7 Fitur Keamanan ColorOS 13

0
Screenshot di OPPO Reno8 Z 5G

Gadgetdiva. id — Sistem operasi terbaru besutan OPPO, ColorOS 13 bakal segera diluncurkan untuk perangkat OPPO Reno8 Series. Dengan berbasis Android 13, akan ada fitur keamanan ColorOS 13 yang diboyong.

ColorOS 13 sebelumnya telah diluncurkan secara global. Banyak sekali fitur baru yang dihadirkan. Salah satunya adalah fitur keamanan.

Pada konferensi pers OPPO Reno8 Series kemarin (15/9), Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan setidaknya ada 7 fitur keamanan ColorOS 13. Untuk menghadirkan fitur tersebut, pihaknya telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO, ePrivacy dan TrustArc.

7 Fitur Keamanan ColorOS 13

Require Password to Power Off

Fitur keamanan ColorOS 13 ini akan melindungi perangkatmu dari orang tidak bertanggung jawab. Yakni, mematikan perangkat meski ponsel sedang terkunci.

Dengan adanya fitur require password to power off ini, perangkat akan meminta password-mu. Sehingga, saat perangkat tersebut hilang tak ada yang dapat mematikan ponselmu.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Recent Tasks Protection

Fitur keamanan ColorOS 13 selanjutnya yang dihadirkan ialah fitur recent tasks protection. Berkat adanya fitur tersebut, perangkat dapat mencegah informasi sensitif terekspos ke orang lain.

Terutama saat beralih ke antar aplikasi. Hingga saat ini, lebih dari 800 aplikasi yang telah didukung dengan fitur tersebut.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Anti-peeping Notification

Nah, fitur keamana ini menjadi salah satu paling dibutuhkan oleh pengguna. Berkat adanya fitur tersebut perangkat dapat menyemunyikan detail notifikasi.

Khususnya, saat sedang berada di kendaraan umum. Fungsinya agar orang lain tidak dapat membaca isi notifikasi, melainkan hanya melihat logo aplikasi. Saat kamu mengaktifkan fitur ini, perangkat akan secara otomatis menampilkan logo aplikasi, misalnya WhatsApp, bukan isi dari pesan yang kamu dapatkan.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Photo information protection

Fitur ini berfungsi saat pengguna akan berbagi foto maupun video dari album foto. Saat diaktifkan, perangkat akan menawarkan opsi untuk menghapus informasi lokasi foto dan meta data foto tambahan. Misalnya ialah nama, waktu, model ponsel dan parameter untuk melindungi privasi.

Fitur Keamanan ColorOS 13

5-Grade Access Control

Berkat fitur keamanan ColorOS 13 ini, pengguna akan memiliki kendali penuh atas siapa saja yang dapat melihat data pada perangkat. Serta, kapan data tersebut dapat diakses. Fitur tersebut ialah Dasbor Privasi, Berbagi Lokasi Perkiraan, Indikator Mikrofon dan Kamera, Pengalih Mikrofon dan Kamera serta Presentasi Notifikasi.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Secure Keyboard

Untuk menjamin keamanan data dan privasi, secure keyboard dapat menjadi salah satu solusinya. Berkat adanya fitur ini, perangkat dapat mencegah perekaman input angka atau teks maupun data yang diinput melalui keyboard ke jaringan internet. Terutama untuk keamanan dalam transaksi digital.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Payment Protection

Selama proses pembayaran, fitur payment protection ini akan menjalankan pemeriksaan otomatis pada URL yang diakses saat menggunakan browser OPPO. Sekaligus, URL yang terdapat dalam pesan yang diterima untuk mengurangi risiko pembayaran dan memastikannya tetap aman.

Fitur Keamanan ColorOS 13

Lebih lanjut, OPPO juga turut membocorkan timeline peluncuran dari ColorOS 13 versi beta untuk OPPO Reno8 Series-nya. Seperti, pada OPPO Reno8 Pro 5G sistem operasi akan meluncur pada September 2022 ini.

Selanjutnya, peluncuran akan dilakukan pada bulan Oktober 2022 pada perangkat OPPO Reno8 5G. Sedangkan, pada bulan Desember 2022, sistem operasi akan meluncur pada pernagkat OPPO Reno8 dan OPPO Reno8 Z 5G.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini