Penjualan Smartphone Lipat Meningkat, Galaxy Z Flip 3 Jadi Favorit

0
Galaxy Z Flip 4

Gadgetdiva.id — Penjualan smartphone lipat dikabarkan meningkat pada Q1 tahun ini. Galaxy Z Flip 3 menjadi salah satu perangkat yang paling banyak diminati oleh pasar.

Pasar smartphone lipat hingga tahun ini masih dikuasai oleh Samsung dengan Galaxy Z Flip 3. Lalu, diikuti dengan Huawei yang berhasil mendebutkan Pocket P50-nya beberapa waktu lalu.

smartphone lipat
Foto: Samsung Indonesia

Dilaporkan oleh konsultan riset pasar DSCC melalui Gizmochina, penjualan smartphone lipat dikabarkan naik dengan jumlah pengiriman hingga 571 persen. OEM utama pernakgat yang dapat dilipat terjual 2,22 juta unit pada kuartal Januari-Maret.

Peningkatan ini juga merupakan kuartal terbaik ketiga untuk pasar smartphone lipat. Namun, pengirimannya masih turun 47 persen dari kuartal-ke-kuartal dengan rekor tertinggi 4,2 juta unit yang terjual pada Q4 tahun 2021.

Galaxy Z Flip Jadi Smartphone Lipat Paling Laris

Samsung masih terus mendomoinasi pasar smartphone lipat. Namun, pangsa pasarnya turun menjadi 74 persen dari Q4 di tahun 2021. Disusul dengan Huawei yang pangsa pasarnya naik menjadi 20 persen. Setelah kedua perusahaan tersebut, belum ada merek lain yang memiliki pangsa lebih dari 2 persen pada Q2 2022.

smartphone lipat

Dari sisi jenis smartphone yang dapat dilipat, ponsel dengan desain clamshell mendomoniasi pasar dengan pangsa 70 persen. Samsung Galaxy Z Flip 3 merupakan pilihan paling poupuler dan berhasil menyumbang 51 persen dari semua ponsel lipat yang dikirimkan.

Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat populer kedua untuk kuartal ketiga berturut-turut. Pangsa pasar Huawei yang meningkat juga dikaitkan dengan Huawei Pocket P50 yang sekali lagi merupakan ponsel dengan desain clamshell. Tiga model di atas berhasil menyumbang pangsa 91 persen.

smartphone lipat

Laporan DSCC menyatakan bahwa pasar smartphone yang dapat dilipat diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang kuat pada tahun 2022. Diperkirakan akan terjadi peningkatan 107 persen dalam pengiriman smartphone yang dapat dilipat menjadi lebih dari 16 juta unit. Sebagaian besar harapan akan ada pada Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini