5 Laptop Pelajar Terbaik untuk Kembali ke Sekolah

0
195
laptop pelajar
Huawei MateBook D14

Gadgetdiva.id — Laptop pelajar merupakan salah satu yang paling dicari jelang tahun ajaran baru. Laptop telah menjadi salah satu perangkat pendukung yang harus dimiliki pelajar terutama saat harus kembali ke sekolah pada Juli 2022 nanti.

Dua tahun belajar online membuat mereka terbiasa untuk berkutat dengan laptop. Jadi tidak heran jika nanti saat ajaran baru dimulai, mereka masih merasa perlu untuk membawa laptop.

Di tahun 2021 lalu, Canalys menyebut jika jumlah pengapalan laptop meningkat di atas 90 juta unit dalam dua kuartal berturut-turut. Angka ini menunjukkan kenaikan sebanyak 27 persen dibanding tahun sebelumnya, termasuk desktop, notebook dan workstation yang mencapai angka pengapalan 341 juta unit. Tentu saja, ini dipicu salah satunya karena tren sekolah online yang terpaksa harus dilakukan untuk memotong rantai penularan Covid-19.

Nah, pandemi belum usai meski sekolah sudah banyak yang melakukan tatap muka. Oleh karena itu, kemungkinan besar sekolah akan menerapkan sistem hybrid, dan tidak serta merta menghentikan sekolah online. Laptop pelajar untuk kembali ke sekolah pun akan menjadi pilihan untuk dimiliki. 

Berikut ini rekomendasi laptop pelajar terbaik pilihan Gadgetdiva untuk kembali ke sekolah:

  1. HUAWEI MateBook D14
laptop pelajar
Huawei MateBook D14

Dengan ukuran hanya 15,9 mm dan berat hanya 1,38 kg, laptop ini adalah salah satu laptop 14 inci teringan dan tertipis di segmen menengah. HUAWEI MateBook D14 juga memiliki FullView Display yang mampu hadirkan pengalaman visual yang imersif. Apalagi dengan bezel atas dan samping setebal 4,8 mm, membuat rasio layar fenomenal ini mencapai 84 persen dari bodi laptop secara keseluruhan. 

Sasis berdesain compact pada HUAWEI MateBook D 14 menjadikan kinerjanya semakin kuat, apalagi ditambah dukungan Intel® Core™ i3-1011U Generasi ke-10 yang mampu running hingga 4,9GHz, membuatnya tangkas dalam pengerjaan berbagai perintah komputasi. Selain versi Intel® Core™ i3-1011U Generasi ke-10, HUAWEI MateBook D14 juga tersedia dengan pilihan dukungan prosessor Intel® Core™ i5 generasi ke-11, yaitu Intel® Core™ i5-1135G7. Dari kebutuhan olah dokumen, editing, hingga gaming untuk berbagai game populer, MateBook D14 ini sudah mampu menjalankan semua itu. Serunya lagi, performanya ini juga mendorong HUAWEI MateBook D 14 unggul dalam multi-tasking, sehingga menjadikannya booster yang tangguh dalam meningkatkan produktivitas bagi berbagai aktivitas. Terutama dengan fitur seperti HUAWEI Share & Multi-Screen Collaboration, pengguna dapat lebih meningkatkan pengalaman mereka. Pengguna dapat menggabungkan HUAWEI MateBook D14 dan MatePad 11 untuk mencapai produktivitas maksimum.

Dimulai dari baterai yang menggunakan daya 56Wh untuk memenuhi fungsionalitas laptop secara maksimal di manapun dan kapanpun. Dengan sekali pengisian penuh, HUAWEI MateBook D 14 dapat memutar storage video 1080p terus menerus hingga 13,2 jam, menjelajah internet hingga 12 jam, atau melakukan tugas harian hingga 13 jam. Kapasitas baterai yang tinggi ini memungkinkan pengguna dengan bebas menggunakan laptop mereka saat bepergian tanpa harus khawatir tentang baterainya.

laptop pelajar
Huawei MateBook D14

Selain itu, dalam memenuhi pengalaman pengguna yang lebih baik, Huawei meningkatkan kualitas pakainya hingga bagian detail terkecil. HUAWEI MateBook D 14 tidak lagi menggunakan power brick konvensional yang besar, melainkan memanfaatkan teknologi pengisi daya USB-C 65W dengan kabel yang dapat dilepas. Dibandingkan pendahulunya, charger dibuat jauh lebih portabel, yang bisa digunakan bergantian untuk mengisi daya smartphone dan tablet Huawei lainnya via port USB-C. Kabel ini juga mendukung transfer data yang cepat dan aman, dengan perlindungan panas berlebih yang secara otomatis memutus daya saat melewati ambang suhu tertentu.

Dilengkapi dengan memori DDR4 dual-channel 8GB dan SSD 256 GB hingga 512 GB, HUAWEI MateBook D 14 memiliki memori yang cukup untuk menyimpan sebagian besar aplikasi gigantic di pasaran. Dibandingkan dengan memori saluran tunggal, fitur ini mendukung kecepatan transfer data hingga 50 persen lebih tinggi. Solid-state drive di HUAWEI MateBook D 14 terhubung ke mainboard melalui antarmuka PCIe, yang mendukung kecepatan baca 5 kali lebih tinggi. 

Tidak ketinggalan, HUAWEI MateBook D 14 juga dilengkapi dengan antena nirkabel ganda untuk pengalaman selancar internet yang lebih cepat dan lancar. Modul WLAN pada HUAWEI MateBook D 14 mendukung 2×2 MIMO, desain antena nirkabel ganda, yang dapat secara efektif menerima sinyal WLAN dan menyediakan konektivitas yang cepat dan stabil. Untuk memastikan konektivitas nirkabel juga cepat dan stabil, Huawei telah memverifikasi kompatibilitas antara HUAWEI MateBook D 14 dan lebih dari 200 router di pasaran. Ini berarti di mana pun pengguna meletakkan laptop di rumah, mereka masih dijamin konektivitas berkecepatan tinggi yang sama seperti mereka berada tepat di sebelah router.

Di sini, tidak ada batasan untuk menggunakan sistem operasi yang diinginkan, mau Windows atau HarmonyOS 2, semua bisa. Harga pinangannya pun terjangkau, sekitar Rp6 jutaan untuk varian i3-1011U (8+256 GB) dan Rp9 jutaan untuk varian i5-1135G7 (8+512 GB). Harga tersebut juga sudah termasuk berbagai bundling menarik, seperti backpack, mouse, hingga layanan MS Office.

  1. HUAWEI MateBook D15

laptop [elajar
huawei matebook D15
Januari lalu telah diperkenalkan HUAWEI MateBook D15. Spesifikasinya hampir sama dengan D14 namun layarnya saja yang lebih lebar 1 inci. Mengusung desain Ultra-slim dengan layar 15,6 inci dan serangkaian fitur yang ditingkatkan, kinerja bertenaga, desain penuh gaya, dan konektivitas berkecepatan tinggi. Sebagaimana produk-produk MateBook Family lainnya, laptop ini juga turut dilengkapi dengan Huawei Share dan Fingerprint Power Button yang menjadikannya lebih dari sekadar alat produktivitas, melainkan juga asisten cerdas yang membantu pelanggan senantiasa unggul dalam bekerja, akademis, hiburan, dan berbagai skenario lainnya.   

Sementara untuk daya maksimalnya, HUAWEI MateBook D15 i5 dilengkapi dengan Intel® Core™ i5-10510U Generasi ke-10 yang berjalan hingga 4,9GHz. Tersedia juga varian dengan prosesor Intel® Core™ i5-1135G7 (generasi ke-11). Dukungan proses tersebut dapat menangani semuanya mulai dari pengeditan gambar dan video, rendering model 3D hingga online game yang intens dengan mudah. Menariknya lagi, HUAWEI MateBook D15 Ini juga unggul dalam multitasking, menjadikannya pendorong produktivitas yang sempurna untuk berbagai skenario. SSD yang disertakan juga sudah 512 GB. 

HUAWEI MateBook D15 menawarkan tampilan full view 16:9 yang memiliki bezel ultra-tipis – hanya berukuran 5,3mm – di sisi atas, kiri dan kanan layar. Dengan kamera tersembunyi, layar pada laptop ini memiliki rasio screen-to-body yang tinggi yaitu sebesar 87%. Laptop ini memiliki berat hanya 1,53 kg, sehingga cocok untuk bekerja dan belajar dari jarak jauh.

MateBook D15 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 42Wh. Fungsionalitas ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan komputer tanpa harus khawatir tentang persentase daya. MateBook D15 memiliki fungsi One Touch, yang menggabungkan pembacaan sidik jari dengan tombol daya serta memungkinkan aktivasi sistem dan otentikasi pengguna dalam sekejap. Selain itu, kamera internal yang dinonaktifkan di bawah tombol keyboard akan mencegah gangguan apapun terkait privasi.

Huawei MateBook D15 bisa dimiliki dengan harga Rp6 jutaan untuk varian i3-1011U (8+256 GB), Rp 9 jutaan untuk varian i5-1135G7 (8+512 GB) . HUAWEI juga akan meluncurkan MateBook D15 versi i3-1115G4 secara eksklusif di e-commerce yang bisa di Pre-Order dari 1 Juli-12 Juli 2022. Kabarnya akan ada diskon hingga Rp1 jutaan sehingga harganya hanya akan di Rp7 jutaan plus berbagai bonus menarik seperti backpack, mouse, dan Office.

  1. Asus Vivobook Pro 14/16X OLED
laptop pelajar
Foto: ASUS

Vivobook Pro 14/16X OLED merupakan laptop modern dengan desain stylish yang mengedepankan mobilitas penggunanya. Bobotnya hanya 1,45Kg untuk Vivobook Pro 14X dan 1,8Kg untuk Vivobook Pro 16X, membuatnya tampil sebagai salah satu laptop kreator paling ringan saat ini. Vivobook Pro 14/16X OLED juga tampil dengan kesan premium dengan pilihan warna Comet Grey dan Cool Silver.

Vivobook Pro 14/16X OLED ditenagai oleh high performance CPU 11th Gen Intel® Core™, tepatnya hingga Intel® Core™ i5 dengan kapasitas memori RAM 8GB dan 512SSD. CPU ini juga lebih hemat daya namun tetap memiliki performa kencang, membuat Vivobook Pro 14/16X OLED mampu tampil dengan bodi yang sangat ringkas. Menemani high performance CPU 11th Gen Intel® Core™ adalah GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. Tidak hanya sekadar RTX 3050, Vivobook Pro 14/16X OLED hadir menggunakan GeForce RTX Studio Driver yang dioptimalisasi untuk software kreatif seperti photo dan video editor. 

Harga Asus Vivobook Pro dengan Core i5/8GB/512GB SSD sebesar Rp16.299.000.

  1. Lenovo IdeaPad Gaming 3i

IdeaPad Gaming 3i hadir dengan desain ramping dan minimalis. Perangkat ini juga sudah membawa gaming Windows 11 dengan kecepatan refresh hingga 165Hz. Sudah mengemas prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 Prosesor i7 H-series serta grafis hingga RTX3050Ti dengan TGP 85 Watt. Dilengkapi dengan memori DDR4 3200Mhz dan storage SSD PCIE Gen 4 yang 2x lebih cepat, serta tidak lupa konektifitas yang luar biasa cepat dari Intel WIFI 6 AX dan Intel Thunder bolt 4.0.

Kekuatan grafis yang melebihi ekspektasi dengan opsi hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti Laptop GPU atau opsi Intel Arc™ Graphics untuk menghadirkan pengalaman yang ditingkatkan di seluruh kreasi, permainan, dan produktivitas di IdeaPad Gaming 3i.

Teknologi termal quad vent yang cerdas memungkinkan kinerja pendinginan yang lebih tenang dan efisien dari tingkat ventilasi yang dioptimalkan hingga 15% persen lebih baikdari generasi sebelumnya. Laptop IdeaPad Gaming 3i menawarkan layar 15,6 inci dengan gamut warna sRGB 100 persen dan 300 nits kecerahan. Memiliki opsi hingga dua warna desain sasis, termasuk Onyx Grey dan Glacier White untuk tampilan jelas. Harga yang dibanderol mulai Rp15 jutaan.

  1. realme Book Prime
laptop pelajar
realme Book Prime

realme Book Prime memiliki desain tipis, hadir dengan prosesor 11 Gen Intel Core i5H Series yang juga disandingkan dengan Intel Iris Xe Graphics. Sehingga, menghasilkan performa lebih bertenaga serta dapat digunakan untuk membuat konten apapun.

Book Prime sendiri menyematkan tampilan visual layar 2K 14 inci rasio 3:2. Sehingga, perangkat dapat menghadirkan tampilan lebih terang. realme Book Prime dijual dengan harga sekitar Rp10 jutaan, perangkat juga tleah dilengkapi dengan teknologi fast charging, dengan memori 8GB/512GB.

Hanya dalam waktu 30 menit pengisian, realme Book Prime dapat mendukung pengisian daya 65W Super Fast Charge. Plus, mampu terisi hingga kapasitas 50% dari kondisi kosong.

Rekomendasi kami, jelas yang paling utama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini