5 Hal yang Harus Kamu Tahu di realme 9 4G

0
review realme 9 4g

Gadgetdiva.id — Smartphone realme 9 4G memang sudah lama digelontorkan ke pasar Indonesia. Namun pamornya ternyata masih diminati oleh para penggemar smartphone di Indonesia, khususnya karena harganya yang terjangkau dan spesifikasinya yang tidak murahan.

Meski sebelumnya sudah rilis varian Pro yang mendukung jaringan 5G, tak membuat realme 9 4G jadi kurang menarik. Secara spesifikasi, justru membawa spesifikasi kunci yang melampaui kompetitor di kelasnya. Betul sekali, yakni penggunaan sensor baru 108MP di kelas harga mulai Rp2 jutaan. Dan tentu keunggulannya tak hanya itu saja.

Lalu apa saja yang harus kamu tahu, fitur yang ada di realme 9 4G?

Desain

realme 9 4G Indonesia

Profilnya tergolong tipis, hanya 7,99mm dengan bobot 178 gram. Mudah dibawa maupun dimasukkan ke kantong, sekaligus nyaman dalam genggaman. Meski bingkai atau frame dibuat flat, bagian kiri dan kanan bodi belakang tetap diberikan sedikit lengkungan. Permukaannya sendiri dibuat matte, sayangnya masih bisa sedikit menangkap bekas sidik jari.

Sejatinya, opsi unggulan ada pada dua warna lainnya, yakni Stargaze White dan Meteor Black. ­Keduanya mengusung Ripple Holographic Design, terlihat seperti gelombang ombak yang berubah-ubah sesuai penangkapan cahaya sekitar. Gelombang tersebut nampak seperti tiga dimensi, sampai awalnya saya kira bodinya tidak memiliki permukaan yang datar.

Layar

Walaupun dibanderol mulai dari Rp2 jutaan, realme 9 4G tetap mengusung panel layar yang berkualitas. Kali ini, panel yang digunakan adalah Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Selain resolusi yang sudah mencapai full HD+, refresh rate maksimum juga sudah mencapai 90Hz, sekaligus bersifat adaptif untuk menghemat konsumsi daya. Touch sampling rate 360Hz memastikan pergerakan layar sesuai dengan jari pengguna.

Kualitas panel AMOLED yang digunakan di realme 9 4G di atas rata-rata pada segmen harganya. Tak sekadar berikan warna yang kaya serta kontras tinggi, warna yang ditampilkan pun tergolong akurat.

Kamera

realme 9 4g

realme 9 4G hadir membawa salah satu sensor terbaru dari Samsung, yakni ISOCELL HM6. Dibandingkan generasi sebelumnya, sensor ini bisa berikan kecepatan fokus lebih cepat, sekaligus mendukung teknologi Nonapixel Plus 9-in-1.

Artinya, sensor utama realme 9 4G bisa gabungkan 9 piksel individu menjadi satu piksel berkualitas, mampu tangkap cahaya jauh lebih banyak sekaligus reduksi noise yang juga didukung oleh teknologi smart ISO. Dengan sensor 108MP, kamu bisa menangkap foto dalam resolusi 108MP, maupun memanfaatkan benefit lain seperti 3x in-sensor zoom. Street Photography 2.0 di smartphone ini juga menyenangkan untuk digunakan, bisa berikan informasi ekuivalen lensa dalam satuan mm di tiap sensornya.

Android 12 di realme 9 4G

realme 9 4G menjadi salah satu smartphone entry-level yang sudah jalankan sistem operasi Android 12 sejak awal, lewat tampilan antarmuka realme UI 3.0. Ada banyak opsi kustomisasi yang bisa dipilih, mulai dari ikon, tema, sampai always-on display dengan pola garis yang bisa kita buat sendiri.

realme UI terbaru di realme 9 4G juga membawa sejumlah fitur ekstra seperti Flexible windows, Quick Return, hingga Smart Sidebar. Pada menu realme Lab, juga ada opsi untuk memasangkan dua earphone (kabel & wireless) dan memancarkan suara ke dua perangkat tersebut sekaligus.

Baterai

Dengan dimensi bodi yang tipis, realme 9 4G masih bisa punya kapasitas baterai yang tergolong besar. Ya, baterai realme 9 4G berukuran 5,000 mAh. Pengisian dayanya juga tergolong cepat lewat adapter 33W Dart Charge. Dalam waktu 30 menit saja, sudah bisa mencapai lebih dari 50%.

Jadi sudah kenal, kan dengan realme 9 4G?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini