Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro Telah Tiba di Android

0
pertama pakai iphone 14
Foto: BGR

Gadgetdiva.id — Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro beberapa waktu ini sempat populer dikalangan penggunanya. Kini, fitur tersebut telah hadir untuk pengguna Android.

iPhone 14 dan iPhone 14 Pro memiliki fitur dan spesifikasi baru. Beberapa pengguna menyukai salah satu fitur yang disebut Dynamic Island pada iPhone 14 Pro.

Fitur Dynamic Island memungkinkan “pulau” untuk menampilkan berbagai informasi. Misalnya adalah notifikasi yang berada dalam ruang gelap.

Selama peluncuran iPhone 14 Pro, Apple telah mendemonstrasikan beberapa aplikasi. Di antaranya ialah Apple Play dan pemutaran musik yang menggunakan “pulau” tersebut untuk menampilkan beragam informasi yang terkait.

Perangkat yang terhubung seperti AirPods juga dapat menampilkan informasi seputar status pada mini window. Banyak penggemar Android juga yang telah menunjukkan minat pada Dynamic Island iPhone. Pasalnya, dapat membantu menutupi beberapa “kejelekan” dari potongan kamera dengan ponsel OLED.

Dynamic Island

Dynamic Island untuk Android

Melihat fenomena tersebut, Jawomo, sebuah studio pihak ketiga yang berspesialisasi dalam aplikasi kualitas hidup untuk Andoid mendengarkan feedback dari pengguna Android. Mereka memutuskan untuk mengembangkan aplikasi bernama dynamicSpot yang memiliki fungsi serupa dengan Dynamic Island pada iPhone 14 Pro.

Aplikasi dynamicSpot sendiri berfungsi sebagaimana mestinya. Meski, push-notification mereka harus diaktifkan.

Sayangnya, pengaturan tersebut menyebabkan kekhasan kecil yang menampilkan informasi serupa dua kali. Pertama, di tempat kamera yang diperluas. Sementara, yang lainnya dalam push-notification.

Aplikasi ini masih memiliki beberapa manfaat bagi pengguna. Di antaranya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan banyak aspek Dynamic Island. Misalnya, posisi ukuran, notifikasi dan masih banyak lagi.

Pelanggan dapat meningkatkan ke versi berbayar melalui pembelian dalam aplikasi. Peningkatan memungkinkan pelanggan untuk melakukan tap lama di tempat yang memperluasnya menjadi gelembung yang jah lebih besar, mirip dengan apa yang ditunjukkan Apple dalam demi Dynamic Island.

Dynamic Island
Ilustrasi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Dynamic Island senidir merupakan fitur yang menarik dan menutupi ruang di sekitar kamera yang menghadap ke depan. Versi Apple lebih “ramping” daripada dynamicSpot. Namun, Apple mengizinkan pengembang mengakses API Dynamic Island, sedangkan alternatif Android beroperasi pada tingkat push notification level.

Apple tidak diragukan lagi bangga dengan fitur tersebut. Pasalnya, mereka dilaporkan berencana untuk meluncurkannya ke semua mode iPhone 15 tahun depan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini