Apple Hadirkan Fitur Lockdown Mode pada iOS 16

0
Penjualan Smartphone

Gadgetdiva.id — Apple baru saja perkenalkan fitur lapisan keamnana ekstra pada iOS 16. Fitur tersebut dinamakan Lockdown Mode.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California tersebut mengumumkan fitur keamanan siber ekstrem baru pada 6 Juli dengan tujuan melindungi orang-orang yang berisiko diserang oleh spyware tentara ditargetkan.

Fitur lockdown mode iOS 16 ini merupakan fitur opsional yang tidak dibutuhkan oleh setiap pengguna iPhone. Akan tetapi, kemungkinan besar akan digunakan oleh politisi, aktivis, selebriti dan tokoh masyarkat lainnya yang takut terserang atau menjadi sasaran spyware buatan perusahaan swasta.

Termasuk NSO Group yang digugat pada musim gugur lalu terkait penggunaan Pegasus untuk meretas telepon tokoh politik di seluruh dunia. Termasuk mendiang Saudi Jamal Khashoggi dan perdana menteri Spanyol, serta puluhan jurnalis.

“Sementara sebagian besar pengguna tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan bekerja tanpa lelah untuk melindungi sejumlah kecil pengguna yang menjadi korbannya,” ujar Ivan Krstić, kepala Teknik Keamanan dan Arsitektur Apple.

Ivan juga menambahkan pihaknya akan terus merancang pertahanan khusus untuk para pengguna ini. Serta, mendukung peneliti dan organisasi di seluruh dunia melakukan pekerjaan yang sangat penting dalam mengungkap perusahaan tentara bayaran yang menciptakan serangan digital tersebut.

Fitur Lockdown Mode sendiri saat diaktifkan akan membatasi fungsionalitas iPhone untuk membuatnya kebal akan serangan. Termasuk memblokir beberapa jenis lampiran pesan selain gambar, menonaktifkan tautan pratinjau, memblokir panggilan FaceTime dari kontak yang tak dikenal dan mencegah koneksi kabel ke komputer atau aksesori saat iPhone terkunci.

Apple juga memberi hibah sebesar 10 juta dollar AS kepada Dignity and Justice Fund untuk mendukung penelitian dalam meningkatkan kemanan siber, serta menyelidiki dan mencegah serangan siber yang sangat ditargetkan. Uang penelitian tambahan apapun akan berasal dari ganti rugi yang diberikan dari gugatan yang sedang berlangsung terhadap NSO Group.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan