Review Xiaomi Redmi 10 5G: Smartphone Entry Level buat Drakoran

0
Review Xiaomi Redmi 10 5G

Gadgetdiva.id – Xiaomi Redmi 10 5G telah diluncurkan beberapa waktu lalu dalam harga Rp. 2 jutaan. Smartphone ini menjadi salah satu jajaran lini seri Xiaomi Redmi 10 yang menggunakan konektivitas 5G. 

Hadir sebagai smartphone entry-level, Xiaomi Redmi 10 5G membawa spesifikasi unggulan sehingga cocok banget bagi kamu, Si Gen Z yang lagi cari hape baru dengan budget terbatas. Terutama pada layarnya yang luas sehingga mampu membantumu dalam menikmati hiburan. 

Desainnya pun tak kalah dari spesifikasi yang dihadirkannya. Xiaomi Redmi 10 5G hadir dengan tampilan warna menarik yang terkesan premium. Di antaranya ialah Graphite Gray, Chrome Silver dan Aurora Green. 

Tim Gadgetdiva sendiri sempat mencoba pengalaman yang dihadirkan oleh perangkat Xiaomi ini. Berikut adalah review Xiaomi Redmi 10 5G. 

Desain Xiaomi Redmi 10 5G

Selama review, kami kedapatan warna Graphite Gray. Kesan pertama yang kami rasakan ialah warna Graphite Gray sendiri menyerupai hitam, sehingga membuat perangkat terlihat lebih premium saat digenggam. 

Di kedua sisi smartphone, terdapat tombol power dan volume up-down. Sisi seberangnya terdapat slot SIM dan SDCard. Di bagian bawah terdapat slot charger Type-C, speaker dan lubang  microphone. Pada bagian atasnya, terdapat slot audio dan juga lubang microphone. 

Pada bagian desain, Redmi 10 5G sebenarnya tak jauh berbeda dari jajaran Redmi 10 lainnya. Perbedaannya ada pada housing kameranya yang terlihat sedikit menonjol, namun tetap terlihat simpel dan tidak mengganggu. 

Redmi 10 5G membawa dua kamera belakang yang letaknya sejajar. Di sebelah kedua sensor kamera, terdapat flashlight. Sedangkan, di bagian bawah kamera terdapat tulisan “SUPER LENS”. Xiaomi menyematkan sensor sidik jarinya pada bagian kanan perangkat, tepat di tombol power. 

Masih di bagian penampang belakang smartphone, tepatnya di bagian kiri bawah perangkat terdapat tulisan “Redmi 5G”. Kemudian, Redmi 10 5G sendiri mengusung desain flate-edge sehingga membuatnya cukup ramping dengan bobot sebesar 200 gram dan ketipiasan kurang dari 9mm.

Untuk dimensinya, Redmi 10 5G hadir dengan ukuran 164 x 76.1 x 8.9mm, masih cukup besar dan terasa tebal saat digenggam oleh tangan saya. Meski digenggam dengan dua tangan sekalipun. Sehingga, cukup sulit untuk mengendalikan karakter saat bermain game. 

Kendati demikian, Redmi 10 5G masih sangat nyaman dibawa kemana-mana. Termasuk saat dimasukkan ke dalam saku celana maupun kantong kecil tas yang kamu gunakan. 

Sedangkan, penampang belakangnya memang sengaja dibuat bebas dari sidik jari dab bida. Meski, masih lumayan licin saat digunakan untuk bermain game maupun menonton tayangan Netflix untuk jangka waktu yang cukup lama. Saya sarankan supaya kamu tetap menggunakan softcase. 

Refresh rate layar bisa diubah dari 60Hz ke 90Hz

Smartphone Xiaomi Redmi 10 5G mengusung layar dengan ukuran sekitar 6,58 inci alias sangat lega saat digunakan untuk gaming maupun drakoran. Kamu bakal puas banget mantengin oppa kesayanganmu dari sana. 

Layar tersebut membawa refresh rate sebesar 60Hz sampai 90Hz. Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Redmi 10 5G ini adalah refresh ratenya yang bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginanmu. Ada pula fitur AdaptiveSync yang dapat mengubah refresh rate layar sesuai dengan konten yang sedang kamu lihat sekaligus dapat menghemat daya perangkat. 

Review Xiaomi Redmi 10 5G

Mengusung layar dengan jenis LCD IPS, Redmi 10 5G mampu menampilkan visual dengan kualitas FHD+ (2048 x 1080 piksel). Terlebih saat refresh ratenya diubah menjadi 90Hz, matamu akan semakin dimanjakan dengan visualisasi yang dihasilkannya. Layar juga cukup smooth saat digunakan untuk gaming.

Brightness yang dipancarkan pun tidak mengganggu meski perangkat digunakan pada malam hari dalam kondisi minim cahaya. Sekalipun, brightness-nya telah diatur sampai yang paling terang. 

Sayangnya, layar yang dibawa oleh perangkat ini masih mengusung desain waterdrop notch. Kendati, sama sekali tidak akan berdampak pada pengalamanmu menonton maupun gaming dengan layar yang lega ini. 

Oh ya, Redmi 10 5G ini telah dilengkapi dengan fitur Mode Baca 3.0 yang mana berfungsi menyesuaikan cahaya dalam ruangan. Sehingga dapat memberi kenyamanan pada matamu saat perangkat digunakan dalam kondisi minim cahaya. Baik untuk membaca novel online, stalk medsos gebetan maupun menonton Youtube. 

Kamera Xiaomi Redmi 10 5G beresolusi 50MP

Kamera utama Xiaomi Redmi 10 5G ini hadir dengan resolusi 50MP di sensor utamanya dengan bukaan f/1.8. Sedangkan, 2MP untuk kamera depthnya dengan bukaan f/2.4. Pada kamera selfienya, perangkat membawa resolusi sebesar 5MP dengan bukaan f/2.2. 

Sensor 50MP yang dibawa oleh Xiaomi pada Redmi 10 5G ini bisa dibilang memuaskan. Terlebih saat digunakan untuk memotret di ruang outdoor dengan cahaya matahari langsung. Foto yang dihasilkan cukup detail, terlebih saat menggunakan fitur Potrait-nya. 

Sedangkan, saat digunakan pada malam hari pun hasil foto masih tampak jelas dan detail. Terlebih saat memanfaatkan fitur Night Mode-nya. 

Untuk kamera selfie, dirasa juga cukup memuaskan meski memang membawa resolusi yang tidak besar. Tergantung spot foto dan cahaya yang menerangimu saat melakukan selfie. 

Berikut adalah beberapa hasil foto yang kami tangkap menggunakan kamera Xiaomi Redmi 10 5G.

Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto 50MP Indoor

 

Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Kamera 50MP Outdoor
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto 50MP Outdoor
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Potrait/Bokeh
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Kamera Selfie Standar
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Kamera Selfie Potrait/Bokeh
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Kamera Standar Indoor
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Kamera Standar Outdoor
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto 4x Zoom
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto 10x Zoom
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Malam
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Malam Kamera Potrait/Bokeh
Review Xiaomi Redmi 10 5G
Hasil Foto Malam

Performa Redmi 10 5G

Xiaomi Redmi 10 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700. Performanya cukup cepat saat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Dalam menguji performanya, saya sempat mencoba memainkan game Mobile Legends: BangBang. Selama menggunakannya untuk bermain game tersebut, perangkat yang saya gunakan ini tidak mengalami lag, sehingga tidak mengganggu. 

Review Xiaomi Redmi 10 5G

Chipset ini dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 6 GB + 2GB. Plus, kapasitas memori internal sebesar 128GB. Sehingga, mendukung kinerja dari prosesor yang digunakannya. 

Pada bagian baterai, Redmi 10 5G membawa kapasitas sebesar 5000mAh dengan pengisian daya cepat sebesar 18W. Sistem operasi yang digunakan ialah Android 12 dengan MIUI 13. 

Saat digunakan untuk aktivitas standar seperti scrolling media sosial, daya baterai tergolong cukup awet. Serta, saat digunakan untuk streaming Youtube dengan resolusi tinggi dan mengakses aplikasi baterainya dari 100% hanya berkurang sekitar 2-3%. 

Sedangkan, saat resolusi dinaikkan menjadi 1080P selama kurang lebih 1 jam, baterai hanya berkurang sekitar 4%. Kemudian, ketika digunakan untuk gaming dengan permainan yang ringan dengan durasi sekitar 1 jam, baterai berkurang sekitar 10%. 

Waktu pengisian baterai dari 0% sampai 100% membutuhkan kurang lebih selama 2 jam. Sedangkan, dalam waktu sekitar 30 menit, Redmi 10 5G teririsi sebanyak lebih dari 30%. 

Yang saya sayangkan dari perangkat ini ialah Redmi 10 5G tidak membawa fitur NFC. Alias kamu tidak dapat mengisi saldo uang elektronik maupun melakukan pembayaran dengan fitur tersebut. 

Saat peluncurannya, Redmi 10 5G dibanderol Rp. 2.799.000 untuk varian 4GB + 128GB. Sementara, untuk varian 6GB + 128GB dibanderol seharga Rp. 2.999.000.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini