Gadget

Mengulik Fitur Security ColorOS 12.1 Pada OPPO Reno8 Series

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — OPPO membawa fitur Security untuk perangkat ColorOS 12.1 yang terdapat pada OPPO Reno8 Series. Apa aja sih fungsi dari fitur Security ColorOS 12.1 ini?

Sistem operasi ColorOS 12.1 membawa beragam fitur menarik yang dapat dukung aktivitasmu sehari-hari. Termasuk juga fitur security alias keamanannya yang dapat menjaga privasimu dengan aman.

Daftar Hape OPPO yang Bakal Dapat Pembaruan ColorOS 13

Fitur Security ColorOS 12

Lebih dari sekadar fitur standar layaknya kata sandi maupun fingerprint, ColorOS 12.1 nampaknya menghadirkan variasi lainnya dalam fitur Security. Dimana fitur Security ColorOS 12.1 ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menyembunyikan sekaligus mengunci aplikasi, menyembunyikan file, memproteksi aplikasi keuangan sampai meminta password saat ingin mematikan perangkat.

Lewat beragamnya fitur Security ColorOS 12.1 ini, pengguna otomatis akan merasa lebih aman. Apalagi, saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan OPPO Reno8 Series.

Baca juga: OPPO Reno8 5G vs OPPO Reno7 5G, Mendingan yang Mana?

Variasi Fitur Security ColorOS 12.1 pada Reno8 Series

Sistem kunci dan biometrik

Layaknya smartphone Android lainnya, ColorOS 12.1 yang terdapat pada Reno8 Series telah didukung oleh beragamnya sistem penguncian layar. Mulai dari PIN (berbasis angka), Passoword (angka, huruf serta karakter) dan Pattern (berbasis pola).

Fitur Security ColorOS 12

Untuk memudahkan dalam pembukaan kunci layar, semua perangkat OPPO Reno8 Series telah dilengkapi dengan sensor fingerprint dalam layar. Serta, fitur Face Unlock yang dapat memindai wajah dengan kamera depan.

Meksipun dalam layar, namun sensor fingerprint Reno8 Series mampu digunakan untuk memindai sidik jari dengan responsif. Sementara, fitur Face Unlock dapat digunakan untuk memindai wajah dengan baik pada berbagai kondisi. Baik dalam kondisi cahaya yang cukup, maupun yang minim cahaya.

Password pada tombol Power Off

ColorOS 12.1 dilengkapi dengan fitur permintaan password saat perangkat OPPO Reno8 5G akan dimatikan. Sehingga, dapat digunakan untuk mencegah pencuri atau orang tidak bertanggung jawab untuk mereset perangkat.

Ada beberapa langkah yang dapat Paradiva lakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

Fitur Security ColorOS 12

  1. Buka aplikasi Settings di handphone.
  2. Masuk ke menu Password & security
  3. Pilih opsi System security dan pilih Require password to power off
  4. Tekan tombol toggle di sebelah Require password to power off hingga menyala atau berwarna

Setelah fitur sudah diaktifkan, nantinya setiap permintaan pengisian password, PIN maupun Pattern akan muncul saat kamu atau orang lain ingin mematikan perangkat OPPO Reno8 Series-mu.

Namun, jika kamu telah mengaktifkan fitur pemindai sidik jari, maka sistem pada fitur Security ColorOS 12.1 akan memintamu untuk menempelkan sidik jari pada sensor fingerprint setiap ingin mematikan perangkat.

App Lock dan Hide Apps

Untuk menjaga privasi supaya aplikasi tidak dapat diakses oleh sembarang orang, fitur Security ColorOS 12.1 telah membawa fitur yang mumpuni. Yakni, fitur App Lock dan Hide Apps.

Fitur App Lock berfungsi untuk memungkinkan aplikasi yang terkunci akan meminta Password, Pattern, PIN dan sidik jari ketika ingin dibuka oleh pengguna. Hal tersebut tentunya membuat orang lain yang ingin membukanya harus meminta izin keamanan kepadamu.

Fitur Security ColorOS 12

Sementara, fitur Hide Apps memungkinkan aplikasi disembunyikan sehingga tidak dapat terlihat pada laman Home Screen maupun Drawer Apps.

Untuk dapat melihat kembali aplikasi yang telah disembunyikan, Paradiva harus menekan kode tertentu pada aplikasi Phone. Yakni, melalui kombinasi #[angka]#. Misalnya, #2122# dengan secara otomatis akan memperlihatkan aplikasi yang telah disembunyikan.

Namun, apabila Paradiva mematikan kedua fitur ini, maka aplikasi dapat dikembalikan. Misalnya, dapat langsung diakses melalui halaman Home Screen maupun Drawer Apps.

Fitur Private Safe

Jika Paradiva ingin menyembunyikan file penting agar tidak dapat dilihat oleh sembarang orang, maka kamu dapat menggunakan fitur private safe pada fitur Security ColorOS 12.1.

Fitur Private Safe berfungsi untuk menyembunyikan file tertentu. Setiap yang tersimpan dalam fitur ini, hanya dapat diakses apabila kamu memilih Password, Pattern, PIN atau sidik jari pada handphone.

Fitur Security ColorOS 12

Dalam halaman Private Safe, terdapat empat kategori folder untuk menyimpan file yang terdiri atas Images and videos, Audio, Documents, dan Other files. Selain jenis file dari ketiga kategori utama tersebut, maka secara otomatis akan masuk ke folder Other Files.

Tentunya hal ini sangat membantu kamu apabila ingin menyembunyikan foto, video, maupun dokumen yang bersifat pribadi. Supaya, tidak dapat diakses oleh orang lain karena tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Photos maupun File Manager.

Nantinya, setelah fitur Private Safe aktif, maka kamu hanya perlu memilih foto, video, audio, dokumen maupun jenis file lainnya agar diatur opsi ke Set as Private. Sementara, jika kamu ingin meluncurkannya lagi, Paradiva dapat memilih file dan atur ke Set as Public pada halam Private Safe.

Proteksi aplikasi keuangan

Payment Protection merupakan salah satu fitur menarik yang dihadirkan oleh fitur Security ColorOS 12.1. Pasalnya, fitur tersebut dapat menjaga kemanan ketika Paradiva sedang mengakses aplikasi perbankan maupun melakukan pembayaran secara online di berbagai situs.

Fitur Payment Protection sendiri hadir dengan Secure Keyboard. Agar dapat mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan oleh keylogger maupun malware dan memberikan pencegahan pengiriman data yang diinput ke jaringan internet.

Saat Paradiva membuka aplikasi yang melibatkan keuangan, maka fitur Payment Protection akan aktif dengan memberi ikon huruf S dalam tameng pada bagian Status Bar. Dimana dapat mengisyaratkan bahwa aplikasi telah diproteksi. Rata-rata fitur ini sendiri akan aktif saat aplikasi perbankan dan e-commerce dibuka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Logitech Hadirkan Keyboard ‘Signature Series’ Terbaru
Gadget

Logitech Hadirkan Keyboard ‘Signature Series’ Terbaru

Logitech Indonesia mengumumkan perilisan Logitech Signature K650 Wireless Comfort Keyboard. Keybo..

Daftar Hape OPPO yang Bakal Dapat Pembaruan ColorOS 13
Gadget

Daftar Hape OPPO yang Bakal Dapat Pembaruan ColorOS 13

Gadgetdiva.id — ColorOS 13 telah diluncurkan secara global. Berikut adalah jadwal peluncura..

Intip Rangkaian Fitur ColorOS 13 Terbaru Berbasis Android 13
Gadget

Intip Rangkaian Fitur ColorOS 13 Terbaru Berbasis Android 13

Gadgetdiva.id — Menjadi sistem operasi terbaru besutan OPPO, ColorOS 13 dirancang berbasis ..

ColorOS 13 Debut Global, Bawa Desain Aquamorphic
Gadget

ColorOS 13 Debut Global, Bawa Desain Aquamorphic

Gadgetdiva.id — OPPO resmi rilis sistem operasi ColorOS 13 untuk pengguna globalnya kemarin..


;