Gadget

Review realme 10 Pro 5G, Bezel Tipis dengan Kamera 108MP

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Kami berkesempatan melakukan review realme 10 Pro 5G selama beberapa hari belakangan. Hasilnya, kameranya cukup menakjubkan saat digunakan di siang hari. Mungkin karena dukungan 108MP di salah satu sensor kamera. Yang mencengangkan adalah hasil video yang bisa menampilkan background blur, cocok untuk nge-vlog.

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

realme 10 Pro 5G memang baru diluncurkan hari ini, Selasa, 10 Januari 2023. Namun kami sudah mendapatkan kesempatan beberapa hari untuk melakukan review realme 10 Pro 5G. Banyak hal yang akan kami ungkap di sini, terutama dari sisi desain dan kamera yang diusungnya.

Unboxing

Saat kami terima, kemasan masih terbungkus plastik. Warna kuning kemasan sudah menyilaukan mata, walau ada goresan hitam di bawah kardu. Tulisan realme ada di sisi manapun di kardus kemasan. Saat kami buka, sebuah smartphone berwarna biru sudah menyambut kami dengan kilauannya. Masih terbungkus plastik halus. Layar depan dan bodi belakang sangat kinclong.

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

Di dalam kemasan tersebut, selain sebuah unit smartphone realme 10 Pro 5G, ada juga sebuah kotak yang kuning yang berisi silicon case, buku manual dan kertas garansi. Bagian paling terdalam terdapat sebuah kabel USB Type-C dengan kepala charger atau adaptor bertuliskan SuperVooc 33W. Tak lupa sebuah SIM Ejector juga.

Desain

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

Vendor smartphone biasanya membuat smartphone versi murah yang desainnya hampir sama dengan seri flagship. Namun desain realme 10 Pro 5G tidak terlihat murahan, malah terkesan mewah. Tepi-nya rata dengan desain yang terlihat premium. Bahkan jika dilihat, tidak jauh berbeda dengan varian Pro Plus yang harganya lebih mahal.

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

Bezel tipis merupakan idaman semua pengguna smartphone. Ini artinya, layar akan menjadi lebih lebar dan sudut pandang menjadi lebih luas. realme 10 Pro 5G punya bezel hanya 1mm. Bocoran saja. Kabarnya realme mengusung teknologi Razr dalam desain produk ini. realme 10 Pro 5G dirancang sebagai satu kesatuan yang kokoh dan direkatkan dari dalam tanpa lem di bagian luar ponsel, menjadikannya terlihat elegan dengan bezel yang lebih tipis. Dibandingkan ponsel lain yang bezel-less, ukuran pinggirannya masih lebih dari 1mm.

Realme 10 Pro memiliki dua benjolan kamera melingkar ditambah lampu flash yang terletak di sudut kiri atas. Branding realme bisa dilihat di kiri bawah. Saat terkena cahaya, Realme 10 Pro memiliki tekstur gemerlap di bagian belakang yang terlihat cukup keren. Untuk bagian depan, kita bisa melihat layar besar dengan bezel tipis di sekelilingnya. Memang desainnya sedikit lebih tebal dan punch-hole kamera terlihat lebih lebar dari biasanya.

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

Tombol power dan volume ditempatkan di punggung kanan smartphone. Pemindai sidik jari terintegrasi dengan tombol power itu sendiri. Slot SIM di dekat tepi atas punggung kiri. Di bagian bawah, handset ada lubang speaker, port USB Type-C, dan jack audio 3,5mm. Total dimensinya 163,7 x 74,2 x 8,1 mm, yang tidak jauh berbeda dari varian kelas atas. Realme 10 Pro memiliki berat sekitar 193 gram yang lebih berat dibandingkan dengan smartphone lain yang tersedia dengan spesifikasi serupa.

Inovasi lainnya di realme 10 Pro ini, delapan antena ditempatkan secara strategis untuk menutupi seluruh lingkar realme 10 Pro 5G untuk meningkatkan pengalaman koneksi secara keseluruhan sekaligus mengurangi ruang yang digunakan oleh antena di bagian atas dan bawah ponsel.

Foto: Sarie/Gadgetdiva.id

Saat digenggam, ponsel terlihat sangat kokoh. Kalau kata netizen, bentuknya kotak, mirip smartphone produksi Amerika Serikat. Sepertinya ini yang memberikan kesan mewah bagi realme 10 Pro 5G.

Layar

realme 10 Pro 5G memadukan 120Hz boundless display dengan 1mm side bezels yang membuatnya unggul dibanding para pesaingnya, serta menyediakan pengalaman imersif setara flagship bagi para pengguna. Selain itu, dengan teknologi TopNotch, realme mengintegrasikan sensor cahaya ke bagian atas bezel, memberikan para pengguna tampilan layar yang lebih luas.

realme 10 Pro 5G memiliki kecerahan layar yang aman di mata. Jaminannya adalah sertifikat low blue light dari TUV Rheinland. Artinya, layar sudah mengurangi 13 persen software-level paparan sinar biru untuk membuat mata lebih nyaman.

Untuk performa layar, realme 10 Pro mengusung refresh rate 120Hz. Di sini tampilan layarnya akan lebih cepat dari kedipan mata manusia, pergerakannya mulus seperti melihat film bioskop. Konten yang ditampilkan di layar akan bebas dari gangguan sehingga konten terlihat lebih imersif. Melalui refresh rate 6 tingkat, 120Hz Boundless Display yang diusung realme 10 Pro 5G memberikan performa mulus setiap saat dengan konsumsi daya yang minim. Memiliki TÜV Rheinland Low Blue Light Certificate, layar ini juga dapat mengurangi paparan sinar biru sehingga lebih nyaman untuk dilihat dalam jangka waktu lama.

Foto: Sarie/Gadgetdiva.id

Kamera

Hadir dengan 108MP ProLight Camera, realme 10 Pro 5G selangkah lebih maju dalam hal fotografi dengan HyperShot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya terdapat pada realme GT Series. Pengalaman fotografi premium seperti yang terdapat pada realme 10 Pro+ 5G juga dapat ditemukan pada realme 10 Pro 5G. Kecerahan dari warna dan detail di setiap foto dapat dibuat berkat algoritma AI cerdas terbaru.

Memang, saat kami coba, AI sangat berperan penting dalam hasil foto di perangkat ini. Misalnya saja saat ingin memfoto satu objek. Walau kita tidak menggunakan mode portrait, hasil foto akan tetap blur di bagian belakangnya. Objek pun menjadi lebih fokus.

Berikut hasil foto dari kamera realme 10 Pro 5G

realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id
realme 10 pro 5GFoto: Sarie/Gadgetdiva.id

Demikian juga saat merekam video, kini realme sudah dibekali dengan fitur video bokeh tanpa menggunakan mode khusus. Cukup arahkan, rekam video dan objek yang disorot akan menjadi fokus setiap kita merekam. Video di realme 10 Pro juga menjadi lebih terang dan jelas karena bisa menggunakan resolusi 1080p bersamaan dengan fitur Ultra Steady yang aktif.

Kinerja

Untuk memberikan pengalaman terbaik secara keseluruhan, realme 10 Pro 5G ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G yang bertenaga juga memberikan tingkat efisiensi daya baik berkat teknologi pemrosesan 6nm. Didukung hingga 8GB+8GB* RAM Dinamis, berbagai aplikasi dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Pun begitu untuk bermain game populer, realme 10 Pro 5G mampu menghasilkan frame stabil hingga 60 FPS. Soal memori penyimpanan tak perlu khawatir karena realme 10 Pro 5G menawarkan memori besar hingga 256GB, dan 1TB untuk memori eksternal.

realme 10 pro 5G

Untuk kenikmatan pengalaman audio, realme 10 Pro 5G dilengkapi dengan 200% UltraBoom Speaker. Dual Stereo Speaker ini dapat meningkatkan volume hingga 200%, memberikan pengalaman baru untuk mendengarkan musik dan menonton video yang bertenaga. Sementara itu, baterai 5000mAh yang diusungnya mendukung pengisian cepat 33W SUPERVOOC untuk mengisi daya dari 0 hingga 50% hanya dalam 29 menit. realme 10 Pro 5G juga menghadirkan antarmuka baru realme 4.0 berbasis Android 13 yang terlihat lebih dinamis.

realme 10 pro 5G

realme 10 Pro 5G memiliki dua varian warna, yakni Nebula Blue dan Dark Matter. Untuk varian 8GB+8GB RAM dan ROM 128GB dibanderol Rp4,6 juta, sedangkan varian 8GB+8GB RAM dengan ROM 256GB dibanderol Rp5 juta kurang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Perbandingan Spesifikasi iQOO Z9 Vs iQOO Z9x, Mending Mana?
Gadget

Perbandingan Spesifikasi iQOO Z9 Vs iQOO Z9x, Mending Mana?

iQOO Z9 Series diklaim menawarkan performa tinggi dan teknologi flagship untuk pengalaman terbaik pe..

OPPO Resmi Buka Experience Store di Palembang Indah Mall
Gadget

OPPO Resmi Buka Experience Store di Palembang Indah Mall

OPPO mengumumkan pembukaan OPPO Experience Store terbaru di Palembang Indah Mall. Toko ini terletak ..

POCO Bersiap Masuki Pasar Tablet Pada 23 Mei Mendatang
Gadget

POCO Bersiap Masuki Pasar Tablet Pada 23 Mei Mendatang

POCO dikabarkan tengah bersiap untuk memasuki pasar tablet pada 23 Mei 2024 mendatang. Perangkat ter..

iPhone 16 Series Bakal Ganti Warna Biru, Lebih Girly
Gadget

iPhone 16 Series Bakal Ganti Warna Biru, Lebih Girly

Apple sepertinya akan mengganti salah satu warna dari iPhonen16 Series. Yes, warna biru iPhone akan ..

Kreativitas Tak Bisa Dihancurkan: Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro
Gadget

Kreativitas Tak Bisa Dihancurkan: Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro

Samsung sindir Apple iPad Pro dalam iklan terbaru, klaim kreativitas tidak bisa dihancurkan dengan m..


;