Menjajal Baterai Samsung Galaxy Tab S8+ 5G, Bisa Bertahan Seharian

0
115
Galaxy Tab S8
Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Gadgetdiva.id – Samsung Galaxy Tab S8+ 5G bisa dibilang memiliki baterai lumayan besar. Kapasitas baterai Samsung Galaxy Tab S8+ 5G mencapai 10.090 mAh. Samsung mengklaim kemampuannya bisa bertahan seharian penuh.

Kami pun mendapat kesempatan untuk bisa mengetes kemampuan baterai Samsung Galaxy Tab S8+ 5G. Walaupun bodinya tipis, Samsung berhasil menyematkan kapasitas baterai besar 10.090 mAh. Tentunya, untuk penggunaan hiburan saja, bisa tahan lebih dari satu hari. Lalu bagaimana untuk skenario produktivitas?

Ketika satu hari meninggalkan laptop dan hanya membawa Samsung Galaxy Tab S8+ 5G, perangkat ini bisa menyala mulai pukul 9 pagi, hampir non-stop hingga pukul 7 malam. Dengan layar terus menyala dan tersambung ke Wi-Fi (tanpa kartu SIM), baterai tersisa belasan persen. Cukup impresif.

Galaxy Tab S8
Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Saat baterai habis, Samsung Galaxy Tab S8+ 5G bisa diisi lewat powerbank tentunya. Arus maksimumnya bisa sampai 45W. Prosesnya tergolong cukup singkat, hanya kisaran 90 menit saja. Ingat, kapasitas baterainya dua kali baterai smartphone, tapi tak sampai memerlukan waktu lebih dari dua jam.

Saat pengujian, kami membuka banyak aplikasi seperti email, pengiriman pesan, browsing, menonton YouTube, mengedit foto, dan sejenisnya. Semuanya sambil mendengarkan musik melalui headphone Bluetooth. Hari-hari pertama, tablet tidak pernah melampaui 8,5 jam masa pakai baterai. Hal ini dikarenakan operasionalnya memang cukup berat. Seperti yang kami jelaskan di atas.

Perangkat Samsung Galaxy Tab S8+ 5G ini cukup membantu menjalani kegiatan sekolah online di rumah, atau bekerja di rumah. Selain layarnya besar, baterainya pun bertahan cukup untuk sehari, walau terkadang di malam hari, baterai sudah mulai harus dicharge.

Galaxy Tab S8

Untuk menjadikan Samsung Galaxy Tab S8+ 5G ini sebagai perangkat hiburan, yakni menonton Netflix, khususnya drama Korea selama ber-jam-jam, daya tahan baterai ini mampu sampai 9,5 jam. Dengan kata lain, sepertinya durasi baterai cukup bervariasi tergantung tingkat penggunaannya.

Galaxy Tab S8+ 5G mendukung pengisian kabel hingga 45W dengan charger USB Power Delivery PPS yang kompatibel. Beberapa kali, kami sempat melakukan pengisian daya dengan charger 30W. Hasilnya, butuh 105 menit untuk mengisi ulang tablet, sedangkan pengisi daya 45W bawaan tablet Samsung  membutuhkan waktu sekitar 80 menit untuk mengisi ulang. Ini adalah angka yang cukup bagus untuk baterai seukuran ini, dan jauh lebih cepat dari kompetitornya, Apple iPad sekalipun. 

Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8+ tersedia dengan harga Rp16.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold. Bagi yang berminat, tablet ini bisa didapatkan di Samsung.com

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini