ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Convertible dengan 4G LTE

0
ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Gadgetdiva.id — ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa dibilang sebagai laptop pertama yang mengusung koneksi 4G LTE. Saat ini, laptop tidak akan berfungsi apa-apa tanpa koneksi. Memang sudah ada wifi namun jika sedang harus bekerja saat tak ada sinyal wifi, koneksi 4G seluler menjadi andalan.

Inilah yang kemudian menjadi perhatian ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Ada berbagai cara agar laptop dapat terhubung ke jaringan seluler, salah satu yang paling populer adalah melalui metode tethering yaitu menjadikan smartphone sebagai “antena dan modem” agar laptop dapat terhubung ke internet melalui jaringan seluler 4G LTE. Tethering dapat dilakukan menggunakan fitur mobile hotspot di smartphone atau menggunakan kabel data secara langsung. Kekurangannya adalah proses tethering membutuhkan daya ekstra sehingga smartphone lebih mudah habis daya baterainya.

Solusinya? Tentu saja menggunakan laptop yang mampu terhubung ke jaringan seluler 4G LTE secara langsung seperti ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Sekilas ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memang terlihat seperti halnya laptop convertible pada umumnya. Namun jika dilihat lebih baik, laptop ini memiliki beberapa perbedaan secara fisik dan fitur dibandingkan kompetitornya.

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Konektivitas Super Lengkap dengan Dukungan 4G LTE

Jika Anda melihat bagian samping laptop ini, Anda akan menemukan sebuah slot kartu SIM layaknya smartphone yang kita gunakan sehari-hari. Slot kartu SIM combo yang juga berfungsi sebagai pembaca kartu MicroSD tersebut dapat menampung kartu SIM berukuran nano yang mendukung jaringan 4G LTE. Ya, ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah dilengkapi dengan antena dan modem 4G LTE internal sehingga laptop ini dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

Pengaturannya pun sangat mudah. Cukup pasang kartu SIM pada slot yang disediakan dan laptop dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE. Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan fitur hotspot sehingga dapat membagikan koneksi 4G LTE-nya ke perangkat lain melalui WiFi.

Selain dapat terhubung ke jaringan 4G LTE, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dibekali dengan opsi konektivitas lain yang sangat mumpuni. Laptop ini dibekali dengan WiFi 6, yaitu teknologi WiFi generasi terbaru yang menawarkan konektivitas lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. ExpertBook B3 Flip (B3402) juga sangat ramah untuk kalangan enterprise yang masih mengandalkan jaringan kabel untuk terkoneksi ke dalam intranet karena dibekali dengan port ethernet (LAN) yang memiliki mac address unik untuk setiap laptop.

Opsi konektivitas lainnya adalah port USB Type-A, USB Type-C dengan Thunderbolt 4 yang mendukung DisplayPort serta USB Power Delivery, hingga HDMI untuk memudahkan penggunanya saat ingin dihubungkan ke monitor atau proyektor. Belum lagi Bluetooth yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai aksesori atau perangkat eksternal secara nirkabel. Semua konektivitas tersebut dapat mempermudah pengguna ExpertBook B3 Flip (B3402).

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Hadir dengan Stylus dan Kamera Kedua

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop convertible. Artinya layarnya dapat diputar 360 derajat dan dapat digunakan layaknya tablet dan tentu saja laptop ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Agar pengalaman penggunaan layar sentuhnya maksimal, ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan stylus yang dapat disimpan di kompartemen khusus di bodi laptop ini.

Tidak seperti stylus laptop berbasis Windows pada umumnya yang mengharuskan Anda untuk mengganti baterai atau mengisi ulang daya stylus secara berkala menggunakan charger eksternal, stylus di ExpertBook B3 Flip (B3402) otomatis diisi dayanya saat disimpan di dalam kompartemen khususnya. Waktu pengisian dayanya pun sangat cepat. Stylus ExpertBook B3 Flip (B3402) dapat digunakan selama 45 menit dengan waktu pengisian daya hanya 15 detik saja.

Tidak hanya sekadar stylus, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga hadir dengan fasilitas input yang tidak ada di laptop pada umumnya yaitu NumberPad 2.0. Fitur yang menyatu dengan touchpad di ExpertBook B3 Flip (B3402) ini memungkinkan Anda untuk menggunakan touchpad sebagai numpad hanya dengan melalui tombol khusus di permukaan touchpad.

ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop dengan layar 14-inci yang tidak memungkinkan hadir dengan tombol numpad fisik. Numberpad merupakan solusi yang memungkinkan pengguna ExpertBook B3 Flip (B3402) yang banyak bergantung pada kehadiran numpad di kegiatan sehari-harinya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik di ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah adanya kamera kedua. Kamera yang diberi nama World Facing Camera tersebut sengaja ditempatkan tepat sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode clamshell standar. Namun saat digunakan pada mode tent ataupun tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama di smartphone karena posisinya yang berada di balik layar laptop ini.

World Facing Camera tersebut juga menggunakan modul kamera yang lebih baik dengan sensor beresolusi 13MP. Kamera khusus dengan penempatan yang unik ini membuat ExpertBook B3 Flip (B3402) menjadi semakin fleksibel dan dapat digunakan di banyak aktivitas seperti kegiatan belajar mengajar dimana siswa dapat merekam atau mengambil gambar papan tulis langsung dari tempat duduknya, atau digunakan untuk menampilkan konten augmented reality.

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Melindungi Anda dari Bakteri dan Radiasi Sinar Biru

ExpertBook B3 Flip (B3402) bukan hanya sekadar laptop yang dapat menunjang produktivitas Anda, tetapi juga bisa melindungi Anda dari bakteri dan radiasi sinar biru yang dapat merusak mata. Keduanya sudah terintegrasi dengan fitur yang ada di ExpertBook B3 Flip (B3402).

Lapisan anti bakteri telah dipasang di bagian bodi yang sejajar dengan keyboard di ExpertBook B3 Flip (B3402). Lapisan anti bakteri tersebut terbuat dari bahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. ASUS memasang lapisan anti bakteri di bagian sekitar keyboard memang bukan tanpa alasan. Bagian tersebut adalah bagian bodi yang paling sering disentuh oleh pengguna. Tidak tanggung-tanggung, penggunaan lapisan anti bakteri ini juga telah teruji secara ilmiah berstandar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Tidak hanya dilengkapi lapisan anti bakteri, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menggunakan layar khusus yang dapat melindungi mata dari paparan radiasi sinar biru yang dapat merusak kesehatan mata dalam jangka panjang. Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, layar ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki tingkat paparan radiasi sinar biru 70% lebih rendah berkat fitur Eye Care. Fitur yang sudah mendapatkan sertifikasi low-blue light dari TUV Rheinland tersebut memastikan kesehatan mata Anda tetap prima meski menggunakan ExpertBook B3 Flip (B3402) dalam jangka waktu panjang.

Gesit dengan Hardware Modern

ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan sebuah laptop modern yang tentu saja dilengkapi dengan hardware dan spesifikasi modern. Laptop ini telah dibekali dengan CPU 11th Gen Intel Core dengan seri tertingginya menggunakan Intel Core i7-1165G7. CPU yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut sudah sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Apalagi CPU tersebut juga telah dibekali dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics.

Berbeda dengan GPU terintegrasi generasi sebelumnya, Intel Iris Xᵉ Graphics menawarkan performa pengolahan grafis dan kalkulasi yang lebih baik. Menariknya lagi peningkatan performa yang dihadirkan juga dibarengi dengan efisiensi penggunaan daya yang lebih baik juga sehingga membuat ExpertBook B3 Flip (B3402) mampu bertahan lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip

Performa ExpertBook B3 Flip (B3402) semakin gesit berkat penggunaan media penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0. Kemampuan multitasking-nya juga sudah sangat mumpuni karena telah dibekali dengan RAM DDR4 3200MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 48GB. Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori saat bekerja menggunakan laptop ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil benchmark ExpertBook B3 Flip (B3402):

Aman dan Tangguh

Tidak hanya memiliki performa yang gesit dan dibekali dengan fitur-fitur eksklusif yang tidak ada di laptop bisnis lainnya, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dirancang agar selalu dapat diandalkan. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop dengan keamanan kelas enterprise baik dari sisi software maupun hardware.

Sebagai laptop kelas bisnis, ExpertBook B3 Flip (B3402) tentu telah dibekali dengan modul TPM 2.0 untuk melindungi data penggunanya. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan pembaca sidik jari yang tidak hanya memudahkan Anda untuk login ke dalam Windows, tetapi juga mencegah orang lain mengetahui password Anda.

Baca juga: ASUS Pamer Laptop 4G, Ada 5G Juga

Fitur Privasi juga terdapat di laptop ini, seperti webcam shield yang dapat menutup webcam secara fisik sehingga aman dari ancaman spionase, hingga secure file shredder yang memastikan data dapat benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi. Keduanya merupakan fitur yang sangat penting bagi kalangan pebisnis yang harus selalu mamastikan datanya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang tepat.

Selain perlindungan privasi dan data, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menawarkan perlindungan secara fisik. Seluruh bodi ExpertBook B3 Flip (B3402) dirancang sedemikian rupa sehingga dapat selalu diandalkan. ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Artinya, laptop ini telah berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem dan mampu beroperasi hampir di segala kondisi.

ExpertBook B3 Flip (B3402) juga memiliki sistem perlindungan khusus di berbagai bagian pada bodinya. Keyboard laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur anti-spill, sehingga tetap aman meski terkena tumpahan air. Semua port-nya juga hadir dengan struktur penahan khusus sehingga meminimalisir kerusakan secara fisik. Serta yang terakhir bodi laptop ini diperkuat dengan rangka khusus yang sangat tangguh sehingga tetap aman untuk dibawa bepergian.

Pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Pertanyaan terakhir yang perlu dijawab adalah untuk siapakah ExpertBook B3 Flip (B3402) sebenarnya? Melihat spesifikasi, fitur, dan keunggulan yang ditwarkan, ExpertBook B3 Flip (B3402) sangat cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Hal tersebut tercermin dari keberadaan fitur konektivitas 4G LTE yang telah terintegrasi ke dalam laptop ini.

Selain itu, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga sangat cocok untuk mahasiswa, dosen, guru, dan akademisi yang membutuhkan laptop yang selalu dapat diandalkan. Kehadiran kamera kedua dan stylus juga akan mempermudah mereka untuk merekam, mengambil gambar, sambil menulis catatan secara langsung menggunakan laptop ini.

Terakhir, ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop paling tepat untuk Anda yang membutuhkan laptop convertible dengan yang tahan banting dan memiliki konektivitas paling lengkap.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan