Mengenal Chipset MediaTek Dimensity 8200 Terbaru

0
Dimensity 8200

Gadgetdiva.id — MediaTek baru saja mengumumkan kehadiran Dimensity 8200 pada awal bulan Desember ini. Dimensity 8200 sendiri diklaim akan menawarkan performa kelas flagship.

Dimensity 8200 merupakan chipset terbaru besutan MediaTek yang dapat digunakan untuk smartphone 5G di kelas premium. Chipset ini membawa banyak peningkatan dibanding dengan pendahulunya.

Terutama di bagian konektivitas, gaming, multimedia layar dan gambar. Hanya saja harga yang dibanderol pun juga lebih terjangkau.

Dimensity 8200

Dimensity 82000 dibesut dengan proses teknologi 4nm dimana dapat memberi efisiensi daya yang lebih baik. Chipset ini mampu melakukan mengintegrasikan CPU Octa-core dengan empat inti Arm Cortex-A78 yang beroperasi hingga 3,1GHz bersama dengan mesin grafis Mali-G610. Sehingga, mampu membuat kinerja perangkat lebih baik di seluruh aplikasi.

“MediaTek Dimensity 8200 akan memperkaya pengalaman bermain game pada telepon pintar 5G premium juga menghadirkan gameplay yang lebih halus dengan frame rate tinggi, grafik mengesankan, dan konektivitas tanpa batas,” tutur Deputy General Manager Wireless Communication Business Unit MediaTek CH Chen dalam pernyataan resminya, Kamis (8/12). 

Keunggulan MediaTek Dimensity 8200

Adapun keunggulan lainnya yang diberikan oleh Dimensity 8200. Di antaranya ialah chipset ini didiukung oleh teknologi Imagiq 785 ISP tingkat flagship, dimana mampu mendukung foto berukuran 320 megapiksel (MP) dan menangkap video HDR 14-bit yang nyata hingga tiga kamea secara bersamaan.

Selain itu, Dimensity 8200 ini juga mampu mendukung rekaman video sinematik dengan tangkapan kamera ganda untuk efek bokeh yang terlihat alami. Menariknya, chipset ini mampu mengurangi noise berbasis kecerdasan buatan (AI) yang begitu cepat. Yang dapat digunakan untuk mempertahankan hasil gambar dengan detail halus, terutama di lingkungan cahaya redup.

Di bagian gaming, Dimensity 8200 telah membawa teknologi HyperEngine 6.0. Dimana diklaim mampu memberi pengalaman gameplay dengan framerate tinggi secara mulus tanpa penurunan koneski, fps jitter maupun jeda gameplay.

Dimensity 8200

Teknologi Intelligent Display Sync 2.0 MediaTek juga secara cerdas menyesuaikan kecepatan penyegaran layar sesuai dengan frame rate game yang terdeteksi, sehingga membantu pengalaman menonton yang mulus.

Modem 5G telah terintegrasi di Dimensity 8200 yang sesuai teknologi standar 3GPP Release-16 terbaru, sedangkan dukungan 3CC carrier aggregation memperkuat kinerja pada frekuensi sub-6GHz.

Chipset ini juga mendukung Wi-Fi E tri-band untuk konektivitas nirkabel yang lebih cepat, sedangkan antena 2×2 memastikan penambahan performa dan keandalan koneksi.

Adapun fitur tambahan yang dibawa oleh Dimensity 8200. Di antaranya ialah unit pemrosesan AI yang kuat untuk memaksimalkan efisiensi tugas AI khusus dan pemrosesan fusi, SDK Vulkan yang sangat efisien memberikan efek ray tracing yang lebih cepat dan lebih efektif, dukungan tampilan 120Hz WQHD+ dan 180Hz FullHD+ yang indah, pengalaman menonton imersif dengan dukungan HDR10+ Adaptive, 4K AV1 media decoding, dan pemutaran video AI SDR-ke-HDR dan kualitas audio luar biasa dengan teknologi Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini