Mengenal Perkembangan ColorOS pada Smartphone OPPO

0
OPPO Reno7 5G

Gadgetdiva.id — ColorOS merupakan sistem operasi buatan OPPO berbasis Android. Sistem operasi ini telah dihadirkan sejak September 2013 lalu. Nah, kira-kira gimana sih perkembangannya? Simak ulasannya ya, Paradiva.

Sistem operasi ColorOS sendiri telah mencakup 74 bahasa, mendukung 14+ negara dan wilayah. Serta, kini sudah memiliki lebih dari 370 juta user aktif setiap bulannya di seluruh dunia.

ColorOS merupakan salah satu sistem operasi ponsel paling populer di dunia. Sistem operasi ini paling populer di dunia dan diperuntukkan hanya untuk pengguna setia smartphone OPPO. Versi pertama ColorOS sendiri diluncurkan pada 2013 lalu.

OPPO sendiri telah merilis banyak smartphone Android sebelumnya, namun perangkat lunak pada perangkat tersebut tidak memiliki judul yang tepat. Sistem operasi tersebut bukan stok Android, melainkan OPPO tidak memberi label sebagai ColorOS. Pada tahap awal tersebut, versi ColorOS 1.0 sendiri didasarkna oleh Android 4 Jellybean.

Selama bertahun-tahun, OPPO telah meluncurkan versi baru skin ColorOS bersama dengan versi resmi baru dari sistem operasi Android. Pada November 2019, OPPO membuat hal-hal yang cukup membingungkan dengan mengumumkan bahwa ColorOS 6.7 akan melompat ke ColorOS 8. Namun akhirnya, perusahaan membatalkan rencana ini dan beralih ke roadmap ColorOS 7.

Pada tahun 2020, OPPO mengungkap bahwa mereka akan mengadopsi skema penomoran yang sama dengan versi Android yang dikeluarkan oleh Google. Dengan demikian, ColorOS melonjak dari v7 ke v11 dengan peluncuran Android 11.

Pada tahun 2021, OPPO melihat ColorOS 12 diluncurkan ke pasar berdasarkan Android 12. Serta, Color OS 13 akan diluncurkan setelah Android 13 dirilis pada tahun 2022.

ColorOS

Fitur unik bawaan ColorOS

Terjemahan tiga jari

Sangat mudah menggunakan Google Terjemahan atau Google Lens di ponsel cerdasmu untuk mengonversi teks asing ke bahasa Indonesia. Namun, untuk melakukannya agak memerlukan proses seperti kamu perlu menghentikan apa yang sedang kamu lakukan, membuka aplikasi tersebut, menavigasi ke apa yang ingin kamu terjemahkan, dan mewujudkannya. Namun dengan Color OS, kamu cukup menggesek layar dengan tiga jari, di mana pun kamu berada yang akan menangkap tangkapan layar. Setelah itu terjadi, kamu cukup mengetuk tombol terjemahkan yang muncul, dan teks akan diterjemahkan menggunakan kekuatan Google Lens sehingga hemat waktu.

Transisi layar beranda

Dengan sebagian besar ponsel cerdas, animasi yang terjadi saat kamu menggeser layar beranda cukup standar. Dengan ColorOS, kamu dapat menyesuaikannya dengan sangat mudah. “Gulung” membuatnya tampak seperti kamu sedang memutar gulungan saat berpindah ke layar berikutnya. “Kubus” membuatnya tampak seperti layar berandamu adalah panel dari kotak besar dan kamu bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Ada juga pilihan lain, seperti “Balik”, “Kartu”, dan “Miringkan”. Kamu harus mencoba semuanya untuk mencari tahu mana yang paling cocok dan nyaman buatmu.

Kustomisasi

Color OS menawarkan banyak pilihan penyesuaian. Kamu dapat melakukan hal-hal dasar seperti mengubah font seluruh sistem, warna, suara, dan lainnya. Namun, kamu juga dapat membuat elemen sistem sendiri, misalnya kamu dapat membuat nada dering sendiri menggunakan sentuhan dan gesekan pada pengontrol warna-warni (tidak perlu pengalaman musik). Bahkan kamu dapat menggunakan sistem serupa untuk membuat wallpaper sendiri dan desain always-on display (AOD).

O Relax

Salah satu aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya di banyak ponsel OPPO adalah O Relax. Aplikasi relaksasi ini menampilkan suara white noise dari berbagai sumber yang dapat kamu pilih untuk diputar selama jangka waktu tertentu. Gelombang laut, kebisingan sekitar dari berbagai kota di seluruh dunia, hujan badai, dan bahkan kreasi sintetis seperti “perjalanan ruang angkasa” semuanya tersedia. Meski banyak aplikasi sejenis, kamu bisa langsung menggunakan O Relax yang telah terpasang langsung di perangkat OPPO.

Terdapat fitur avatar yang bernama Omoji di ColorOS 12. Fitur ini dapat membangun model 3D secara presisi melalui algoritma Face Capture, sehingga dapat menangkap lebih dari 20 ribu ciri khas wajah pengguna. Sebagai informasi, ColorOS berbasis Android 12 ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2021

Untuk melihat versi ColorOs di perangkat smartphone milikmu, silakan cek dari menu [Settings] > [About device]. Kamu akan ditunjukkan ColorOS version yang digunakan oleh ponselmu. OPPO juga menyediakan panduan mengenai ColorOS dengan mencarinya di https://support.oppo.com/en/user-guide.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini