Samsung DeX Bikin Tablet Galaxy Tab S8 Series Berfungsi Layaknya Laptop

0
411
Galaxy Tab S8

Paradiva pasti sudah tahu dong, kalau tahun ini Samsung Electronics Indonesia sudah meluncurkan seri tablet Android terbaiknya? Ya, betul sekali, Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G hadir membawa performa terbaik, plus bisa menunjang kreativitas Paradiva jadi semakin baik. Samsung DeX termasuk salah satu fitur unggulannya.

Samsung sendiri sudah hadirkan fitur unggulan yang satu ini sejak beberapa tahun lalu, namun kini sudah semakin sempurna dan terintegrasi langsung di dalam Galaxy Tab S8 Series 5G. Mudahnya, Samsung DeX bakal membuat perangkat tablet Samsung terbaik satu ini menjadi seperti laptop. Tentunya dalam dimensi yang jauh lebih ringkas.

Dengan begitu, Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G bakal pas banget buat kamu yang butuh sebuah perangkat praktis, punya layar besar, mudah dibawa ke mana-mana untuk mendukung sistem kerja work from anywhere (WFA) plus dukungan jaringan 5G terkencang. Nah, penasaran gimana Samsung DeX bisa bikin tablet ini jadi seperti desktop PC atau laptop?

Ubah Tampilan Layar & Aplikasi Seperti Desktop PC

"Samsung DeX"

Menjalankan sistem operasi Android terbaru, Galaxy Tab S8 Series 5G memang bisa membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan, lewat fitur Multi-active window. Meski begitu, sejumlah orang lebih memilih gunakan tampilan lebih familiar, yakni selayaknya desktop PC dengan banyak jendela aplikasi terbuka sekaligus.

Kabar baiknya, Samsung DeX sudah terintegrasi ke dalam Galaxy Tab S8 Series 5G. Paradiva cukup sentuh pintasan untuk mengaktifkan fitur Dex Mode di Quick Settings, dan dalam beberapa detik saja, tampilannya akan langsung berubah seperti desktop PC. Lengkap dengan task bar di bagian bawah layar.

Daftar aplikasi, Quick Settings, serta notifikasi aplikasi tersimpan rapi di dalam task bar tersebut, dan bisa diakses secara mudah. Ketika aplikasi dibuka lewat DeX, bakal muncul dalam sebuah jendela kecil. Kamu bisa mengatur ukuran tiap jendela tersebut, maupun membuatnya mengisi layar secara penuh. Sudah seperti laptop, bukan?

Nggak perlu khawatir masalah kompabilitas, karena Samsung sudah memastikan setidaknya lebih dari 70 aplikasi utama bakal berjalan optimal lewat Samsung DeX. Sebut saja aplikasi Microsoft Office sampai platform video conference seperti Zoom dan Cisco WebEx.

Produktivitas Lebih Mudah & Maksimal

Lewat tampilan Samsung DeX, akses aplikasi jadi bisa lebih banyak dan mudah. Nah, bagaimana kalau Paradiva ingin menyambungkan Galaxy Tab S8 Series 5G ke monitor sekunder? Tentu saja bisa, baik menggunakan kabel atau secara nirkabel ke TV dan monitor yang mendukung. Tak hanya mirroring, layar kedua bakal punya fungsi selayaknya desktop tambahan.

Artinya, kamu bisa mengakses banyak jenis aplikasi di layar kedua, dan akses aplikasi lain lagi di saat yang sama pada layar Galaxy Tab S8 Series.

Tablet Samsung yang punya profil tipis dan ringan tersebut juga dilengkapi sejumlah aksesori pendukung. Sebut saja S Pen yang sudah tersedia dalam paket penjualannya, serta bookcover keyboard yang sekaligus melindungi layar tablet.

S Pen pada Galaxy Tab S8 Series bisa kamu manfaatkan untuk menyentuh obyek-obyek kecil dalam suatu dokumen, sementara keyboard yang terintegrasi bisa percepat input teks. Bila ingin navigasi yang lebih mudah lagi, Samsung DeX juga bisa dikombinasikan dengan mouse. Bisa menggunakan sambungan Bluetooth, maupun dengan kabel lewat port USB-C.

"Samsung DeX"

Bisa Dioperasikan dengan Cara Familiar

Selain kompatibel dengan sejumlah aksesori pendukung seperti keyboard dan mouse, Paradiva juga bisa mengoperasikan Galaxy Tab S8 Series dengan Samsung DeX, termasuk dengan gestur dan pintasan yang sama seperti laptop. Kamu bisa memindahkan atau menggandakan file lewat pintasan copy-paste yang sama pada keyboard.

Ingin menarik gambar dari manajer file ke dokumen Word? Cukup tarik file gambar tersebut dan letakkan ke jendela aplikasi Microsoft Word selayaknya gestur drag-and-drop seperti biasa. Dengan begitu, Paradiva tak perlu lagi belajar cara-cara baru. Alias bisa langsung jago menggunakan Galaxy Tab S8 Series untuk bekerja.

Tertarik untuk membeli tablet Samsung paling canggih di 2022? Samsung Galaxy Tab S8 tersedia dengan harga Rp9.999.000 untuk varian Wifi pada warna Graphite, dan Rp12.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold. Samsung Galaxy Tab S8+ tersedia dengan harga Rp16.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra tersedia dengan harga Rp19.999.000 untuk varian 5G pada warna Graphite.

Baca juga : Samsung Hadirkan Galaxy Tab S8, Bisa Saling Tersambung Antar Perangkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini