Gadget

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8 Gen 2

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 diperkenalkan pada gelaran Snapdragon Summit 2022 di Hawaii. Chipset ini diperuntukkan sebagai dapur pacu dari smartphone flagship.

Snapdragon 8 Gen 2 dirancang dengan kecerdasan AI yang inovatif dan diklaim dapat menghadirkan pengalaman spektakuler. Platform ini akan diadopsi oleh beberapa brand global seperti ASUS Republic of Gamers, HONOR, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, OPPO, REDMAGIC, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xioami, XINGJI/MEIZU dan ZTE.

Mouse Gaming Logitech PRO X Superlight Hadirkan Varian Warna Baru

“Kami bersemangat untuk membuat orang lebih produktif, maka dari itu kami merancang Snapdragon dengan memosisikan pengguna sebagai pusat inovasi kami. Snapdragon 8 Gen 2 akan merevolusi lanskap smartphone unggulan di tahun 2023,” ujar Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, Chris Patrick dalam pernyataan resmi yang diterima Gadgetdiva, Selasa (15/11).

Chris juga turut menambahkan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 ini akan menghadirkan terobosan AI, konektivitas yang tak tertandigi serta gamplay tingkat juara. Sehingga, memungkinkan OEM untuk meningkatkan setiap pengalaman dalam perangkat mereka.

Peningkatakan yang dibawa Snapdragon 8 Gen 2

Snapdragon 8 Gen 2 membawa terobosan AI yang terintegrasi pada seluruh sistem. Chipset ini didukung oleh Qualcomm Hexagon Processor yang telah ditingkatkan sehingga pengguna mampu merasakan pemrosesan bahasa alami yang lebih cepat dengan terjemahan multi-bahasa dan fitur kemera AI yang lebih canggih.

Peningkatan selanjutnya yang dihadirkan terletak pada pengalamannya di kamera. Chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini mampu mendefinisikan era baru pengalaman kamera yang berkualitas profesional berkat Cognitive ISP pertama.

Snapdragon 8 Gen 2 ini akan secara otomatis menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi sinematik. Hal tersebut dihadirkan menggunakan jaringan saraf atau neural network AI untuk membuat kamera secara kontekstual mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit dan lainnya.

Sekaligus, mengoptimalkannya satu per satu sehingga setiap detail menerima penyetelan gambar profesional yang telah disesuaikan. Snapdragon 8 Gen 2 juga diatur untuk mendukung sensor gambar baru.

Snapdragon 8 Gen 2

Sony Semiconductor Solutions adalah yang pertama mengembangkan teknologi quad digital overlap HDR, yang disesuaikan untuk Snapdragon. Samsung ISOCELL HP3, sensor gambar 200MP pertama yang dioptimalkan untuk Snapdragon 8 Gen 2 akan menghadirkan foto dan video berkualitas profesional. Platform ini juga merupakan Snapdragon pertama yang menyertakan AV1 codec dengan dukungan pemutaran video hingga 8K HDR pada 60 frame per detik.

Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan fitur-fitur baru Snapdragon Elite Gaming, termasuk teknologi ray tracing yang dipercepat dengan perangkat keras secara real-time sehingga menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata ke game seluler. Sekaligus juga meningkatkan GPU Qualcomm Adreno sehingga dapat memberi kinerja hingga 25 % lebih cepat. 

Kemudian, CPU Qualcomm Kryo yang dihadirkan akan memungkinkan efisiensi daya hingga 40% lebih banyak. Sehingga, pengguna dapat mencapai gameplay tingkat juara dengan daya baterai yang lebih lama.

Pada konektivitas, Snapdragon 8 Gen 2 diklaim akan menawarkan konektivitas yang tak tertandingin dari 5G, Wi-Fi dan Bluetooth. Menampilkan Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm® 5G AI Processor, Snapdragon 8 Gen 2 memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan terobosan kecepatan unggah dan unduh 5G, jangkauan, latensi, dan efisiensi daya.

Snapdragon 8 Gen 2 juga akan menjadi chipset Snapdragon pertama yang mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active, yang memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas dua SIM 5G sekaligus. Platform canggih ini juga dilengkapi sistem konektivitas Qualcomm® FastConnect™ 7800, menawarkan Wi-Fi 7 latensi terendah dan konektivitas Bluetooth® ganda untuk imersi berkelanjutan.

Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform diproteksi dengan Snapdragon Secure, menawarkan isolasi terbaru, kriptografi, manajemen kunci, pengesahan, dan banyak lagi – semuanya dirancang dengan rumit untuk melindungi data dan privasi pengguna. Tingkat perlindungan premium ini membatasi paparan dan eksploitasi data pada perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

realme 10 Jadi Peringkat 1 di E-Commerce
Gadget

realme 10 Jadi Peringkat 1 di E-Commerce

Gadgetdiva.id — Setelah meluncur pekan lalu, realme 10 dikabarkan duduki peringkat 1 di pl..

Mouse Gaming Logitech PRO X Superlight Hadirkan Varian Warna Baru
Gadget

Mouse Gaming Logitech PRO X Superlight Hadirkan Varian Warna Baru

Hari ini, mouse gaming Logitech G PRO X SUPERLIGHT, andalan para atlet eSports top dunia, meluncu..

Menelusuri Taman Literasi Martha Tiahahu Pakai Galaxy A53 5G
Gadget

Menelusuri Taman Literasi Martha Tiahahu Pakai Galaxy A53 5G

Gadgetdiva.id —  Taman Literasi Marta Tiahahu yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan i..

Tips Ambil Foto Cityscape Pakai Galaxy A53 5G
Gadget

Tips Ambil Foto Cityscape Pakai Galaxy A53 5G

Gadgetdiva.id — Galaxy A53 5G dilengkapi dengan  resolusi sensor utama kamera  sebesar 6..


;