Samsung produksi sensor kamera ponsel 108 MP, gandeng Xiaomi

0
Samsung ISOCELL Bright HMX

Diva says – Hanya dalam beberapa bulan setelah meluncurkan sensor 64 Megapiksel miliknya pertama di industri, perusahaan elektronik populer asal Korea Selatan, Samsung kembali telah berkolaborasi dengan Xiaomi ciptakan sensor ISOCELL Bright HMX beresolusi hingga 108 Megapiksel.

Dilaporkan pada laman Giz China, Xiaomi langsung mengisyaratkan akan menjadi yang pertama menghasilkan smartphone dengan sensor ISOCELL Bright HMX 108 juta piksel tersebut. Dirancang bekerja sama dengan Xiaomi, perangkat ini memiliki sensor kamera smartphone 108 Megapiksel yang menurut Samsung merupakan yang pertama melampaui tonggak 100 juta piksel untuk ponsel. Selain menghasilkan foto dengan resolusi tinggi ini diklaim setara dengan kamera DSLR, sehingga sensor ini juga dapat memotret video 6K (6016 x 3384) pada 30 fps.

Menggunakan pixel binning, Kamera 108 Megapiksel ini akan memotret secara normal pada resolusi 27 Megapiksel. Tidak jelas apakah pengguna benar-benar dapat mengambil foto 108 Megapiksel dengan resolusi 12032×9024, atau mungkin melalui mode Pro aplikasi Kamera.

Perangkat yang dijuluki sebagai ISOCELL Bright HMX ini tentunya mengemas resolusi 108 Megapiksel yang mengesankan untuk menawarkan foto yang tajam dan terperinci di luar ruangan serta dalam kondisi pencahayaan rendah. Dengan pembukaan kamera tersebut, HMX dapat menerima lebih banyak cahaya dalam pengaturan cahaya rendah daripada sensor yang lebih kecil. Teknologi Tetracell-nya menggabungkan piksel sehingga memungkinkan sensor meniru sensor piksel besar dan menghasilkan gambar 27 Megapiksel yang lebih terang.

Samsung mengklaim sensor Bright HMX merupakan yang pertama di industri dengan resolusi yang bakal setara dengan kamera DSLR kelas atas. Pasalnya, ini merupakan sensor ponsel pertama yang mengadopsi ukuran besar 1/1,33 inci.

Jika Xiaomi tetap pada rencana peluncuran Mix 4 setidaknya di Cina, maka ponsel pertama dengan sensor 108 Megapiksel ini akan muncul tahun ini. Belum begitu jelas ukuran sensor yang akan digunakan, namun kabarnya Samsung akan mengungkap semua detail kamera barunya pada Senin mendatang.

Dalam pernyataan resminya, Samsung mengatakan ISOCELL Bright HMX diproduksi massal akhir bulan ini. Xiaomi pun awal Agustus lalu mengonfirmasi sudah memiliki smartphone dengan ISOCELL Bright HMX.

Baca juga: Realme pamer hasil kamera 64 megapiksel pada ponsel anyar


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan