Gadget

Qualcomm Siapkan Konektivitas Satelit untuk Android

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Qualcomm mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghadirkan konektivitas berbasis satelit bagi pengguna Android generasi berikutnya. Mirip dengan kemampuan yang dimiliki iPhone 14.

Melansir dari Mac Rumors, satelit snapdragon merupakan solusi perpesanan berbasis satelit dua arah yang disediakan melalui perusahaan satelit Iridium. Qualcomm menyatakan dukungan untuk perpesanan menggunakan konektivitas satelit akan dibangun dalam platform Seluler Snapdragron 8 Gen 2.

Soundbar Sony HT-A3000 Siap Tingkatkan Pengalaman Menonton di Rumah

Platform tersebut dapat digunakan untuk smartphone yang menggunakan teknologi tersebut. Dimana akan diluncurkan mulai paruh kedua tahun 2023.

Konektivitas Satelit milik Qualcomm

Qualcomm menyatakan bahwa fungsi Satelit Snapdragon ini akan digunakan untuk pesan darurat. Mirip dengan Emergency SOS mirip Apple melalui fitur Satelit yang tersedia dari hasil kemitraannya dengan Globalstar.

Qualcomm juga menyebut bahwa pengiriman SMS dan konektivitas di lokasi terpencil, pedesaan dan lepas pantai sebagai kemungkinan kasus penggunaan Satelit Snapdragon. Dimana menunjukkan bahwa fitur ini mungkin tidak terbatas untuk digunakan dalam keadaan darurat di masa mendatang.

Disebut Snapdragon Satellite, konektivitas ini akan diluncukran pertama kali untuk smartphone. Qualcomm menyatakan bahwa nantinya juga turut dapat digunakan untuk laptop, tablet, kendaraan dan perangkat IoT dengan OEM.

Konektivitas Satelit

Lebih lanjut, pengembang aplikasi dapat membedakan dan menawarkan layanan bermerk unik yang menggunakan konektivitas satelti. Satelit Snapdragon sendiri akan menggunakan konstelasi satelit Iridium yang menggunakan spektrum L-band yang menurutnya lebih tahan terhadap cuaca daripada frekuensi yang digunakan oleh jaringan lain.

Smartphone Android yang mengadopsi Satelit Snapdragon masih membutuhkan pandangan yang jelas terkait langit supaya dapat berfungsi. Serta, pesan dapat dikirim hanya dalam 10 detik dengan koneksi yang solid.

Selain bermitra dengan Iridium, Qualcomm juga berencana untuk bekerja sama dengan Gamrin. Kolaborasi tersebut akan menyediakan layanan tangggap darurat bagi pengguna.

Selanjutnya, belum ada kabar terkait Iridium, Qualcomm dan pembuat smartphone Andorid yang berencana untuk membebankan biaya pelanggan untuk akses satelit.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Riset Buktikan Apple Watch Siap Bawa Fitur Stress Monitoring
Gadget

Riset Buktikan Apple Watch Siap Bawa Fitur Stress Monitoring

Gadgetdiva.id —- Sebuah studi menyatakan bahwa Apple Watch sudah siap untuk dilengkapi den..

Soundbar Sony HT-A3000 Siap Tingkatkan Pengalaman Menonton di Rumah
Gadget

Soundbar Sony HT-A3000 Siap Tingkatkan Pengalaman Menonton di Rumah

Gadgetdiva.id – Sony resmi meluncurkan soundbar HT-A3000 di Indonesia untuk meningkatkan p..

Catat! Daftar HP OPPO yang Segera Dapatkan ColorOS 13
Gadget

Catat! Daftar HP OPPO yang Segera Dapatkan ColorOS 13

Gadgetdiva.id — OPPO baru mengungkap jadwal peluncuran pembaruan sistem operasi ColorOS 13..

AirPods Lite Bakal Hadir dengan Harga Lebih Ramah Kantong
Gadget

AirPods Lite Bakal Hadir dengan Harga Lebih Ramah Kantong

Gadgetdiva.id — Sebuah laporan menyatakan bahwa Apple sedang membesut TWS dengan harga leb..


;