Yang Baru di Google Android 14, Ada yang Nyontek Samsung

0
OS android 14
Ilustrasi android

Gadgetdiva.id — Google baru saja mengumumkan adanya sistem operasi terbaru Android 14. Versi yang beredar sudah bisa diunduh oleh para developer untuk menjajalnya di Pixel Phone.

Dilansir melalui Sam Mobile, Jumat, 10 Februari 2023, sistem operasi tersebut memiliki banyak peningkatan dari sisi antarmuka pengguna (User interface/UI), tingkat keamanan yang lebih tinggi, dan sebuah fitur kloning yang diklaim mencontek Samsung.

Kabarnya, semua fitur ini akan lebih dulu diperkenalkan di ponsel Samsung Galaxy dan tablet sebagai bagian dari pembaharuan One UI 6.0.

android 14

Android 14 merupakan sistem operasi versi terbaru dari Google. Versi ini di internal Google disebut dengan nama kode UpsideDownCake. Sayangnya, saat ini versi yang diluncurkan masih untuk Developer Preview sehingga tidak menyertakan beberapa perubahan desain UI yang direncanakan Google untuk dibawa dengan versi stabilnya.

Keamanan Aplikasi dan Perangkat

Sebagian besar perubahan berkaitan dengan kenyamanan aplikasi yang dijalankan di perangkat. Salah satunya adalah fitur kloning aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk membuat salinan dari aplikasi yang sama dan menggunakan dua akun berbeda. Ini mirip dengan fitur Dual Messenger Samsung, yang banyak digunakan orang untuk media sosial dan aplikasi perpesanan.

Terkait dengan Privasi dan Keamanan di Android 13, Google telah menyatukannya dalam sebuah menu tunggal di Pengaturan. Nah, di Android 14, hal ini lebih dimudahkan lagi dengan menghilangkan menu dropdown. Artinya, pengguna harus membuka satu persatu menu yang ada dalam layar terpisah.

Ada juga fitur penghemat baterai, level dasar maupun ekstrim, penghemat baterai yang dijadwalkan, sampai Adaptive Battery, semua dalam satu menu yang sama. Dengan Android 13, ponsel akan menunjukkan waktu layar aktif hanya dalam 24 jam. Namun, Google telah mengembalikan perubahan itu, dan telepon sekarang dapat menampilkan waktu layar penuh sejak terputus dari pengisi daya.

Ukuran Font

Android 14 memungkinkan pengguna untuk memakai font sampai dua kali pembesaran atau sampai 200 persen. Cocok untuk orang tua dengan penglihatan yang terbatas. Bisa juga untuk digunakan di tablet atau smartphone lipat yang memiliki layar lebih besar lagi.

android 14

Pairing Android

Di OS terbaru ini, Google memiliki Fast Pair, sebuah solusi untuk melakukan pairing antarperangkat dengan cepat, juga pairing ke asesoris maupun perangkat smart home. Semua ada di menu Connected Preferences.

Sekarang ada opsi khusus untuk mengaktifkan alat bantu dengar di menu Aksesibilitas Android 14. Pengguna sekunder juga bisa mendapatkan hak istimewa sebagai admin, yang berarti mereka dapat mengelola pengguna lain di ponsel atau tablet. Google dapat menambahkan lebih banyak perubahan yang dihadapi pengguna, termasuk peningkatan desain UI, dengan rilis Android 14 beta yang akan datang.

Timeline Google Android 14

Google rencananya akan meluncurkan versi Developer Preview untuk Adnroid 14 pada Maret 2023, diikuti oleh Public Beta di April dan Mei nanti. Versi final Android 14 akan dirilis pada Agustus atau September 2023, setelah mendapatkan pembaharuan yang stabil di Juni 2023.

Kemungkinan versi Beta dari Android 14 akan hadir pertama kali di ponsel Samsung, lewat One UI 6.0 pada September atau Oktober 2023. Versi stabil One UI 6.0 akan diluncurkan pada November 2023.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan