Gadget

Review Realme 10: Performa Gahar dengan Desain Kekinian

post-img

Source : gadgetDiva

GADGETDIVA.ID – Persaingan di pasar smartphone memang tiada hentinya dan bahkan kian memanas. Melihat kondisi tersebut, Realme sebagai brand smartphone di Indonesia selalu optimis untuk selalu menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan memiliki spesifikasi yang gahar, contohnya dengan menghadirkan realme 10 ke pasar Indonesia.

Setelah melihat keberhasilan pada seri realme 9 dan juga realme Number series yang tentunya sangat diminati oleh pengguna smartphone di Indonesia, realme melalui realme 10 akan kembali membawa leap forward technology kepada konsumen dan membuat pengguna terkesan melalui terobosan yang ada di smartphone ini.

Apakah Paradiva penasaran apa saja yang membuat realme 10 harus banget menjadi ponsel yang kalian miliki? Yuk simak!

Performa

Realme 10

Performa merupakan salah satu bagian penting yang harus diketahui sebelum memiliki smartphone. Realme 10 ini sendiri memiliki performa yang tentunya tidak usah diragukan lagi. Produsen ini bahkan memakai tagline “Beat the Competition”, karena performa merupakan salah satu yang paling ingin ditonjolkan di realme 10.

Smartphone realme ini juga akan memberikan pengalaman gaming di kelasnya, hal tersebut dibuktikan dengan disematkannya prosesor powerfull dan canggih untuk gaming dan masih yang terbaik saat ini yaitu chipset MediaTek Helio G99.

Selain itu, dalam pengujian internal realme menggunakan benchmark AnTuTu, realme 10 diklaim mampu mencapai hingga 400 ribu poin, yang tentunya hal tersebut belum pernah dicapai smartphone lain di kelasnya. realme melakukan pengujian menggunakan perangkat dengan varian 8GB+8GB | 128GB dan hasilnya mencapai 400,084.

Penggunaan Helio G99 ini merupakan terobosan yang sangat tepat, karena memang mampu memberikan pengelaman bermain game yang maksimal dan tentunya dapat meminimalisir lag. Contohnya ketika bermain game PUBG, chipset Helio G99 merupakan satu-satunya yang mampu mendukung 40 fps pada balanced mode.

Chip ini juga mampu meminimalisir pemborosan daya baterai ketika bermain game. Hal tersebut berkat adanya teknologi 6nm yang dimiliki Helio G99.

Performa lain yang dimiliki ponsel ini juga terletak pada pemilihan jenis penyimpanannya. Jika smartphone lain masih banyak menggunakan eMMC, realme 10 menawarkan UFS 2.2 untuk kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat. Teknologi ini memastikan peluncuran aplikasi yang lebih cepat, lebih banyak FPS di mobile game, dan membuka file menjadi lebih lancar.

Berbeda dengan realme 9, berkat penggunaan RAM LPDDR4X dan penyimpanan eMMC, realme 10 dapat 50% lebih cepat saat cold launch, dan 40% lebih cepat saat keadaan hot launch.

Hal lain yang membuat realme 10 cocok banget buat game yaitu pada sektor dyanmic RAM yang mencapai 16GB, RAM awal 8GB dengan opsi penambahan RAM 8GB. 8GB + 8GB dynamic RAM sendiri sudah mendukung berjalannya 15 aplikasi dengan lancar secara bersamaan.

Jika dirasa RAM tersebut masih kurang, paradiva juga dapat menambah memori eksternal yang awalnya 256GB dengan opsi tambahan hingga 1TB untuk ruang penyimpanan tanpa hambatan.

Layar Super AMOLED

Realme 10

Sebagian besar smartphone di segmen ini menggunakan layar LCD. Berbeda dengan yang lain, realme 10 hadir dengan layar super AMOLED dengan refresh rate 90HZ. Hal tersebut membuat ponsel ini mampu memberikan warna yang hidup dan rasio kontras yang lebih baik.

Saat menguji layar di siang dan malam hari, realme 10 menunjukan visabilitas yang baik berkat kecerahan dan rasio kontras mencapai 4juta banding 1. Untuk tampilan terbaik di segmennya, panel layar ini mendukung refresh rate 90Hz dan tingkat kecerahan hingga 1.000nits yang mampu mendukung penyesuaian tingkat kecerahan 4096.

Selain itu tingkat respon sentuhan instant dapat mencapai 360Hz. Tingkat respon sentuh yang tinggi juga memberikan nilai lebih saat bermain game, karena memberikan respon sentuhan yang cepat. Tak kalah penting, layarnya juga dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5 yang tahan akan goresan.

Kamera

Realme 10

Realme 10 hadir dengan membawa kamera yang tidak banyak beda dengan smartphone lainnya. Namun ada satu yang beda, realme menghadirkan bentuk kamera yang cukup unik dan elegan.

Di bagian belakang, realme menyematkan sensor 50MP Color AI yang berfungsi sebagai kamera utama. Di bawahnya ada sensor 2MP B&W kamera yang dapat membantu kamera utama. Sementara di bagian depan disematkan sensor 16MP yang berfungsi untuk kamu yang suka selfie saat kondisi apapun.

Saat mencoba foto saat malam hari maupun di tempat gelap, harus diakui bahwa kualitas hasil gambar dari realme 10 ini tidak mengecewakan. Pasalnya dengan fitur night mode dengan teknologi ProLight, kecepatan shutter kamera dalam mode normal menjadi meningkat 121% saat mengambil gambar di malam hari.

Jika melihat fitur-fitur yang disematkan, realme ternyata juga mendukung kualitas fotografi. Fitur seperti Dual view video, Time Lapse, ataupun Slo-mo dapat membantu pengguna yang sangat suka membuat konten fotografi.

Berikut hasil kamera dari realme 10

Realme 10

Realme 10

Realme 10

Realme 10Kamera Depan Selfie Mode
Realme 10Potret hasil foto kamera depan realme 10

Desain mewah nan Kekinian

Jika paradiva bisa lihat dari gambar di atas pasti sangat terpukau bukan dengan bagian belakang dari realme 10 ini? Jangankan Paradiva, saya yang mereview ponsel ini juga sangat tertarik dengan desain milik realme 10 ini. Kenapa bisa tertarik? Pasalnya desain yang dibawa ponsel ini memiliki desain yang mewah nan kekinian.

Bagian bodi belakang ponsel ini memiliki bintik-bintik cahaya dengan gradasi di bagian bawah lebih terang dan bagian atas gelap. Desain ini terinspirasi dari salah satu film terkenal “three body problem”, di mana partikel cahaya dapat menabrak bintang dengan kecepatan cahaya.

Realme 10

Realme juga menggabungkan proses Atom Coating dan proses pencetakan UV-nano, realme 10 ingin mewujudkan tekstur 3D dengan efek cahaya bergelombang dinamis dengan 6 lapisan pelapisan untuk varian Rush Black yang saat ini saya review, selain itu ada juga varian lain yaitu Clash White.

Tak hanya memiliki desain yang dapat menabrak bintang, realme 10 juga menjadi yang tertipis dari produk yang telah diluncurkan realme secara global. Bagaimana tidak, ketipisan ponsel ini hanya 7,95mm dan bobot 178g yang membuat realme 10 nyaman digenggam untuk waktu yang lama.

Realme 10 juga merupakan satu-satunya produk dikelasnya yang sudah bersetifikasi TUV SUD Fluency Rating A, yang membuat ponsel ini memiliki daya tahan tanpa gangguan selama 3 tahun.

Smartphone ini jug atelah melalui pengujian ketat untuk sekitar 40 aplikasi yang umum digunakan termasuk aplikasi instant messaging, kamera, Youtube, Instagram, Whatsapp, dan lainnya.

ANTARMUKA & FITUR

realme 10

 

Untuk bagian antarmuka, realme hadir dengan versi terbaru yaitu realme UI 3.0 yang berbasis Android 12. Tampilan antarmuka ponsel ini juga membuat pengguna dapat mengeksplorasi kemampuan perangkat ini.

Terdapat fitur Simple Mode yang sangat berguna untuk pengguna yang sudah lanjut usia. Selain itu, terdapat juga realme Lab untuk mencoba beberapa fitur eksperimental seperti Dual Mode Audio, DC Dimming, dan lainnya.

Saat bermain game, realme 10 juga menyediakan sejumlah fitur dari sisi kiri layar. Fitur ini merupakan salah satu yang paling saya suka di seri realme 10 ini yaitu fitur Touch Optimization. Pasalnya, fitur ini selalu jadi andalan saya saat bermain game, seperti mengatur kalibrasi sensitivitas, hingga memblock panggilan masuk saat sedang fokus bermain.

realme 10

Baterai

Baterai merupakan bagian penting ponsel, pasalnya sangat percuma bila sebuah smartphone memiliki fitur dan kemampuan yang paling canggih jika tidak dibarengi dengan kapasitas baterai yang mencukupi. Untungnya realme sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang memadai yaitu 5.000mAh.

Dengan kapasitas tersebut, daya tahan realme 10 saat siaga bisa sampai 688,14 jam, 38,28 jam daya tahan baterai untuk panggilan telepon, dan 58,62 jam untuk streaming musik tanpa henti.

Selain itu realme juga menghadirkan pengisian 33W SUPERVOOC charging. Hal tersebut membuat kita tidak perlu khawatir bila kehabisan baterai. Pasalnya, dengan ada fitur tersebut, pengisian daya ponsel dari 0% hingga 50% hanya memakan waktu 28 menit saja, sedangkan jika dari 0% hingga full atau 100% memakan waktu hingga 70 menit.

Kesimpulan

Setelah saya mencoba menggunakan realme 10 ini selama beberapa hari, dan ada salah satu hal yang membuat saya sangat terkesan yaitu dari segi fitur kamera, dan desain.

realme sendiri menurut saya menjadi yang terbaik di segmennya, karena memiliki performa yang super gahar seperti adanya prosesor Helio G99, layar tajam hingga 90Hz AMOLED, serta desain yang sangat elegan dan membuat terkesan.

Jika paradiva ingin memiliki smartphone kece ini, realme 10 sudah tersedia dalam dua konfigurasi memori dan bisa mendapatkan realme 10 (4GB+4GB | 128GB) melalui Flash Sale mulai 11 November 2022 pukul 00:00 WIB eksklusif di Shopee seharga Rp2.499.000, juga bisa dibeli di Akulaku dan realme.com/id.

Sedangkan realme 10 (8GB+8GB | 128GB) bisa didapatkan melalui Offline Pre-order pada 9-17 November 2022 di Erafone Store dan realme.com/id seharga Rp3.199.000 dan akan tersedia di seluruh Indonesia pada 18 November 2022.

Baca juga : realme 10 Debut Indonesia, Harga Mulai Rp2,4 Jutaan


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3
Gadget

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Salah satu yang menjadi unggulan dari perangkat ini ialah chipsetnya. Realme GT 6T dilaporkan menjal..

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris
Gadget

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris

Samsung dikabarkan bakal menggelar Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024 mendatang. Gelaran tersebut ber..

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya
Gadget

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya

Tecno Spark 20 Pro+ menghadirkan warna baru dan fitur-fitur terkini yang memukau pengguna. Lihat keu..

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru
Gadget

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru

POCO kembali menyiapkan gebrakan baru dengan meluncurkan seri terbarunya, POCO F6. Dengan peningkata..

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru
Gadget

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru

FUJIFILM Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran dua kamera digital mirrorless terbaru serta ..


;