Review OPPO Pad Air: Usung Desain Tipis, Layar Lega 

0
Review OPPO Pad Air

Gadgetdiva.id — OPPO Pad Air resmi membuka penjualan perdananya pekan lalu dengan harga Rp. 3.999.000. Simak review OPPO Pad Air selengkapnya di sini. 

OPPO Pad Air memang diluncurkan lebih lama dari kompetitor lainnya. Ambil contoh, Xiaomi Redmi Pad sudah meluncur lebih dahulu pada bulan November lalu dan Realme Pad Mini pada Agustus lalu.

Semenjak pertama kali diumumkan pada pertengahan 2022 lalu, baru bulan Desember ini OPPO Pad Air akhirnya resmi masuk Indonesia. Kendati demikian, ragam spesifikasi dan fitur yang dibawanya pun tak kalah dengan para pesaingnya. 

Menyasar semua kalangan alias dapat digunakan mulai dari para pelajar hingga pekerja, tentunya OPPO Pad Air membawa beragam keunggulan. Keunggulan yang dibawa oleh tablet tersebut, yakni terletak pada layarnya yang lega, desainnya tipis dan empat speaker dolby atmos. 

Baca juga: Layar Lega OPPO Pad Air Nyaman Dipakai Buat Netflixan

Review OPPO Pad Air

Desain

Di bagian desain, OPPO Pad Air dirancang mudah dan nyaman digenggam. Terutama saat menggunakannya untuk drakoran dalam durasi waktu yang lama. 

OPPO Pad Air hadir dengan berat sebesar 440gram dan ketebalan 6,94mm. Dalam kata lain, Paradiva bisa menggunakannya sebagai pengganti dari laptop. Dengan berat sebesar itu, pengguna dapat dengan mudah membawanya kemana-mana maupun dimasukkan ke dalam totebag kecil milikmu. 

OPPO Pad Air hadir dalam satu warna, yakni Grey. Merupakan warna netral, sehingga dibawa olehmu dengan berbagai warna dan gaya outfit berbeda yang kamu pakai sehari-hari. 

Pada bagian penampang belakang dari OPPO Pad Air hadir dalam dua tekstur. Pada bagian atasnya, membawa tekstur 3D Sunset Dune yang terinspirasi dari matahari. Saat disentuh, tekstur yang dihadirkannya garis-garis. 

Sedangkan, pada permukannya, OPPO Pad Air dirancang dengan desain OPPO Glow. Sehingga, tampilannya nampak premium dan terbebas dari sidik jari. 

 

Sekilas, tampilan OPPO Pad Air mirip dengan Redmi Pad. Hanya saja, tablet mirip Xiaomi tersebut mengusung desain yang lebih kotak. Sedangkan, OPPO Pad Air hadir dengan desain yang lebih melengkung. 

Di bagian sisi kanan atas perangakat terdapat tombol volume up and down, sedangkan di bawahnya terdapat slot microSD. Di sisi atas terdapat tombol power dan dua speaker sejajar, sementara di sisi bawah OPPO Pad Air terdapat masing-masing dua speaker dan satu slot USB Type-C. 

Layar

OPPO Pad Air membawa layar berukuran 10,36 inci dengan resolusi 2000 x 1200 piksel. Desain bezelnya pun dirancang ultra tipis dengan rasio layar ke bodi sebesar 83,5%. Dengan layar selega ini, Paradiva dapat dengan nyaman menggunakan tablet ini untuk drakoran sambil rebahan di rumah. 

Review OPPO Pad Air

Apalagi, layar telah dilengkapi dengan 1 billion colors dan 2K screen. Yang mana mampu menghasilkan warna pada gambar yang ditampilkan lebih cerah dan jelas. Dijamin kamu bakal puas banget mantengin wajah ganteng oppa kesayangan di layar OPPO Pad Air berjam-jam. 

Oiya, layar OPPO Pad Air menyertakan fitur eye-care display yang mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi sekitar. Berkat adanya fitur ini, Paradiva bakal lebih nyaman menatap layar dalam waktu yang lama. Terlebih saat digunakan dalam ruangan yang gelap. 

Performa

Pada dapur pacunya, OPPO Pad Air menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 octa-core 6nm. Berkat adanya fabrikasi 6nm, memungkinkan perangkat lebih hemat daya tanpa mengurangi performanya. 

Dengan adanya chipset Snapdragon 680 ini, perangkat dapat melakukan tugas yang lebih berat. Tanpa membuat Paradiva khawatir baterainya akan cepat habis. Terlebih saat digunakan untuk menghadiri meeting maupun mengikuti kelas online. 

Chipset Snapdragon 698 ini ditemani oleh kapasitas RAM yang bisa dibilang lega dengan konfigurasi 4GB + 3GB. Plus, kapasitas memori sebesar 128GB.

Review OPPO Pad Air

Artinya, RAM total yang dibawa oleh perangkat ini adalah 7GB. Dengan RAM seluas ini, Paradiva dapat lebih cepat berpindah aplikasi. 

Telah menjalankan sistem operasi ColorOS 12, OPPO Pad Air mengunggulkan fitur multi screen connect. Dimana dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone dari tablet yang kamu gunakan. 

Melalui fitur ini, OPPO juga turut membawa kemampuan input teks yang berfungsi untuk melakukan multitasking dengan lebih efisien. Sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan lewat smartphone OPPO. 

Paradiva juga dapat menggunakan fitur Split Screen. Dimana memungkinkan Paradiva untuk membuka beragam aplikasi dalam satu waktu. Fitur ini sangat membantu pengguna untuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. 

Saya sempat mencoba kedua fitur ini. Fitur favorit saya ialah Split Screen. Dimana dapat membantu penyelesaian pekerjaan saya dengan lebih mudah.

Review OPPO Pad Air
Foto: Gadgetdiva.id

Terlebih saat menghadiri liputan online. Saya bisa membuka aplikasi video conference sambil mengetik lewat aplikasi Google Docs. 

Untuk menghadirkan pengalaman menggunakan tablet lebih imersif, OPPO Pad Air telah dilengkapi dengan quad speaker alias empat speaker. Terbagi atas dua speaker di atas tablet dan dua lainnya terletak di bagian bawah. 

Baca juga: OPPO Pad Air Tablet Berdesain Tipis, Gampang Multitasking

Paradiva pun tidak perlu menggunakan headset, TWS atau speaker tambahan saat menonton film dengan OPPO Pad Air. Pasalnya, keempat speaker yang dibawanya ini telah dilengkapi dengan kualitas Dolby Atmos.

Dengan adanya Dolby Atmos, audio yang dihasilkan keempat speaker ini lebih mendetail. Apalagi, speaker yang dirancangnya ini fullrange 1W simetris. Ruang suaranya pun sebesar 0,8 cc sehingga mampu menghasilkan suara surround yang luas. 

Baterai

Meski ukuran tablet tergolong tipis, OPPO Pad Air ternayata mengusung baterai sebesar 7100 mAh. Merupakan ukuran yang besar untuk sebuah tablet, baterai telah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat sebesar 18W melalui USB-PD. 

OPPO mengklaim bahwa perangkat dapat melakukan video call hingga 15 jam, pemutaran video dan menonton film hingga 12 jam. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan perangkat, baterai dari OPPO Pad Air cukup awet. 

Saat digunakan untuk mendengarkan Spotify sekitar kurang lebih 30 menit baterai berkurang sekitar 3%, untuk streaming YouTube dengan durasi kurang lebih 45 menit baterai berkurang sekitar 5%. Sedangkan, untuk pemakaian menonton series selama kurang lebih 1 jam baterai berkurang sekitar 16%. 

Review OPPO Pad Air

Kecepatan pengisian daya yang dihadirkan oleh OPPO Pad Air ialah sebesar 18W. Dimana dapat mengisi daya baterai 7.100mAh yang dibawanya hingga 25% dalam waktu 30 menit pertama. Sedangkan, untuk pengisian daya penuh memakan waktu hampir dua setengah jam.

Lebih lanjut, OPPO Pad Air juga mendukung pengisian daya menggunakan USB OTG reverse charging. Sehingga, mampu mengisi daya parengkat lain dengan kabel.

Review OPPO Pad Air
Unboxing OPPO Pad Air

Kamera

Tablet OPPO Pad Air hadir dengan kamera selfie beresolusi 5MP. Dengan resolusi sebesar ini, kamera sudah cukup mumpuni saat digunakan untuk video conference.

Ketika digunakan untuk video conference, kamera yang dihasilkan oleh OPPO Pad Air ini bahkan lebih bagus daripada kamera bawaan laptop saya. Terlebih ada kemampuan pada fitur kamera yang membuat kita selalu berada di tengah meski berpindah tempat saat melakukan video conference tersebut. 

Review OPPO Pad Air
Hasil Foto Kamera Belakang OPPO Pad Air (Outdoor)
Review OPPO Pad Air
Hasil Kamera Belakang OPPO Pad Air (Indoor)
Review OPPO Pad Air
Hasil Kamera Selfie OPPO Pad Air

Saat digunakan untuk selfie pun hasilnya tidak mengecewakan, meski tidak sebagus menggunakan smartphone. Hal ini dapat dimaklumkan, sebab tablet memang dirancang untuk penggunaan multitasking sehari-hari. Bukan untuk membuat konten. 

Pada aplikasi kameranya sendiri, OPPO Pad Air telah menyediakan teknologi AI yang dapat membuat wajah lebih mulus khas perangkat OPPO. Terdapat pula beragam filter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

OPPO Pad Air resmi dibanderol seharga Rp3.999.000, harga ini sudah termasuk smart cover selama masa pemesanan pada 12-22 Desember 2022OPPO Pad Air tersedia dalam warna abu-abu dengan konfigurasi RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini