Fitur ColorOS 13 yang Bikin Pengen Pakai OPPO Lagi

0
20
ColorOS 13

Gadgetdiva.id — OPPO ColorOS 13 baru saja diluncurkan beberapa minggu lalu. Sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur baru.

Sejatinya, ColorOS 13 merupakan gabungan dari sejumlah fitur utama Android 13. Fitur yang dibawanya meruapkan serangkaian pembaruan bagi koneksi multi-perangkat pintar yang lebih meningkatkan produktivitas dengan pengalaman cerdas.

UI ColorOS 13 OPPO nampak lebih halus, intuitif dan seharusnya tidak menajdi bagian terlemah dari ponsel pabrikan. Nah, ada beberapa fitur ColorOS 13 yang dapat membuatmu jadi pengen pakai perangkat OPPO lagi. Berikut adalah ulasannya.

ColorOS 13

Punya wawasan Always-on Display dari OnePlus

OnePlus menghadirkan Insight always-on display (AOD) yang ada pada ponsel andalannya beberapa tahun lalu. Kini, dengan adanya ColorOS 13, fitur tersebut masuk ke ponsel OPPO.

Secara tidak sadar, Insight AOD menunjukkan perilaku digital kita. Fitur ini memiliki bilah warna yang melecak berapa kali kamu membuka kunci ponsel dan jam yang dihabiskan oleh perangkatmu.

Insight AOD ini dikatakan mendorong pengguna untuk lebih menjaga kesehatan digital mereka. Menurut OnePlus, fitur tersebut dapat mendorong pengguna supaya dapat menghabiskan lebih banyak waktu menikmati hidup jauh dari ponsel mereka.

ColorOS 13

Lebih banyak peningkatan dalam Always-on Display

OPPO kini menyediakan lebih banyak kontrol pada antarmuka yang dapat dilihat sekilas. Melalui fitur tersebut, kamu kini dapat mengontrol Spotify pada AOD. Sehingga, tidak hanya dapat memutar, menjdda atau menghentikan musik, namun kamu jgua dapat memilih playlist dari bagian reomendasi.

Lebih lanjut, ColorOS 13 dilengkapi dengan animasi baru pada layar AOD. Di sisi lain, OPPO melanjutkan kemitrannya dengan Snapchat untuk membawa Bitmoji masuk dalam layar Always-on Display.

ColorOS 13

Perubahan desain UI

ColorOS 13 mengenalkan tema warna biru baru pada control service-nya. Fitur tersebut dikatakan telah mengambil inspirasi dari air, namu ketika kamu melewati jargon pemasaran, kamu mendapatkan tampilan cantik yang mengingaktan pada OxygenOS.

Font dan topgrafi pada sistem telah diperbarui. Secara pribadi, font akan dapat lebih mudah dibaca dengan tampilan font yang sedikit lebih lebar.

ColorOS 13

ColorOS 13 juga mendapatkan tata letak kartu bergaya OnePlus pada pengaturan untuk mengatur antarmuka. Fitur ini pertama kali muncul di Samsung UI beberapa tahun yang lalu dan produsen lain tampaknya telah mengambil insporasi dari perangkat Galaxy.

Pada ColorOS 13, Paradiva bisa mendapatkan ukruan kartu yang berbeda untuk mengurutkan dan mengklasifikasikan informasi sesuai dengan jenis konten. Misal, kartu konektivitas akan menyertakan Wi-Fi, Seluler dan Bluetooth.

Folder besar mirip iOS

ColorOS 13 membawa folder yang berukurang besar. Paradiva dapat menekan dan menahan folder untuk mengubah ukuran dari 1×1 menjadi 2×2.

Saat diubah, Paradiva dapat mengetuk ikon aplikasi untuk langsung membukanya tanpa membuka folder. Fitur ini adalah terbaik dari kedua dunia.

Paradiva dapat menyimpan banyak aplikasi di area kecil pada layar berandamu. Serta, untuk aplikasi yang paling sering kamu gunakan, mereka hanya berjarak satu ketukan.

ColorOS 13

Hadirkan Widget Baru

ColorOS 13 juga menyertakan widget baru — beberapa dipinjam langsung dari Google Material You. Seperti Jam, Cuaca, dan Google Calendar.

Widget juga mendukung aplikasi lain seperti Spotify, Google Keep dan lainnya. Google sendiri muali lebih serius terkait widget tahun lalu dengan Android 12.

Kini merupakan perjuangan berat yang dilanjutkan dengan Android 13. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, namun senang melihat OPPO juga berkontribusi dalam perjuangan ini dan meningkatkan beberapa widget sendiri juga.

Desain ulang Control Center

ColorOS 13 menghadirkan control center yang didesain ulang. Salah satunya adalah bagian untuk beralih di antara perangkat pemutaran saat memutar lagu dari Spotify.

Control Center baru juga memungkinkan kamu mengetuk sakelar Wi-Fi dan Bluetooth untuk memilih perangkat Wi-Fi atau Bluetooth masing-masing. Sekarang, juga dapat berubah ke mode lansekap dengan tata letak yang ditingkatkan yang berguna saat kamu bermain game atau menonton film di ponselmu.

Auto Pixelate

Dengan ColorOS 13, Paradiva dapat membuat piksel tangkapan layar obrolan dengan satu ketukan. Fitur ini membuat pixelate nama atau nomor penerima serta foto profil.

OPPO menyatakan bahwa fitur tersebut mengaburkan avatar dan nama panggilan di tangkapan layar obrolan berdasarkan model algoritme pada perangkat. Ini telah bekerja dengan cukup baik dalam skenario kehidupan nyata dan membuat berbagai tangkapan layar tersebut jauh lebih nyaman daripada sebelumnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini