OPPO Bakal Hadirkan ColorOS 13 Berbasis Android Ke Indonesia

0
ColorOS 13

OPPO resmi umumkan tanggal peluncurkan daring sistem operasi terbarunya, yaitu ColorOS 13 dan menjadi salah satu sistem operasi OEM pertama berbasis Android 13 yang akan diluncurkan. Oppo menjadi salah satu produsen pertama yang mengadopsi sistem terbaru Android 13 melalui ColorOS. Oppo Find N dan Find X5 Pro akan menjadi perangkat pertama Oppo yang akan menerima pembaruan ColorOS 13 Beta.

Perjalanan ColorOS di Smartphone OPPO

ColorOS merupakan salah satu sistem operasi ponsel paling populer di dunia yang diperuntukan hanya untuk pengguna Oppo. Versi pertama ColorOS diluncurkan pada september 2013. Oppo telah merilis benyak smartphone Android sebelumnya, tetapi perangkat lunak pada perangkat tersebut tidak memiliki judul yang tepat. Itu bukan stok Android, tetapi OPPO tidak memberi label sebagai ColorOS. Pada tahap awal tersebut, versi ColorOS 1.0 didasarkan pada Android 4 Jellybean.

Selama bertahun-tahun, OPPO meluncurkan versi baru skin ColorOS bersama dengan versi resmi baru dari sistem operasi Android. Pada November 2019, OPPO membuat hal-hal yang cukup membingungkan dengan mengumumkan bahwa ColorOS 6.7 akan melompat ke ColorOS 8. Bahkan, OPPO meluncurkan versi yang dapat diinstal dari perangkat lunak ini. Namun akhirnya, perusahaan membatalkan rencana ini dan beralih ke roadmap ColorOS 7.

Untuk membuat segalanya tidak membingungkan, pada tahun 2020 OPPO mengungkapkan bahwa mereka akan mengadopsi skema penomoran yang sama dengan versi Android yang dikeluarkan oleh Google.

Dengan demikian, ColorOS melonjak dari v7 ke v11 dengan peluncuran Android 11. Pada tahun 2021, kami melihat ColorOS 12 diluncurkan ke pasar berdasarkan Android 12, dan Color OS 13 akan diluncurkan setelah Android 13 yang keluar pada tahun 2022.

Fitur ColorOS 13 

OPPO telah bekerja sama dengan Android untuk memberikan pengalaman sistem operasi terbaik pada ColorOS. Di Google I/O bulan Mei yang lalu, OPPO mengumumkan perangkat OPPO Find N dan OPPO Find X5 Pro akan menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang akan menerima pembaruan Android 13 beta. ColorOS 13 akan terintegrasi dengan fitur keamanan dan privasi pada Android 13, dan menyediakan serangkaian fitur penyesuaian yang mirip dengan Google Material You.

ColorOS 13 mencakup serangkaian fitur pintar baru yang dikembangkan OPPO dan dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik pada perangkat dengan layar besar, menyediakan interkonektivitas tanpa batas antar beberapa perangkat, dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Desain baru juga akan diperkenalkan pada system operasi ini untuk menghadirkan pengalaman Android yang ringkas, nyaman, dan lancar.

"ColorOS 13"

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ColorOS 13, OPPO mengundang bergabung dengan acara peluncuran resmi ColorOS di YouTube @OPPOofficial dan Twitter @OPPO pada pukul 18:00 WIB pada tanggal 18 Agustus 2022.

Baca juga : Jelang Kedatangan Dream Theater di Solo, Gibran Bagikan Playlist di Langit Musik


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan