Windows 11 Tersedia untuk Mac M1 dan M2

0
Windows 11

Gadgetdiva.id — Windows 11 versi ARM kini menyediakan dukungan untuk Mac berbasis M1 dan M2. Namun dengan beberapa batasan.

Raksasa teknologi Microsoft telah mengumumkan cara baru untuk menjakankan Windows 11 pada perangkat Mac berbasis ARM. Dalam artikel dukungan resmi yang dikutip dari Gizmochina, Microsoft telah mengesahkan penggunaan Parallels Desktop 18 untuk menjalankan Windows 11 Pro dan Enterprise.

Windows 11 Pro versi ARM ini dapat digunakan pada Mac berbasis M1 dan M2. Namun, ada beberapa batasan yang perlu diketahui oleh pengguna.

Pertama, mereka tidak akan dapat menjalankan aplikasi ARM 32-bit karena Microsoft menghapus perangkat lunak 32-bit secara bertahap untuk semua build ARM Windows. Selain itu, kamu memerlukan driver Windows 11 ARM supaya perangkat dapat berfungsi dengan benar.

Selanjutnya, pengguna juga tidak akan dapat menggunakan apapun yang bergantung pada lapisan virtualisasi lainnya. Mulai dari aplikasi Android, subsistem Linux dan Windows Sandbox.

Terakhir ialah gim yang membutuhkan setidaknya DirectX 12 atau OpenGL 3.3 tidak akan berfungsi sama sekali.

Di tahun 2021, dimungkinkan untuk menjalankan Windows 11 secara Paralel di ARM Mac. Akan tetapi, pengguna perlu menggunakan pratinjau OS pada saat itu.

Namun, dengan pendekatan sanksi, pengguna dapat mengunduh dan menginstal Windows 11 dengan mudah dalam Parallels Desktop 18. Hal ini akan meredakan banyak ketegangan seputar lisensi untuk perusahan. Akan tetapi,masih belum jelas bagaimana perubahan ini akan memengaruhi Microsoft.

Sejatinya, berita ini tak akan terlalu berguna bagi pengguna yang menginginkan dukungan Windows asli seperti yang mereka miliki dengan Mac berbasis Intel yang menjalankan Boot Camp Apple.

Hanya saja, kemampuan ini mungkin yang paling dekat dengan kolaborasi antara Apple dan Microsoft. Sehingga, mungkin dapat menjadi solsui yang layak bagi mereka yang benar-benar memubutuhkan aplikasi produktivitas Windows.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan