Dua Kamera Panasonic Lumix Ini Cocok untuk Kreator Konten

0
Kamera Panasonic

Gadgetdiva.id  — Dua kamera Panasonic terbaru dirancang untuk para kreator konten. Perangkat tersebut diberi nama Lumix S5 Mark II dan S5 Mark II X.

Dalam membawa kemampuan dua kamera mirrorless ini, Panasonic menggabungkan teknologi terbaru. Yakni, S5II dan S5IIX yang dikembangkan untuk membantu kreator menuangkan kreativitas dan style.

Dalam Lumix S5II dan S5IIX Panasonic telah mengembangkan sensor CMOS full-frame 24.2 megapiksel 35mm dengan PDAF (Phase Detection Auto-Focus),” ungkap Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia  Keisuke Nakagawa dalam pernyataan resminya, Selasa (24/1). 

Dia menambahkan bahwa mesin pengolah gambar yang dikembangkannya ini dapat mencapai resolusi tinggi. Terutama dalam performa auto fokus yang lebih cepat dan prosesi sinyal berkecepatan sekitar 2x lebih tinggi untuk perekaman video dengan bit-rate yang tinggi pula.

Kemudian, sistem AF dalam kedua kamera Panasonic terbaru ini telah berubah menjadi Phase Hybrid AF yang cepat dan akurat. Sehingga, dapat diandalakan dalam berbagai situasi.

Spesifikasi Kamera Panasonic LUMIX S5II dan S5IIX

Untuk dapat digunakan dalam segala kondisi, LUMIX S5II dan S5IIX telah membawa teknologi image stabilizer. Dimana perusahaan menggabungkan Body I.S pada kamera dan O.I.S pada lensa LUMIX S Series.

LUMIX S5II dan S5IIX dilengkapi dengan sensor CMOS full-frame 24 megapiksel berukuran 35mm. Kemampuan tersebut dikembangkan sesuai dengan PDAF.

Mesin pengolah gambar kamera telah dikembangkan untuk mencapai resolusi tinggi. Sehingga dapat melakukan deskripsi alami dan pemrosesan sinyal berkecepatan 2x lebih tinggi terutama untuk perekaman video.

Oleh karena adopsi mesin baru yang dibawa kedua kamera panasonic ini, keduanya dapat menghasilkan kualitas video dengan resolusi tinggi. Sehingga, dapat disandingkan dengan LUMIX S1H.

Kedua kamera menyediakan opsi perekaman 4:2:0 10-bit 6K (17:9 atau 3:2) / 5.9K (16:9), kemampuan recording*1 C4K/4K 4:2:2 10-bit tak terbatas. Plus, mekanisme dispersi panas sehingga pengguna tak perlu khawatir perangkat akan overheat saat digunakan untuk perekaman yang lama. 

Kamera Panasonic

Adapun pilihan HFR (High Frame Rate) dalam C4K/4K (48p), FHD (120p), Gerakan Lambat & Cepat dalam C4K/4K(1-60fps) / FHD(1-180fps). Serta, opsi pemotretan seperti interval shoot 4K60p dan video recording HDR 4K.

Termasuk juga fungsi video assist seperti Waveform Monitor, Vector Scope, dan Zebra Pattern. Beberapa fitur yang ditawarkan pada S1H dan GH6 seperti System Frequency (24.00Hz), Synchro Scan, mode Fan dan panel kontrol yang telah didesian ulang berkat permintaan pengguna profesional. 

LUMIX S5IIX mampu merekam All-Intra, ProRes pada SSD melalui USB. Kamera ini juga dilengkapi fungsi streaming IP kabel maupun nirkabel dan tethering USB

Untuk mendukung pemfokusan presisi tinggi, LUMIX S5II dan S5IIX memberikan opsi praktis untuk pemfokusan manual. Meskipun fokus digeser dengan jumlah variabel menurut kecepatan rotasi focus ring untuk pengaturan non-linier, namun penggeseran tersebut tetap dengan jumlah yang ditentukan menurut kuantum rotasi focus ring untuk pengaturan linier.

Kedua perangkat sudah membawa fitur LVF (Live View Finder) dengan layar OLED. Memiliki rasio pembesaran lebih tinggi sekitar 1.52x/0.76x setara dengan kamera 35mm. Plus, monitor kontrol sentuh free-angle 3.0 inci dengan aspek 3:2.

Kedua kamera Panasonic LUMIX S5II dan S5IIX ini dirancang cukup tangguh untuk menahan penggunaan yang berat. Keduanya terbuat dari paduan magnesium full die-cast rangka depan atau belakang yang tahan akan cipratan air dan debu.

Baterai berkapasitas tinggi 2200mAh kamera DMW-BLK22 dapat diisi ulang baik melalui AC atau USB Tipe C sesuai dengan kenyamanan pengguna. Dimana dapat  disesuaikan dengan USB PD ketika Pengisi Daya Baterai DMW-BTC15. Battery Grip DMW-BGS5 yang dapat digunakan juga bersama dengan LUMIX S5. Keduanya dijual secara terpisah. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini