Samsung Bakal Luncurkan Prosesor Tensor Exynos 1380

0
19
Exynos 1380

Gadgetdiva.id — Samsung dilaporkan sedang mengerjakan prosesor terbarunya, yakni Tensor generasi beriktunya dari Google. Prosesor tersebut bakal Exynos 1380 SoC.

Sebelumnya, Samsung telah memproduksi chip Tensor pertama Google pada proses node 5nm. Chipset tersebut digunakan dalam seri Pixel 6 dan menawarkan beberapa kinerja yang layak.

Kini, menurut laporan GalaxyClub, Samsung sedang menguji chipset Tensor generasi berikutnya. Chipset dengan nomor model S5P9865 ini disebut sebagai chipset Google Tensor generasi ketiga yang akan mentenagai seri Pixel 8.

Papan pengembangan chipset memiliki nama kode ‘Ripcurrent’ dan chip tersebut diberi nama kode ‘Zuma’. Tensor SoC generasi pertama juga memiliki nomor model yang sama (S5P9845), sehingga diasumsikan bahwa chipset tersebut adalah Tensor SoC buatan Samsung.

Laporan menunjukkan bahwa Tensor 2 akan dikembangkan pada papan pengembang yang disebut “Cloudripper” yang berarti nomor model yang baru ditemukan (S5p9865). Kemungkinan akan menjadi generasi ketiga SoC Tensor.

Prosesor Samsung Exynos 1380

Sebaliknya, SoC Exynos 1380 dirumorkan menjadi penerus SoC Exynos 1280 yang telah diluncurkan sebelumnya pada April tahun ini. Sesuai laporan, Exynos 1280 SoC sedang dikembangkan dan diuji di bawah kode produk S5E8835.

Sedangkan, Exynos 1280 ditemukan pada Galaxy A53. Sehingga, kita dapat mengharapkan penerusnya untuk memberi daya pada Samsung Galaxy A54.

Galaxy A53 5G
Ilustrasi Galaxy A53 5G

Samsung sendiri belum mengonfirmasi secara detail terkait pengembangan SoC baru. Informasi tersebut didasarkan pada spekulasi yang dikutip dari Gizmochina.

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan prosesor terbaru besutannya pada bulan Januari lalu. Prosesor tersebut adalah Exynos 2200 yang digunakan oleh perangkat Galaxy S22 Series.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini