Mengenal Perjalanan ASUS ZenBook dari Tahun ke Tahun

0
ASUS ZenBook

Gadgetdiva.id — ASUS siap meluncurkan seri ASUS ZenBook 14X OLED Space Edition, hari ini (15/9). Namun, Paradiva mesti tahu nih perkembangan yang dihadirkan ASUS untuk laptop ZenBook-nya.

Jauh sebelum menghadirkan seri ASUS ZenBook pertama di tahun 2011, laptop ASUS pernah diboyong ke luar angkasa untuk menjadi perangkat pendukung sebuah misi di stasiun MIR. Tepatnya pada tahun 1997, laptop yang dibawa ialah ASUS P6100 yang mampu berahan dalam lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah.

Mampunya ASUS menghadirkan laptop yang mumpuni untuk bahkan sampai ke luar angkasa, ASUS P6100 menjadi tonggak sejarah bagi perusahaan. Sehingga, saat ini pihaknya terus mengedepankan invoasi dan kualitas pada tiap produknya.

ASUS ZenBook

Perjalanan ASUS ZenBook Tiap Tahunnya

Kembali lagi ke seri ZenBook, ASUS pertama kali menghadirkan seri tersebut ke pasar pada tahun 2011. Laptop tersebut disebut ZenBook UX31 yang hadir dengan konsep desain Zen Garden sehingga membawa guratan melingkar.

Lebih lanjut, ZenBook UX31 ini menjadi salah satu ultrabook pertama ASUS dan behrasil menyabet dua penghargaan, iF Design Award dan Good Design Award. Hanya saja, pencapaian tersebut tidak membuat ASUS berhenti membawa inovasi.

ASUS ZenBook

Di tahun 2013, ASUS mengenalkan ZenBook UX301 yang menjadi laptop pertama di dunia yang menggunakan layar Gorilla Glass 3. Setahun berikutnya, ASUS hadir dengan ZenBook Pro pertama yang dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce GTX dan layar 15,6 inci bereslosui 4K UHD.

Tahun 2015, ASUS menghadirkan ZenBook Flip S (UX370) di tahun 2017 dan ZenBook 13 (UX331UAL) di tahun 2018. ASUS ZenBook Flip S (UX370) masih menjadi laptop convertible paling tipis di dunia hingga saat ini serta yang pertama mengadopsi fitur ErgoLift. 

ASUS ZenBook 13 (UX331UAL) sendiri merupakan seri ZenBook paling ringan hingga saat ini dengan bobot hanya 985 gram. Tidak hanya itu, laptop tersebut juga dibekali chassis yang sangat kokoh dan merupakan ZenBook pertama yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).

ASUS ZenBook

Tahun 2019, ASUS kembali menghadirkan inovasi berupa ScreenPad Plus. Sesuai dengan namanya, ScreenPad Plus merupakan layar kedua yang ukurannya lebih besar dari ScreenPad dan diposisikan tepat di bawah layar utama yang sejajar dengan keyboard, sehingga memungkinkan penggunanya menikmati ruang kerja yang lebih luas. ScreenPad Plus pertama kali hadir di ZenBook Pro Duo 15 (UX581) dan ZenBook Duo 14 (UX481).

Tahun 2020, ASUS mulai menyediakan laptop yang diperuntukan sebagai perangkat kantoran. Sehingga, mumpuni bagi aktivitas penggunanya yang produktif.

ZenBook Pro 15 (UX580) merupakan seri ZenBook pertama yang mengadopsi ScreenPad, yaitu layar kedua yang juga berfungsi sebagai layar kedua. ScreenPad juga dilengkapi dengan berbagai fungsi ekstra seperti dapat terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office hingga Spotify. 

Di tahun 2021, ASUS memperkenalkan fitur Control Panel untuk ScreenPad Plus. Fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi kreatif populer dari Adobe tersebut memungkinkan ScreenPad Plus diubah menjadi panel kontrol virtual yang dapat dikustomasi. ASUS juga menghadirkan pembaruan pada fitur Screen Xpert di ScreenPad Plus sehingga memiliki antarmuka yang lebih modern, simpel, dan mudah digunakan.

ZenBook 14X OLED Space Edition

Zenbook 14X OLED Space Edition yang hadir di Indonesia adalah laptop edisi khusus dengan tema luar angkasa yang unik yang sekaligus menandakan perjalanan panjang 25 tahun laptop ASUS setelah berangkat ke stasiun ruang angkasa MIR. Sesuai dengan tajuknya, laptop ini hadir dengan warna Zero-G Titanium yang sering digunakan di berbagai wahana antariksa. 

ASUS ZenBook

Zenbook 14X OLED Space Edition dilengkapi dengan ZenVision, sebuah layar berukuran 3,5-inci yang berada di balik layar utama laptop ini. ZenVision hadir seperti jendela pada wahana antariksa dan stasiun luar angkasa yang memungkinkan penumpangnya untuk melihat ke arah kosmik yang luas.

Zenbook 14X OLED Space Edition tidak hanya sekadar tampil istimewa dari tampilannya, tetapi juga sangat powerful. Laptop ini telah ditenagai oleh 12th Gen Intel Core yang didukung oleh memori LPDDR5 berkecepatan tinggi. Zenbook 14X OLED Space Edition juga dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe Gen4 SSD serta konektivitas paling modern untuk pengalaman penggunaan terbaik.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan