pasar Smartphone Indonesia

Pasar Smartphone Indonesia Meningkat 11,5 Persen

Bersamaan dengan OPPO yang berada di peringkat pertama, pasar smartphone Indonesia juga dikabarkan meningkat sebanyak 11,5 persen YoY pada kuartal pertama 2022. Alasan di balik pengingkatan ini adalah pemulihan ekonomi dnegara yang dimulai pada paruh kedua tahun 2021.

Berbeda dengan negara AS dan Eropa, pasar smartphone di Indonesia telah didominasi oleh smartphone kelas menengah di bawah sekitar 3,6 jutaan rupiah. Yakni, dibanjiri oleh OEM asal China seperti OPPO, Vivo, Xiaomi dan realme.

Meski bersaing dengan vendor lainnya, OPPO menjadi kontributor terbesar pada kuartal pertama tahun 2022 dengan pangsa 22,3%, namun keunggulannya atas saingannya Vivo dan Samsung telah menyusut, menurut laporan tersebut. Seri Y dan V Vivo mempertahankan popularitasnya di pasar tingkat rendah dan menengah, serta membantu perusahaan memperoleh 20,6% pasar.

OPPO Duduki Peringkat Tertinggi di Pasar Smartphone Indonesia

Samsung menempati posisi ketiga dalam hal pangsa pasar di Indonesia. Perusahaan mencatat pertumbuhan tahunan 5,1% dengan pangsa pasar 17,7%. Di sisi lain, Xiaomi dan realme merebut posisi keempat dan kelima pasar smartphone Tanah Air dengan pangsa pasar masing-masing 14,3 persen dan 11 persen di kuartal pertama tahun 2022.

“Pasar smartphone Indonesia akan memiliki prospek yang menjanjikan di tahun 2022 mendatang. OEM akan terus meluncurkan model baru, menghadirkan smartphone 5G yang lebih terjangkau dan mendorong penjualan saluran online dengan bermitra dengan portal e-commerce,” kata Febriman Abdillah, senior Counterpoint Research yang dikutip dari Gizmochina.

Pasar Smarpthone Indonesia

Kisaran harga 2-3 jutaan rupiah bisa menjadi segmen smartphone dengan pertumbuhan tecepat. Terhitung dari pasar, tambah Febriman.

Sejak awal tahun 2022, OPPO Indonesia sendiri memang meluncurkan sejumlah smartphone-nya dari berbagai lini seri. Mulai dari seri Reno, hingga seri A. Tak mengherankan jika vendor tersebut dapat menduduki pasar smartphone Indonesia. Yang dapat diartikan perangkat yang mereka luncurkan dapat menjangkau hampir seluruh konsumen Tanah Air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini