Google Pixel 7 Series Pakai Chipset Tensor G2

0
Google Pixel 7

Gadgetdiva.id — Google akhirnya resmi meluncurkan dua perangkat flagshipnya yang terangkum dalam Google Pixel 7 Series. Seri ini terdiri atas Google Pixel 7 dan Google Pixel 7 Pro.

Tak seperti vendor smartphone lainnya yang sering merilis perangkat baru, Google sebaliknya. Perusahaan tersebut baru meluncurkan tiga perangkat di tahun 2022 ini. Setelah sebelumnya adalah Google Pixel 6a, kini giliran Pixel 7 Series.

Sama seperti generasi sebelumnya, dalam hierarki Google Pixel 7 Series sendiri Pixel 7 Pro berada di atas Pixel 7. Varian Pixel 7 Pro dari seri ini membawa tampilan dan kamera yang lebih baik. Sedangkan, varian Pixel 7 hadir dengan harga yang lebih murah.

Google Pixel 7

Google Pixel 7 Series

Google Pixel 7 Pro

Pixel 7 Pro diklaim sebagai ponsel terbaik besutan Google untuk satu tahun kedepan. Perangkat ini membawa keunggulan dalam berbagai aspek.

Mulai dari layar refresh rate yang tinggi, sensor kamera besar, tampilan yang khas dan fiturnya yang memang mumpuni. Google bahkan menjanjikan akan menghadirkan software yang lama untuk penggunanya.

Sebenarnya, perbedaan dari Pro tahun lalu pun tidak banyak. Semuanya menggunakan chipset Tensor G2 yang baru dan kamera telefoto yang diperbarui.

Chipset Tensor G2 sendiri dibuat dengan proses Samsung 4nm Samsung. Namun, merupakan peningkatan dari 5nm yang digunakna untuk chip asli.

Google Pixel 7

Unit pemrosesan Tensor generasi ini mampu menjalankan tugas pembelajaran mesin 60 persen lebih cepat dan 20 persen lebih efisien. Chipset ini bertanggung jawab atas fitur-fitur seperti Photo Unblur yang eksklusif untuk masing-masing Pixel 7 dan 7 Pro.

Pixel 7 Pro ini membawa kapasitas RAM 12GB. Pengguna juga dapat memilih kapasitas memori yang hadir sebesar 128GB, 256GB dan 512GB. Perangkat tidak memilki slot microSD.

Perangkat dirancang menggunakan AI canggih Google untuk menghilangkan blur dan noise dari foto-foto lama yang diambil bertahun-tahun lalu. Chipse tini juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja kamera Pixel 7.

Beralih ke sistem kamera, Pixel 7 Pro membawa sensor utama kamera belakang beresolusi 50MP dengan teknologi OIS yang dapat merekam video dengan resolusi 4K dalam 30fps dan 60fps, kamera telefoto beresolusi 48MP dan kamera ultra wide 12MP.

Google Pixel 7

Kamera telefotonya memiliki lensa lebih panjang dengan perbesaran optik 5x. Jangkauan ekstranya datang dengan biaya sensor yang sedikit lebih kecil. Sedangkan, kamera seflienya beresolusi 10.8MP dengan bukaan f/2/2 dan ultra-wide hingga 21mm.

Menggunakan layar AMOLED berukuran 6,71 inci dengan refresh rate hingga 120Hz. Layarnya telah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Pada bagian baterai, Pixel 7 Pro membawa baterai dengan kapasitas 5000mAh. Dengan teknologi fast charging 30W yang dapat mencapai 50% dalam waktu 30 menit.

Google Pixel 7

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Google Pixel 7 hadir dengan harga yang lebih murah. Perangkat juga memiliki tampilan lebih kecil.

Meski sama seperti varian Pro-nya, Pixel 7 juga menggunakan chipset Tensor G2 yang dilengkapi dengan RAM 8GB. Serta, kapasitas memori sebesar 128GB dan 256GB.

Hadir sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya, layar Pixel 7 berukuran 6,3 inci. Layarnya masih berupa panel AMOLED dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 90HZ.

Google Pixel 7

Konfigurasi kamera Pixel 7 terdiri atas kamera utama beresolusi 50MP dengan teknologi OIS. Serta, kamera ultra wide yang beresolsui 12MP dan kamera selfie dengan resolusi 10.8MP.

Dengan tampilan Pixel 7 yang lebih ramping, baterai yang dihadirkan pun lebih kecil. Kapasitas baterainya ialah 4.355mAh yang memungkinkan perangkat dapat bertahan hingga 72 jam dengan menggunakan fitur Extreme Battery Saver mode. Serta, fast charging 30W yang dapat mencapai 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Google Pixel 7

Harga Google Pixel 7 dibanderol mulai USD 599 atau sekitar Rp9,1 jutaan dan tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Snow, Obsidian dan Lemongrass. Sedangkan, Pixel 7 Pro dibanderol USD899 atau sekitar Rp13 jutaan dan hadir dalam warna Slate.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini