Intip Rangkaian Fitur ColorOS 13 Terbaru Berbasis Android 13

0
27
OPPO Reno8 5G vs OPPO Reno7 5G

Gadgetdiva.id — Menjadi sistem operasi terbaru besutan OPPO, ColorOS 13 dirancang berbasis Android 13. Tentunya, beragam pula pembaruan dan fitur ColorOS 13 baru yang disematkan oleh OPPO. Apa aja sih? Simak ulasannya ya, Paradiva.

ColorOS 13 hadir untuk menggabungkan sejumlah fitur utama dari Android 13. Sehingga, fitur ColorOS 13 terbaru pun merupakan serangkaian pembaruan bagi koneksi multi-perangkat pintar agar lebih meningkatkan produktivitas dengan pengalaman yang cerdas.

Lantas, apa aja sih fitur ColorOS 13 terbaru yang diperkenalkan oleh OPPO? Berikut ulasannya.

Baca juga: Desain Aquamorphic ColorOS 13

Rangkaian Fitur ColorOS 13 yang dibawa oleh OPPO

Dynamic Computing Engine

Fitur ColorOS 13

Fitur ColorOS 13 terbaru pertama yang dibuat oleh OPPO adalah Dynamic Computing Engine. Fitur ini dapat menjadi solusi teknis tingkat ansistem pengembangan sendiri.

Fungsinya untuk menghadirkan sistem yang lebih mulus dan stabil. Sekaligus, membawa peningkatan besar pada ColorOS 13, termasuk pengingkatan masa pakai baterai dan kemampuan untuk membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Fitur Dynamic Computing Engine ini mampu meningkatkan penjadwalan sumber daya perangkat keras guna perpanjang masa pakai baterai. Yakni, dengan cara mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah.

Sekaligus, lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang. Memungkinkan pengguna untuk beralih antara beberapa aplikasi tanpa mengalami kelambatan saat beralih ke aplikasi lainnya.

Smart Always On-Display

Fitur lainnya yang dibawa oleh ColorOS 13 ialah Smart Always On-Display. Dengan adanya fitur ini, perangkat dapat menampilkan informasi terkait musik dan aplikasi pengiriman. Supaya, dapat memberi pengguna akses lebih cepat ke informasi dan kontrol yang lebih nyaman atas pemutaran musik dan fungsi lainnya.

Fitur ColorOS 13

Lewat kemitraannya dengan Bitmoji dan Spotify, OPPO memberi berbagai pengalaman personal untuk pengguna melalui fitur ini. Lebih lanjut, fitur ini juga telah dilengkapi dengan teknologi LTPO2.0.

Fungsinya supaya kecepatan refresh Always-On Display tersebut dapat dikurangi menjadi hanya 1 hertz untuk menghemat konsumsi daya 30% untuk beberapa skenario. Sementara, fitur manajemen pada layar beranda seperti folder besar, rak dan widget akan membantu pengguna lebih mudah untuk akses informasi yang mereka butuhkan.

Fitur ColorOS 13

Meeting Assitant

Meeting Assitant yang terdapat dalam fitur ColorOS 13 memungkinkan pengguna untuks ecara otomatis memprioritaskan paket data nirkabel. Fungsinya untuk menyediakan koneksi yang lebih stabil selama rapat daring.

Fitur tersebut juga akan menyederhanakan pemberitahuna guna meminimalkan gangguan sambil mungkinkan pengguna. Agar mereka dapat menambahkan pintasan OPPO Notes yang membantu dalam pembuatan notulen rapat dengan notes pada jendela pop-up.

Baca juga: Pameran OPPO 77 POtrait Anak Bangsa

Multi-screen Connect

Fitur ColorOS 13 selanjutnya adalah Multi-screen Connect. Fitur tersebut berfungsi untuk mendukung konektivitas perangkat tanpa batas antara smartphone dan OPPO Pad Air, maupun smartphone dan PC. Sehingga, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan saat bertukar file yang mendukung lebih banyak format file tanpa batasan perangkat keras.

Pengguna perangakt juga dapat menghubungkan ponsel cerdas mereka tersebut ke PC. Yakni, berkat adanya Multi-screen Connect yang juga akan mendapat manfaat karena bisa menampilkan beberapa aplikasi seluler secara bersamaan dalam layar PC.

Fitur ColorOS 13

Fitur privasi dan perlindungan

Privasi dan keamanan telah menjadi fokus utama ColorOS sejak awal. ColorOS 13 mengintegrasikan fitur perlindungan privasi yang mendasari Android 13. Misalnya, sistem akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat, mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware. Selain itu, dengan fitur Nearby Wi-Fi, pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Fitur ColorOS 13

Teknologi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO memainkan peran yang sama pentingnya dalam meningkatkan privasi dan keamanan. Berdasarkan model algoritma perangkat, Pikselasi Otomatis dapat mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis dengan satu ketukan, dan Brankas Pribadi terbaru dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES) yang banyak digunakan untuk memberikan tingkat keamanan.

ColorOS 13 memberikan perlindungan privasi dan keselamatan yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini