Gadget

Qualcomm Siapkan Konektivitas Satelit untuk Android

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Qualcomm mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghadirkan konektivitas berbasis satelit bagi pengguna Android generasi berikutnya. Mirip dengan kemampuan yang dimiliki iPhone 14.

Melansir dari Mac Rumors, satelit snapdragon merupakan solusi perpesanan berbasis satelit dua arah yang disediakan melalui perusahaan satelit Iridium. Qualcomm menyatakan dukungan untuk perpesanan menggunakan konektivitas satelit akan dibangun dalam platform Seluler Snapdragron 8 Gen 2.

Platform tersebut dapat digunakan untuk smartphone yang menggunakan teknologi tersebut. Dimana akan diluncurkan mulai paruh kedua tahun 2023.

Konektivitas Satelit milik Qualcomm

Qualcomm menyatakan bahwa fungsi Satelit Snapdragon ini akan digunakan untuk pesan darurat. Mirip dengan Emergency SOS mirip Apple melalui fitur Satelit yang tersedia dari hasil kemitraannya dengan Globalstar.

Qualcomm juga menyebut bahwa pengiriman SMS dan konektivitas di lokasi terpencil, pedesaan dan lepas pantai sebagai kemungkinan kasus penggunaan Satelit Snapdragon. Dimana menunjukkan bahwa fitur ini mungkin tidak terbatas untuk digunakan dalam keadaan darurat di masa mendatang.

Disebut Snapdragon Satellite, konektivitas ini akan diluncukran pertama kali untuk smartphone. Qualcomm menyatakan bahwa nantinya juga turut dapat digunakan untuk laptop, tablet, kendaraan dan perangkat IoT dengan OEM.

Konektivitas Satelit

Lebih lanjut, pengembang aplikasi dapat membedakan dan menawarkan layanan bermerk unik yang menggunakan konektivitas satelti. Satelit Snapdragon sendiri akan menggunakan konstelasi satelit Iridium yang menggunakan spektrum L-band yang menurutnya lebih tahan terhadap cuaca daripada frekuensi yang digunakan oleh jaringan lain.

Smartphone Android yang mengadopsi Satelit Snapdragon masih membutuhkan pandangan yang jelas terkait langit supaya dapat berfungsi. Serta, pesan dapat dikirim hanya dalam 10 detik dengan koneksi yang solid.

Selain bermitra dengan Iridium, Qualcomm juga berencana untuk bekerja sama dengan Gamrin. Kolaborasi tersebut akan menyediakan layanan tangggap darurat bagi pengguna.

Selanjutnya, belum ada kabar terkait Iridium, Qualcomm dan pembuat smartphone Andorid yang berencana untuk membebankan biaya pelanggan untuk akses satelit.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3
Gadget

Realme GT 6T Debut di India Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Salah satu yang menjadi unggulan dari perangkat ini ialah chipsetnya. Realme GT 6T dilaporkan menjal..

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris
Gadget

Galaxy Unpacked Diprediksi Bakal Berlangsung Pada 10 Juli 2024 di Paris

Samsung dikabarkan bakal menggelar Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024 mendatang. Gelaran tersebut ber..

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya
Gadget

Tecno Spark 20 Pro+ Meluncur dengan Varian Warna Terbaru, Berikut Fitur Unggulannya

Tecno Spark 20 Pro+ menghadirkan warna baru dan fitur-fitur terkini yang memukau pengguna. Lihat keu..

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru
Gadget

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru

POCO kembali menyiapkan gebrakan baru dengan meluncurkan seri terbarunya, POCO F6. Dengan peningkata..


;