Xiaomi Peroleh Paten untuk Kacamata AR

0
Kacamata AR Xiaomi

Gadgetdiva.id — Xiaomi dikabarkan memperoleh paten untuk produk kacamata AR. Kabar tersebut beredar karena adanya permohonan paten untuk kacamata AR Xiaomi yang diajukan oleh perusahaan.

Setelah dikabarkan akan membawa desain kamera mirip Pixel 6 untuk perangkat flip-nya, kini Xiaomi dilaporkan telah memperoleh paten untuk kacamata AR. Menurut data perusahaan China Tianyancha, pengajuan permohonan paten yang diajukan perusahaan untuk kacamata AR Xiaomi telah disetujui hari Selasa (31/5) lalu.

Perusahaan juga turut mengajukan beberapa hal lainnya untuk kacamata AR Xioami selain paten. Terrmasuk frame, temple, power supply, motherboard assembly, waveguide assembly dan circuit assembly.

Secara khusus, power supply pertama kacamata AR Xiaomi di pasang pada main board assembly. Yang mana terpasang pada second temple.

Menjadi Kacamata AR Xiaomi Pertama yang Dibesut

Xiaomi belum pernah merilis produk kacamata AR sendiri. Perusahaan yang berbasis di Beijing tersebut merilis kacamata VR enam tahun lalu, namun tidak memperbarui produk ini karena VR secara bertahap mengalami penurunan peminat.

Menurut data perkiraan terbaru IDC, total investasi dalam AR/VR secara global mendekati 14,67 miliar USD pada tahun 2021. Sementara, akan meningkat menjadi 74,73 miliar USD pada tahun 2026, mewakili tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 38,5%.

Secara khusus, CAGR pasar Cina diperkirakan akan mencapai 43,8% dalam lima tahun ke depan. Peringkat pertama di dunia.

Beberapa perusahaan lain seperti Snap telah membuat kacamata AR mereka sendiri tahun lalu. Snap memang tidak asing dengan hardware. Setelah merilis beberapa versi kacamata pintar Spectacles selama bertahun-tahun. Perangkat selanjutnya bisa berupa kacamata dengan tampilan built-in yang mendukung efek augmented reality.

Apple juga dirumorkan membuat kacamata AR mereka sendiri tahun lalu. Menurut salah satu prediksi dai Ming-chi Kuo, Apple tidak hanya akan memiliki satu, tetapi tiga produk serupa yang akan diluncurkan dalam kurun waktu sembilan tahun ke depan. Termasuk, produk lensa kontak AR.

Kuo memperkirakan bahwa Apple pertama kali akan meluncurkan headset mixed reality sekitar tahun 2022 mendatang. Meskipun, terutama headset VR, sejumlah besar sensor optik yang memungkinkan pandangan “passthrough” dari dunia nyata di sisi lain layar.

Versi final dari produk ini diharapkan memiliki berat sekitar 100-200 gram dan memiliki daya komputasi independen. Akan tetapi, tidak sepenuhnya “mobile”, menurut analis terkenal itu.

Kini, giliran Xiaomi yang akan membuat kacamata AR mereka sendiri. Nah, gimana nih Paradiva sudah siap belum menyambut kacamata AR Xiaomi?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini