Fix! iPhone Bakal Pakai Port USB-C

0
iPhone 15
Ilustrasi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Gadgetdiva.id — Apple telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menggunakan port USB-C untuk iPhone. Belum diketahui kapan port USB-C iPhone ini akan benar-benar diluncurkan.

Setelah melalui banyak perdebatan, akhirnya Apple menyatakan bahwa mereka akan segera mengganti port Lighting menjadi port USB-C untuk produk iPhone. Informasi terbaru terkait USB-C iPhone ini disampaikan langsung oleh salah satu petinggi mereka.

Dalam sebuah wawancara, Senior VP Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak menyatakan bahwa perusahaan akan mengganti port Lighting menjadi USB-C. Hal ini akan dilakukan bahkan jika timnya tidak senang dengan perubahan tersebut. Ini artinya, port USB-C iPhone akan hadir dalam beberapa waktu mendatang.

Hanya saja mereka tidak memberi informasi lebih lanjut terkait kapan tepatnya mereka akan menghadirkan port USB-C iPhone.

USB-C iPhone

Peralihan Port USB-C iPhone

Pengalihan antara port Lighting ke USB-C iPhone ini merujuk pada peraturan baru dari Uni Eropa. Peraturan tersebut menyatakan seluruh smartphone selanjutnya yang akan beredar di negaranya harus menggunakan port USB-C.

“Jelas, kami harus mematuhinya,” ungkap Greg Joswiak yang dikutip dari wawancara The Wall Street Journal, Selasa (25/10) malam.

Baca juga: Smartphone di Eropa Wajib Gunakan USB Type-C

Josiwak juga enggan untuk menjawab pertanyaan terkait apakah Apple akan mengirimkan konektor yang dijual di luar Uni Eropa. Namun, sepertinya sangat tidak mungkin terjadi.

Sejatinya, Apple menyatakan bahwa mereka tak menggunakan USB-C iPhone hingga saat ini karena akan membahayakan inovasi. Sehingga, sebenarnya mereka menentang tindakan tersebut.

USB-C iPhone
Foto: Unsplash/Omid Armin

Sekaligus, dilakukan untuk menghargai dan mempercayai para insyinyurnya dalam membuat port Lighting. Eksekutif Apple tersebut mengemukakan USB mikro dan bagaimana Apple telah didorong untuk memenuhi persyaratan yang dianggap buruk.

Joswiak juga menyatakan bahwa pengisian detachable dengan kabel yang dapat dilepas memecahkan masalah standarisasi. Ia mengkalim bahwa peralihan ke USB-C ini akan menciptakan banyak limbah elektronik karena pengguna didorong untuk membeli kabel baru dan membuang yang lama.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan