Mulai Desember 2024, Pengisi Daya di Eropa Wajib Pakai USB Type-C

0
USB Type C
Foto: Unsplash/Theregisti

Gadgetdiva.id — Mulai 28 Desember 2024, semua perangkat di Eropa wajib menggunakan USB Type-C. Peraturan ini tercantum dalam ‘Common Charger’ dalam Jurnal Resminya.

Eropa meresmikan peraturan baru yang mewajibkan setiap ponsel, tablet, kamera, sepasang headphone dan earbuds, headset, konsol video game genggam, speaker portabel, e-reader, keyboard, mouse dan sistem navigasi portabel yang dijual wajib memiliki port USB Type-C. Jika pengisian daya lebih tinggi dari 15W, maka diperlkukan juga untuk memasukkan USB Power Delivery.

Mulai 28 April 2026, ketentuan yang sama terkait penggunaan USB Type-C juga berlaku untuk laptop. Langkah selanjutnya adalah negara-negara anggota Uni Eropa yang mengadopsi dan menerbitkan paling lambat 28 Desember 2023.

Baca juga: Smartphone di Eropa Wajib Gunakan USB Type-C

Peraturan baru dari Eropa ini jelas akan memengaruhi Apple. Sebab, pembuat perangkat lain harus memastikan kompatibilitas USB-PD jika proudk mereka diisi dengan tarif lebih dari 15W.

Selain itu, arahan ini hanya mencakup pengisian daya. Jadi, Apple dapat dengan mudah memutuskan untuk menghapus port pengisian daya dari iPhone-nya sama sekali dan hanya mengandalkan pengisian nirkabel.

Aturan terkait penggunaan USB Type-C pada pengisi daya ini terlampir dalam proposal revisi Pedoman Peralatan Radio yang diajukan parlemen Eropa sejak 23 September 2021 lalu. Menurut keterangan tertulis di situs resmi Parlemen Eropa, aturan ini emngatur penggunaan charger USB Type-C yang dijadwalkan untuk diresmikan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini atau sektiar bulan Juli-September 2022 ini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini