Galaxy Fold4 5G Juga Punya Flex Mode, Ini Cara Pakai untuk Kerja

0

Gadgetdiva.id — Flex Mode saat ini sedang menjadi tren berkat ponsel lipat yang dikeluarkan Samsung. Tak hanya Galaxy Z Flip4 5G tapi Galaxy Fold4 5G juga punya fitur Flex Mode. Hanya saja, lipatannya lebih memanjang tidak seperti Flip4 yang membentuk kotak. Namun begitu, layarnya yang melebar membuat Fold4 5G menjadi lebih andal untuk kerja multitasking, dan tentunya saat menonton video atau bermain game.

Fitur Flex mode didukung saat posisi layar lipat pada sudut antara 75° dan 115°. Untuk masuk ke mode Flex, pastikan kunci orientasi dimatikan (periksa ikon kunci di bayangan pemberitahuan / pengaturan cepat), lalu buka aplikasi dan lipat layar ponsel setengah seperti laptop atau makeup compact.

Saat mengaktifkan Flex Mode ketika ponsel sedang terlipat dan berada dalam posisi tegak lurus, maka aplikasi yang sedang digunakan akan muncul di bagian atas layar. Sebuah panel dengan kontrol tambahan akan muncul di bagian bawah layar.

flex mode

Fitur Flex Mode memungkinkan aplikasi untuk mengorientasikan ulang agar cocok dengan layar saat ponsel dilipat sebagian. Sehingga kita dapat menggunakan setengah layar untuk menonton video, dan setengah lainnya untuk menavigasi.

Aplikasi yang bisa ditampilkan dalam Flex Mode di antaranya Calculator, Calendar, Camera, Clock, Google Meet & Duo, Gallery, Internet browser, Phone, Samsung Free, Samsung Health, Samsung TV Plus, YouTube dan Zoom. Namun jangan khawatir, untuk aplikasi di luar itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa tampil di Flex Mode.

Buka Pengaturan > Fitur lanjutan > Lab.
Gulir ke bawah dan ketuk panel mode Fleksibel.
Ketuk sakelar di sebelah aplikasi yang ingin digunakan dengan mode Fleksibel.

Setelah selesai menyeting, buka aplikasi, lipat ponsel setengah, dan kita akan melihat konten berpindah ke bagian atas layar dan panel kontrol muncul di bagian bawah dengan deretan ikon.

TouchPad Ada karena Flex Mode

Saat mengaktifkan Flex Mode, beberapa ikon akan muncul. Di antaranya notifikasi, screenshot, brightness, volume dan touchpad. Fitur touchpad akan mendapatkan touchpad bergaya PC dan kursor yang bergerak di sekitar bagian atas layar. Kontrol touchpad seperti cubit untuk memperbesar (zoom), gunakan dua jari untuk menggulir, dan ketuk untuk mengeklik sesuatu.

Tampilan Mirip PC
Saking lebar layar Galaxy Z Fold4 5G, tampilannya pun bisa dikostumisasi jadi mirip dengan PC atau laptop. Ada dua fitur yang membuat layar Fold4 mirip dengan PC, yakni multiwindow dan taskbar.

Dengan Multi Window, pengguna bisa buka hingga tiga aplikasi sekafiligus dalam satu layar, jadi tak ada lagi pengalaman bolak-balik aplikasi yang merepotkan saat harus mengerjakan banyak hal sekaligus. Baca email, buka dokumen, hingga balas chat pun bisa dilakukan secara simultan dengan nyaman.

Sedangkan taskbar, membuat semua aplikasi favorit bisa langsung diakses dari bawah layar. Cukup tap ikon aplikasi di Taskbar yang ada di bagian bawah layar, aplikasi akan langsung terbuka dalam mode full screen secara seamless. Pengguna juga bisa drag ikon aplikasi dari Taskbar ke layar utama untuk menggunakan fitur Multi Window.

S Pen untuk Edit Dokumen
Dengan menggunakan tongkat ajaib alias S Pen, kerja jadi lebih menyenangkan dan mudah. Catat, tekan tombol simpan, dan selesai. Tulisan lewat S Pen juga bisa dikonversi langsung menjadi teks, supaya kemudian bisa ditambahkan ke sebuah dokumen atau isi email. Lewat dukungan AI, prosesnya kini lebih cepat dan akurat.

Cara menggunakan Text Exctrattion bisa dengan 4 langkah. Pertama, buka gambar yang mencantumkan informasi yang ingin kamu ekstrak. Pilih Smart Select dari menu S Pen.
Gambar boks di sekitar tulisan berisi informasi yang kamu butuhkan. Pilih aksi berikutnya sesuai kebutuhan dan informasi dari teks tersebut. Di sini ada lima pilihan aksi yang tersedia, yaitu Maps, Calendar, Phone, Browser, dan Email.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G sudah bisa didapatkan secara langsung di toko daring dan toko retail terdekat. Konsumen bisa memiliki Galaxy Z Fold4 5G dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini