iPhone 14 Kamu Bisa Fleksibel Kayak Samsung Galaxy Z Fold4 | Flip4 5G Ga?

0
Galaxy Z Series
Samsung Mengumumkan Generasi Terbaru Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G yang Menghadirkan Interaksi Terbarukan antara Smartphone dan Penggunanya

Gadgetdiva.id — iPhone 14 sudah meluncur dan semua orang terkesima dengan fitur Dynamic Island, yang bisa membuat poni layar berubah bentuk dan lebih interaktif. Memang itu cukup keren, tapi sepertinya hanya itu yang terbaru dari iPhone.

Berbeda dengan smartphone berbasis Android, seperti Samsung misalnya, yang mengeluarkan smartphone baru dengan desain dan fitur yang selalu ditingkatkan. Seperti Samsung Galaxy Z Flip4 5G atau Galaxy Z Fold4 5G, yang jelas-jelas memiliki fitur anti-mainstream.

Desain iPhone yang itu-itu saja membuat ada meme popular yang menyindir. Dalam gambar tersebut terlihat seorang pria tua yang menggunakan kemeja berwarna cokelat, sambil memegang kemeja yang masih terlipat di tangannya, dengan warna dan motif yang sama. Ini menunjukkan jika iPhone 14 hanya mengikut desain generasi sebelumnya. Berbeda dengan Samsung yang kini memiliki desain lipat.

iPhone 14
Ilustrasi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Dengan kemampuan lipatnya, Samsung menunjukkan selangkah lebih baik dari iPhone. Pasalnya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Samsung Galaxy Z Flip4 5G atau Galaxy Z Fold4 5G, terutama kamera yang lebih fleksibel. Tidak heran jika mereka menyebutnya FlexCam.

FlexCam sendiri merupakan fitur eksklusif yang hanya hadir di Galaxy Z Flip4 5G. Dengan mekanisme buka tutup layar fleksibel, kamu dapat membukanya secara presisi, mulai dari 75-115 derajat. Dengan begitu, arah layar maupun kamera bisa disesuaikan untuk beragam keperluan.

Berikut kemampuan yang bisa dilakukan di Samsung Galaxy Z Flip4 5G atau Galaxy Z Fold4 5G, dan tidak bisa dilakukan di iPhone 14.

Hands-free

Dengan Samsung Galaxy Fllip atau Fold ini, pengguna tidak perlu lagi meminta bantuan orang lain untuk melakukan foto grup atau yang membutuhkan wide angle. Solusi paling keren yang dihadirkan Samsung adalah dengan menggunakan ponsel yang punya hands-free mode. Bukan dari aplikasi, melainkan benar-benar ponsel tidak dipegang saat ingin memfoto.

iphone 14

Caranya mudah, tinggal tekuk layar Samsung Galaxy Z Flip4 5G, kemudian dalam keadaan terbuka letakkan perangkat di atas meja, atau sejajar dengan wajah. Kemudian, gunakan gerakan tangan terbuka untuk memencet tombol shutter secara otomatis. Bisa kebayang kan, tak ada campur tangan sama sekali.

Selfie pakai kamera utama, iPhone 14 Tak Bisa

Saat ini semua ponsel melakukan selfie menggunakan kamera tambahan yang ada di atas layar. Layar berukuran 6 inci lebih diubah menjadi viewfinder. Terkadang, hasil kameranya pun tidak memuaskan karena biasanya spesifikasi kamera selfie lebih rendah puluhan kali dibanding kamera utama.

iphone 14
Raline Shah menggunakan Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Tidak demikian dengan Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Pengguna bisa menggunakan kamera utama sebagai kamera selfie atau memotret wajah dari depan. Hal ini sangat memungkinkan karena layar yang terlipat dan layar tambahan di cover Galaxy Z Flip4 5G. Cukup tekan tombol power dua kali dari posisi standby, dan Cover Screen secara otomatis akan tampilkan viewfinder dari kedua sensor kamera utama. Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto selfie baik dari sensor wide angle, ultra-wide angle, sampai mode portrait sekalipun. Proses ambil foto semudah menekan tombol volume, atau menunjukkan telapak tangan ke kamera untuk aktifkan timer otomatis. Merekam video pun bisa dari cover screen, tinggal geser layar cover, pilih mode video, lalu rekam dengan mengarahkan tangan terbuka ke layar. Selain lebih cepat daripada harus mengakses kunci utama, foto selfie yang ditangkap bakal jauh lebih berkualitas. Dengan begitu, pengguna Galaxy Z Flip4 5G bisa menangkap momen instan yang ada sehari-hari.

Ambil Foto dan atau Video ala Handy-cam

FlexCam pada Galaxy Z Flip4 5G juga bisa membuat kamu lebih bergaya, salah satunya seperti menggunakan camcorder. Caranya? Buka layar utama hingga sudut 90 derajat, posisikan secara landscape dan genggam bagian layar yang paling dekat dengan wajah. Secara otomatis, tampilan layar yang mengarah lurus ke wajah akan tampilkan viewfinder dari kamera belakang, sementara ibu jari secara pas dapat meraih tombol shutter yang ada di bagian layar bawah. Metode pengambilan a-la handycam ini secara natural membuat pengambilan video lebih stabil.

Galaxy Z Flip4 5G

Selain itu, sensor kamera utama Galaxy Z Flip4 5G juga dibuat lebih superior dari generasi sebelumnya. Memiliki ukuran piksel individu lebih besar, cahaya yang ditangkap 65% lebih banyak. Dipadukan bersama Enhanced OIS plus VDIS, tangkapan video tentu bakal terlihat lebih stabil, termasuk di malam hari.

Tangguh Pakai IPX8

Bodi Galaxy Z Flip4 5G pun tak kalah kokoh dari iPhone 14. Bagian luar telah dirancang agar lebih tahan pecah berkat proteksi dari Corning Gorilla Glass Victus+. Samsung juga telah mengikuti mekanisme lipatan layarnya—setidaknya bakal tahan minimum hingga 200 ribu kali buka-tutup. Tak hanya itu, smartphone ini juga termasuk yang pertama di dunia dengan sertifikasi IPX8. Artinya, perangkat bakal tetap aman ketika tidak sengaja terkena air, bahkan hingga kedalaman 1,5 meter.

Supaya pengguna tidak perlu terlalu worry tentunya. Galaxy Z Flip4 5G juga dibekali baterai 3,700 mAh yang lebih besar, untuk durasi penggunaan yang lebih lama lagi.

Ada empat opsi warna utama (Graphite, Pink Gold, Bora Purple, Blue) dan Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition, hadirkan 75 kombinasi warna berbeda pada tampilan eksteriornya. Bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/128GB), Rp14.999.000 (8GB/256GB), & Rp16.999.000 (8GB/512GB) untuk opsi dengan penyimpanan memori terluas.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan