Samsung Jadi Produsen Smartphone Nomor Satu di Kuartal Pertama 2022

0
28
Samsung
Foto: Phone Arena

Gadgetdiva.id — Data terbaru menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi produsen smartphone nomor satu selama kuartal pertama 2022. Serta, diikuti oleh Apple pada posisi kedua.

Sebuah data terbaru dari International Data Corporation menunjukkan bahwa Samsung tetap menjadi vendor smartphone paling atas selama kuartal pertama tahun 2022. Hal tersebut dikarenakan selama kuartal pertama tahun 2022 perusahaan asal Korea Selatan tersebut berhasil mengirim sejumlah 73,6 juta perangkat selama tiga bulan pertama tahun ini.

Angka tersebut ternyata merupakan penunuran sebanyak 1,2% dari tahun ke tahun dalam pengiriman selama Q1. Samsung sendiri memiliki pangsa pasar global 23,4%.

Samsung

Samsung dan Apple kuasai persaingan selama kuartal pertama 2022

Posisi kedua setelah Samsung diduduki oleh Apple. Perusahaan yang berbasis di AS ini menjual sekitar 56,5 juta unit iPhone dari Januari hingga Maret. Dimana mereka menghasilkan 18% smartphone di seluruh dunia untuk Apple.

Lain dari Samsung, Apple mampu mencetak kenaikan tahunan 2,2% dalam pengiriman. Membuat perusahaan satu-satunya yang menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun dalam pengiriman smartphone selama tiga bulan pertama tahun ini.

Samsung

Kembali ke daftar, IDC menunjukkan Xiaomi berhasil duduki peringkat ketiga setelah mengirimkan 39,9 juta ponsel selama kuartal pertama. Hal tersebut emmbeir perushaan pangsa pasar sebanyak 12,7% selama periode tersebut.

OPPO dan Vivo berada di urutan keempat dan kelima selama kuartal pertama 2022. Dengan pengiriman masing-masing 27,4 juta dan 25,3 juta.

Samsung
The Face of Xiaomi 12 Series, Bunga Citra Lestari

Kedua perusahaan mengalami penurunan dari tahun  ke tahun dalam pengiriman mereka untuk kuartal tahun tersebut. Yakni, dengan pengiriman OPPO menurun 27% dan Vivo turun 28%.

Pangsa pasar OPPO pada kuartal pertama adalah 8,7%, sementara pangsa Vivo mencapai 8,1%. Pabrikan lain yang tidak disbebutkan namanya memiliki 91,4 juta pengiriman. IDC melaporkan bahwa secara keseluruhan, pengiriman smarpthone global turun 8,9% dari tahun ke tahun selama kuartal pertama.

Kini, sudah tiga kuartal berturut-turut dengan penurunan pengiriman untuk industri. Sebanyak 314,1 juta unit dikirimkan selama kuartal pertama tahun ini, 3,5% lebih rendah dari perkiraan peneliti untuk kuartal selama Februari.

Jika dilihat kembali dari data tahun lalu, menunjukkan bahwa pengiriman smartphone selama kuartal pertama tahun ini menurun lebih dari 30 juta ponsel. Dimana sekitar sebanyak 344,7 juta smartphone dikirim ke seluruh dunia.

Direktur riset IDC Nabila Popal menyalahkan perjuangan saat ini pada masalah dalam rantai pasokan untuk komponen penting pembuatan smartphone. Permintaan konsumen, katanya, telah dirugikan oleh tanda tanya ekonomi dan inflasi global yang telah mengurangi permintaan headset.

Dirinya menyatakan, “meskipun beberapa penurunan diperkirakan terjadi di kuartal pertama, karena tantangan pasokan dan logistik yang sedang berlangsung dan perbandingan tahun ke tahun yang sulit, segalanya tampaknya telah berubah menjadi lebih buruk.”

IDC menyatakan bahwa konsumen khawatir terkait kenaikan inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Oleh karena itu, hal tersebut lah yang membuat permintaan ponsel juga berkurang.

“Sentimen konsumen di semua wilayah, dan terutama China, secara luas negatif dengan kekhawatiran besar seputar inflasi dan ketidakstabilan ekonomi yang telah mengurangi pengeluarakn konsumen,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini